Tips dan Trik Cara Menanam Bunga Krokot Dengan Benar Terlengkap!

Diposting pada

Tips dan Trik Cara Menanam Bunga Krokot Dengan Benar Terlengkap! -Apakah Anda tertarik menanam bunga krokot? Jika demikian, maka artikel ini adalah untuk Anda. PTD akan memeriksanya di sini.

Bunga krokot mungkin tidak populer di sebagian besar masyarakat Indonesia. Purslane juga memiliki nama lain, Moss Rose. Memiliki warna bunga yang sangat bagus, banyak orang bertanya-tanya siapa yang menjadikan krokot sebagai tanaman hias.

Berbeda dengan di pedesaan, tanaman ini banyak tumbuh di pekarangan rumah dan dianggap sebagai tanaman liar, bahkan ada juga yang dianggap gulma.

Tanaman purslane, termasuk tanaman yang mudah tumbuh, seperti yang ditunjukkan oleh kurangnya perawatan, telah berkembang. Selain itu, tanaman ini sangat tidak mungkin mati, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Purslane memiliki banyak manfaat kesehatan. Daun tanaman mengandung zat-zat tubuh sendiri seperti kalsium, tanin, saponin, fosfat, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, mangan, natrium, fosfor dan banyak lagi.

Keuntungan konten di atas adalah:

  • Obat diare
  • Mencegah rasa sakit lingkungan
  • Obat-obatan untuk disentri
  • Obat wasir
  • Anti hipertensi
  • Aliran darah
  • Tenangkan pikiran
  • Cegah infeksi saluran kemih
  • Mengurangi gejala asma
  • Obat cacing
  • Dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Tanaman purslane dapat digunakan sebagai tanaman hias dan baik untuk kesehatan dan diproses sebagai kroklan. Tentu saja, ini akan bermanfaat bagi Anda jika Anda mengolahnya.


Cara Membududaya Bunga Krokot

  • Persiapan Media Pot Tanaman Bunga Krokot

Karena Henddak ditanam dalam pot, pertama-tama kami menyiapkan pot media. Pot yang digunakan untuk tanaman bunga Purslane dapat terdiri dari polybag plastik atau pot ember yang terbuat dari plastik dan tembikar. Jika untuk bunga hias, kalian harus memakai ember untuk dijadikan pot, sebab berkontribusi pada estetika dan mudah diletakkan di bawah atau digantung. Pilih pot dengan ukuran kecil hingga sedang.


  • Pengisian Tanah dalam Pot

Cara selanjutnya untuk menumbuhkan bunga krokot adalah dengan meletakkan tanah di pot. Sama seperti cara menanam mawar dan cara menanam lavender yang semuanya menggunakan tanah lapisan atas, juga dengan menanam bunga krokot. Kami harus menggunakan tanah lapisan atas. Tanah lapisan atas ini adalah tanah gembur dengan kandungan nutrisi organik yang tinggi, sehingga tanaman dibuahi. Jika Anda kesulitan mendapatkan tanah lapisan atas, Anda dapat membelinya di toko tanaman hias atau membuatnya sendiri terlebih dahulu.

Cara membuat humus adalah sebagai berikut:

  1. Kumpulkan daun atau akar kering, kulit, serbuk kayu, dan tanah gembur.
  2. Campurkan satu
  3. Buat larutan EM4 kecil yang melarutkan 1 sendok makan gula atau molase dengan 1 liter air. Kemudian tambahkan bakteri EM4 dan diamkan selama setidaknya 24 jam
  4. Tuang larutan EM4 ke dalam campuran bubuk dan aduk hingga rata
  5. Tutupi lantai dan tunggu sekitar 2 minggu.

Hasil dekomposisi limbah kompos organik dengan tanah ini menjadi tanah gembur dan cocok untuk menanam bunga kerokot.


  • Pemberian Pupuk Dasar Tanaman Bunga Krokot

Tanah lapisan atas yang sudah jadi ditempatkan di pot ember dan kemudian diberi pupuk dasar lain. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Bagian bawah pot digali di tengah.
  2. Isi tanah dengan pupuk organik granular yang banyak digunakan di toko pertanian. Ini sesuai dengan 1 pegangan per pot.
  3. Tutupi lantai lagi dan tuangkan.
  4. Sekarang pot media bisa ditanam.

  • Penanaman Benih Bunga Krokot

Tanaman berbunga krokot dapat ditanam melalui biji atau dari potongan batang. Namun, jika Anda ingin usia krokot Anda bertahan lebih lama, gunakan metode penanaman benih. Jadi siapkan bibit bunga Purslane untuk ditanam di wadah pot yang sudah disiapkan. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  1. Buat lubang di tengah pot dengan kedalaman sekitar 2 cm.
  2. Isi lubang dengan biji krokot
  3. Setiap pot dapat ditanam dengan 1-3 biji bunga Purslane, tergantung pada ukuran pot
  4. Tutup lagi, lalu sirami dan tunggu sampai tumbuh.

Setelah biji tumbuh, jangan menempatkan pot langsung di area blister. Tempatkan pot di tempat teduh terlebih dahulu sehingga tanaman dapat tumbuh dengan cepat. Setelah 1 minggu, Anda dapat mulai menempatkannya di tempat yang Anda inginkan.


  • Penataan Pot Tanaman Bunga Krokot

Karena pot memiliki ukuran yang berbeda, penempatan dan pengaturan pot disesuaikan dengan ukuran pot. Kami menyarankan Anda tidak menggunakan pot besar untuk menanam akar bunga ini, tetapi lebih cocok untuk ukuran kecil hingga menengah.

Untuk mengatur pot berukuran sedang, Anda bisa meletakkannya di depan teras dekat batang pendukung beranda. Hindari menempatkan bunga kroklan di ujung kanan dan kiri teras, karena tanaman kroklan ini umumnya tidak tumbuh besar. Lebih baik mendominasi bagian tengah teras Anda.

Untuk pot kecil, yang terbaik adalah menggantungnya di teras. Saat model digantung, Anda dapat meletakkannya di kanan dan kiri beranda atau di tengah. Menempatkan bunga krokot di pot gantung memberi rumah Anda kesan indah, unik, dan alami.


  • Penyiraman Tanaman Bunga Krokot

Sekarang kita tahu bagaimana menanam bunga Kerokot, kita sekarang belajar bagaimana merawatnya. Salah satunya menuangkan. Irigasi ini merupakan bagian penting dari budidaya tanaman, mis. B. Cara menanam semangka, cara menanam asparagus dan cara menanam bunga malam. Ini karena dunia tanaman sangat bergantung pada air.

Dengan tanaman berbunga Purslane ini, irigasi dilakukan secara rutin dengan mempertimbangkan kondisi kelembaban tanah. Untuk pot yang ada di bawahnya, dapat disiram setiap 5 hari sekali, sedangkan untuk pot yang digantung, intervalnya lebih pendek, hanya sekitar 3 hari.

Jika Anda ingin tanaman tumbuh lebih cepat, tanaman dapat dicampur dari air ke air dengan pupuk organik cair terlebih dahulu. Ini lebih lanjut menyuburkan pertumbuhan tanaman berbunga Purslane.


  • Penyiangan

Saat ditanam dalam pot, gulma juga sangat langka atau minimal. Anda mungkin hanya perlu khawatir sebulan sekali atau kurang. Ini karena tanaman yang ditanam di pot memiliki luas lahan yang lebih sedikit, sehingga kemungkinan menanam gulma juga lebih sedikit.


  • Pemupukan Susulan Tanaman Bunga Krokot

Karena tanaman ini tumbuh dengan cepat dan dapat tumbuh subur meskipun tidak dirawat dengan baik, kami tidak perlu pemupukan dengan NPK. Kami hanya perlu menambahkan pupuk dasar setiap 2-3 bulan. Gunakan butiran pupuk organik untuk aplikasi mudah. Caranya adalah dengan menggali tanah di tepi pot dan mengisinya dengan butiran pupuk organik. Tutup pupuk lagi dan tuangkan dengan air.


  • Penggantian Tanaman Bunga Krokot

Bunga krokot bukan jenis tanaman yang hidup bertahun-tahun. Secara umum, tanaman yang ditanam dari biji dapat hidup hingga 5-6 bulan, sedangkan dalam model vegetatif, strain biasanya hanya 3 bulan atau bahkan kurang. Karena itu, Anda harus mengganti tanaman ketika tanaman mendekati batas usianya. Tanaman yang hampir mati menunjukkan beberapa gejala seperti:

  1. Daunnya mulai menguning dan kering
  2. Batangnya akan menyusut kering
  3. Daunnya mulai rontok
  4. Jangan membawa bunga lagi.

Ketika tanaman telah menunjukkan gejala yang disebutkan di atas, Anda harus bersiap untuk membongkar dan menggantinya dengan tanaman kroklan baru. Anda dapat menggunakan sisa negara lagi setelah membersihkan akar yang tersisa.


  • Penanggulangan Hama dan Penyakit

Hama yang paling sering menyerang tanaman klan berasal dari serangga serta ulat dan semut. Anda bisa menggunakan semprotan insektisida untuk mengatasi hal ini. Sementara penyakit yang mempengaruhi tanaman berbunga Purslane sebenarnya sangat langka, bakteri patogen dan jamur dapat menyerang akar tanaman sampai tanaman mati.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menyemprotkan fungisida jika Anda melihat gejala tanaman layu, meskipun disiram. Mereka juga tidak menyirami tanaman terlalu sering, karena dapat menyebabkan akarnya membusuk.


  • Pemanfaatan Tanamn Bunga Krokot

Setelah mengikuti panduan untuk menanam bunga krokot yang dijelaskan di atas, Anda sekarang dapat menanam krokot Anda sendiri dengan hasil yang optimal. Untuk mencapai manfaat ekonomi bagi Anda, Anda dapat menjual tanaman kroklan yang telah Anda tanam dalam pot ini sebagai bunga hias, mis. B. untuk menanam bunga mawar dan menanam bunga Wijaya Kusuma. Tanaman yang dijual harus ditanam yang berumur sekitar satu bulan sehingga pembeli masih memiliki cukup waktu ketika tanaman melepaskan bunga-bunga indah mereka.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Tips dan Trik Cara Menanam Bunga Krokot Dengan Benar Terlengkap!  semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: