Jenis Burung Poskay

Mengenal Jenis Burng Poskay Beserta Gambar dan Ciri-cirinya

Diposting pada

Mengenal Jenis Burng Poskay Beserta Gambar dan Ciri-cirinya_ Banyak sahabat kicau mania pasti sudah tidak asing lagi dengan burung poksay. Ya, Poksay adalah salah satu Jenis burung kicau fenomenal di Indonesia. Burung ini memiliki peminat yang cukup banyak karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Selain dari penampilan fisiknya yang cantik, ia juga memiliki kicauan yang bagus dan pantas diperhitungkan.

Di dunia, Poksay terkandung dalam sariawan tertawa, dan burung ini termasuk dalam famili Leiothrichidae, termasuk dalam genus Garrulax. Faktanya, ada sekitar 50 jenis Poksay yang tersebar luas di dunia, dan ada 9 jenis Poksay di Indonesia sendiri, baik di dalam maupun luar negeri. Tentunya setiap jenis Poksay memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri. Manfaat tersebut membuat Kicau Mania tertarik untuk memilikinya.

Jenis Burung Poskay

Secara umum, Poksay memiliki kicauan yang keras, melodius, dan memainkan dengan indah saat didengar. Oleh karena itu, suara Poksay sangat cocok jika dijadikan sebagai mahakarya kicau burung. Pada tahun 90-an peminat Poksai sangat digemari, meski berangsur-angsur merosot mengingat semakin banyaknya burung kicauan baru yang tidak kalah baiknya beredar di Indonesia.

Ketika kita berbicara tentang jenis poksay kami akan mencoba membagikan setiap jenis poksay yang kami ketahui berdasarkan sumber terbaik. Berikut adalah jenis Poksay yang harus Anda ketahui:


Black Poksay

Burung Poksay hitam yang banyak dicari oleh pecinta burung ini bernama latin Garrulax Lugubris. Habitat poksay hitam ini hidup di pulau sumatera tetapi bukan merupakan jenis burung endemik. Kicau burung poksay hitam sangat variatif, enak didengar dan memiliki suara yang nyaring.

Ciri-ciri fisik burung Poksay hitam antara lain badannya berotot, dengan bulu badan berwarna hitam hingga ekor. Paruh burung ini berwarna jingga, matanya berkacamata hitam dan bermata hitam tajam. Sedangkan untuk harga burung poksay hitam sekitar 300.000 rupiah yang lumayan murah dan bisa dibeli dari pedagang burung jika masih tersedia.


  • Poksay Kuda

Poksay Kuda

Kuda jenis Poksay yang burung ini bernama latin Garrulax Rufifron ini harganya berkisar Rp 500.000 hingga Rp 2,4 juta. Burung kuda poksay berkicau memiliki suara yang sangat bagus, bervariasi dan nyaring. Populasi dan habitat burung ini dapat kita temui di Kepulauan Jawa, dimana mereka lebih suka tinggal di daerah pegunungan.

Ciri fisik kuda Poksay antara lain tubuh 27 cm yang bagian atasnya berwarna coklat zaitun dan memiliki bulu berwarna coklat. Paruhnya berwarna hitam sedangkan kakinya berwarna hijau.

Baca Juga: Mengenal Jenis Burung Beo yang Wajib Kalian Pelihara Dirumah


  • Poksay Mantel

Poksay Mantel

Jenis Fellpoksay ini diberi nama latin Garrulax Palliatus, dimana populasi dan habitat burung ini dapat dijumpai di daerah pegunungan Indonesia khususnya di pulau Sumatera, juga di daerah mulai dari Malaysia hingga Brunei Darussalam. Harga burung mantel Poksay berkisar antara Rp 250.000 hingga 1,2 juta rupiah. Sebelum membelinya anda harus mengetahui dulu ciri fisik burung ini.

Ciri fisik bulu Poksay, bentuk tubuh besar, memiliki panjang 27 cm, warna coklat dan kepala berwarna abu-abu. Mata berjejer biru muda dengan bola mata hitam dan tajam, memiliki paruh berwarna hitam. Sekarang setelah kita melihat betapa lucunya penampilan burung mantel Poksay ini.


  • Garrulax Monileger

Garrulax Monileger

Lesser Necklaced Laughingthrush Poksay, memiliki nama latin Garrulax Monuleger. Habitat burung ini berada di daerah pegunungan, dan kita juga bisa menemukan Jenis Burung Berbagai Negara seperti Bhutan, Kamboja, Bangladesh, China, India, Laos, Myanmar, Nepal, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Harga burung Poksay Laughingthrush Lesser Necklaced cukup lumayan yaitu berkisar antara 1,5 hingga 3 juta rupiah.

Karakteristik fisik burung Poksay Lesser Necklaced Laughingthrush termasuk kombinasi warna coklat dan putih di sekitar tubuh mereka, dengan garis hitam di leher mereka. Memiliki kacamata renang berwarna kuning dan warna mata yang hitam tajam.


  • Spotted Laughingthrush

Spotted Laughingthrush

Poksay Spotted Laughingthrush memiliki nama latin Garrulax Ocellatus dan juga dikenal sebagai Freckle Poksay. Populasi dan habitat spesies Poksay Spotted Laughingthrush ditemukan di wilayah Bhutan, Myanmar, Cina, India, dan Nepal. Harga burung Spotted Laughingthrush Poksay cukup lumayan, berkisar 1,5 hingga 3 juta rupiah.

Ciri fisik poksay Spotted Laughingthrush adalah memiliki bintik-bintik pada badannya dengan kombinasi warna coklat, hitam.


  • Poksay Wambi

Poksay Wambi

Poksay Hwamei yang memiliki nama latin Hwamei Melodious Laughingthrush, jenis burung ini juga dikenal dengan nama Poksay Wambi. Habitat burung ini asli Tiongkok, termasuk sejumlah Jenis Burung Langka. Harga Hwamei Poksay berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 6.000.000. Populasi burung Poksay ini hidup di hutan yang rimbun, termasuk pegunungan dengan berbagai jenis pohon.

Ciri fisik Poksay Hwamei atau Wambi yaitu perpaduan warna coklat dan hitam di sekeliling tubuh, garis putih di bagian atas mata, dan mata hitam tajam, paruh dengan perpaduan warna hitam dan kuning. Saat musim kawin tiba, betina bisa menghasilkan 3 sampai 5 butir telur yang dierami selama 15 hari. Sedangkan makanan yang disukai burung Poksay Hwamei atau Wambi, seperti buah-buahan dan serangga kecil sama seperti Makanan Burung Lovebird, dapat digunakan sebagai asupan protein untuk burung tersebut.


  • Poksay Jambul

Poksay Jambul

Jenis Crested Poksay, kenapa disebut Crested Poksay? karena memiliki lambang yang sangat unik di area kepala. Jenis Poksay Jambul yang mungkin sudah kita ketahui ini memiliki warna putih disekitar jambulnya, dengan garis hitam dibagian mata sampai paruhnya, warna coklat pada bulu punggung dan sayapnya, dengan paruh hitam sudah bercahaya. mata. Tubuh Poksay jambul itu kekar dan besar dibandingkan jenis Poksay lainnya. Suaranya yang enak didengar dan nyaring membuat burung Poksay berkerudung sangat menyenangkan.

Jenis poksay jambul ini dikenal dengan nama latin Garrulax Leucolopus. Burung Poksay jambul putih hidup berkelompok kecil. Di lingkungan hutan yang dipenuhi semak belukar, habitat Poksay jambul sangat disukai. Namun, kepala putih Poksay biasanya suka hidup di daerah yang dipenuhi pohon bambu.

Harga Poksay berkerudung putih ini terbilang cukup murah yaitu sekitar Rp 1.000.000. Dengan banderol harga nominal tersebut dipastikan banyak dari burung jambul besar ini akan tertarik.

Poksay jambul putih ini biasanya membuat sarang di bagian atas pohon atau di area semak-semak saat siap berkembang biak. Ketika Poksay jambul bertelur, biasanya akan menghasilkan sekitar 3 sampai 6 butir telur. Namun, ketika induk jambul Poksay mengerami telurnya, terkadang satu atau dua telur tidak akan menetas.


  • Poksay Hongkong

Poksay Hongkong

Spesies Poksay selanjutnya adalah burung Hong Kong Poksay, mempunyai nama latin Garrulax chinensis, jenis Poksay hongkong cukup terkenal pada tahun 1990, ciri-ciri burung poksay hongkong dengan badan besar, dengan bulu badan berwarna hitam, sayap dan Ekor, ada sebagian putih dan abu-abu di leher dan kepala, poksay hongkong memiliki paruh hitam dengan bulu hitam di sekitar hidung, poksay hongkong juga bermata tajam dengan warna hitam.

Baca Juga: Mengenal 11 Jenis Burung Prajak yang Paling Ramai Dipasaran

Harga burung Hong Kong Poksay adalah Rp. 3.300.000, saat itulah burung sudah matang dan memiliki banyak isian. Pada titik harga itu, cukup terjangkau untuk penggemar kicau burung. Poksay Hong Kong jenis ini bisa anda dapatkan dari para pecinta burung dimana-mana, mungkin anda bisa mendapatkannya dari penjual burung customer anda.

Poksay Hongkong merupakan salah satu jenis Poksay yang sangat disukai oleh pecinta burung karena mempunyai suara yang nyaring dan sangat merdu hampir Sama seperti Jenis Burung Kacer, burung ini hidup di hutan dan sering duduk di dahan pohon. Kicau burung poksay hongkong ini banyak sekali penggemarnya, sehingga harga poksay hongkong sangat bagus.


  • Poksay Sumatera

Poksay Sumatera

Poksay Sumatera dikenal di luar negeri karena jenis Poksay ini memiliki suara yang cukup indah. Selain itu, ciri khas Poksay Sumatera yaitu putih pada kepala dan leher, hitam pada bulu tubuh, sayap pada ekor, garis hitam pada mata paruh, identik dengan Poksay Sumatera ini.

Poksay Sumatera ini memiliki mata yang tajam dengan warna hitam pekat dan dalam bahasa latin disebut Garulax Bicolor. Habitat burung Poksay Sumatera biasanya hidup di kawasan hutan yang cukup rindang. Jika ingin beternak burung Poksay Sumatera sebaiknya dipersiapkan dan memiliki penangkaran yang cukup agar burung Poksay Sumatera dapat hidup dan berkicau dengan nyaman.

Baca Juga: 12 Jenis Burung Terindah di Dunia Beberapa Ada di Indonesia

Nah untuk masalah harga burung poksay sumatera ini lumayan murah yaitu berkisar antara 500.000 hingga 900.000 tergantung apakah burung poksay sumatera sudah ready atau belum. Anda dapat mencari titik penjualan burung di kota Anda. Untuk saran sebelum membeli adalah cara yang baik untuk memeriksakan kesehatan masyarakat poksay sumatera.

Memiliki sarang merupakan ciri khas dari aviculture, terdapat banyak jenis posay, namun poksay sumatera sangat indah dengan suaranya yang nyaring.


  • Poksay Samho

Poksay Samho

Poksay keempat adalah Poksay Samho, salah satu spesies burung dalam famili Leiothrichidae yang menyandang nama latin Garrulax Berthemyi. Namun keberadaan jenis burung Poksay Samho semakin punah di wilayah Indonesia. Bisa dikatakan bisa dihitung dengan jari. Habitat burung poksay samho terbatas, kita hanya bisa menemukannya di negara taiwan karena sangat jarang sekali burung poksay samho ini berkembang biak di indonesia sendiri. Harga burung Poksay Samho berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 700.000. Jika tertarik, Anda bisa menemukannya di penjual burung.

Ciri fisik spesies Poksay Samho ini adalah panjangnya 27 cm sampai dengan 29 cm, memiliki bulu berwarna coklat pada tubuh bagian atas, ekor agak merah, dari dada sampai ekor berwarna abu-abu, pada bagian matanya terdapat selaput biru melingkar. Burung jenis Nuri sangat merdu saat didengarkan.

  • Poksay Mandarin

Poksay Mandarin

Burung Poksay lainnya adalah Poksay Genting yang biasa kita sebut dengan Poksay Mandarin. Burung ini biasa ditemukan di pulau Sumatera dan semenanjung tetangga Malaysia dan Thailand.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengenal Jenis Burng Poskay Beserta Gambar dan Ciri-cirinya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: