Panduan Lengkap Cara Menanam Kenur Dalam Polybag dan Manfaat Tanaman Kencur

Diposting pada

Panduan Lengkap Cara Menanam Kenur Dalam Polybag dan Manfaat Tanaman Kencur- Tanaman Kencur adalah sejenis tanaman obat yang diklasifikasikan sebagai jenis temuan (Zingiberaceae). Tanaman ini juga sering digunakan sebagai bumbu masak dan jamu (jamu beras kencur).

Tanaman yang bermanfaat ini cocok untuk tumbuh di rumah. Selain alasan kesehatan, menanam tanaman Kencur tentu saja juga dapat bermanfaat untuk memasak rempah-rempah. Jenis masakan yang sering digunakan Kencur adalah pecel, nasi goreng, ikan goreng, ayam goreng. Mengolah Kencur tentu tidak membutuhkan banyak usaha. Tanaman ini bisa ditanam di polybag atau pot. Namun, jika ingin skala besar, tanaman ini juga bisa ditanam di kebun atau di ladang. Saat menanam Kencur di kebun, prinsipnya sama dengan menanam jahe, yaitu dengan membentuk dari tanah ke bukit (rawa). Selama ini dapat dibahas bagaimana Kencur ditanam dalam polybag atau pot.

Di bawah ini adalah langkah-langkah sederhana untuk menanam Kencur dalam polybag:


Untuk budidaya Kencur, pemilihan bibit yang tepat dan kualitas yang baik adalah syarat utama yang harus dipenuhi. Pabrik Kencur hanya memiliki satu jenis, tetapi terminologi dari berbagai daerah berbeda. Bibit Kencur adalah Kencur-Kencur itu sendiri. Cari Kencur, yang mengandung banyak buah dan tidak terinfeksi oleh hama. Pilih udang tua (sekitar 10 bulan). Rimpang yang baik untuk biji adalah rimpang yang telah ditemukan memiliki potensi tunas. Jumlah minimum pemotretan yang terlihat adalah dua pemotretan kandidat. Ini menunjukkan bahwa rimpang siap untuk tumbuh. Kumpulkan rimpang yang terlihat bagus dan memiliki tunas sebanyak yang diperlukan (disesuaikan dengan jumlah polybag). Tempatkan rimpang di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Biarkan di sana selama beberapa hari sambil menyiapkan polybag atau pot untuk ditanam.


  • Siapkan Polybag

Beli polybag dengan ukuran yang cukup besar atau gunakan pot bunga. Jika Anda ingin yang lebih besar, cukup gunakan karung beras atau pupuk. Isi polybag dengan tanah gembur dan subur, tambahkan pupuk kandang atau kompos. Campur sedikit pasir dengan perbandingan 4: 1 (4 pasir bumi: 1). Kemudian letakkan polybag di area yang teduh dan biarkan polybag diisi dengan tanah selama 1-2 hari agar lantai stabil.


  • Penanaman Kencur

Setelah meninggalkan polybag selama 1 hari, Kencur dapat ditanam. Ambil rimpang yang dibuat sebelumnya dan tanam dengan mengebor lubang sedalam 5-7 cm dengan pisau atau alat lain, dengan panjang yang cocok dengan panjang rimpang Galanga. Tanam Kencur hingga 2 rimpang di setiap polybag dengan jarak 10-15 cm. Berdiri tegak terhadap calon tunas, bukan untuk membaliknya, karena ini dapat menghambat pertumbuhan Kencur.


  • Pemeliharaan Tanaman Kencur

Untuk mencapai hasil tinggi, tanaman Kencur harus dilestarikan. Siram secara teratur di pagi dan sore hari saat tidak hujan. Tidak perlu pupuk dengan pupuk kimia karena dikonsumsi sendiri dan juga sangat memadai karena telah diberi pupuk kandang atau kompos. Bersihkan gulma yang tumbuh di kantong serbaguna dengan menarik. Hama yang sering menyerang Kencur adalah ulat pemakan daun yang memusnahkan ulat ini, meskipun jumlahnya tidak banyak. Eradikasi dapat dilakukan secara manual dengan menyalakan dan mematikannya.


  • Panen Kencur

Kencur dapat dipanen atau rimpang dapat digunakan jika sudah memiliki rimpang besar, biasanya ketika kita berusia sekitar 7-9 bulan. Selain rimpang, Kencur juga bisa digunakan sebagai daun muda lalapan atau daun untuk memasak pecel. Ini adalah beberapa cara mudah untuk menanam kecap dalam polybag atau pot, dan manfaat kesehatan Kencur. Tidak ada salahnya jika Anda membudidayakan Kencur di rumah menggunakan polybag atau media lain yang menurut Anda lebih sederhana dan dapat digunakan. Jika Anda ingin menanam Kencur dengan kapasitas besar, Anda jelas harus menyiapkan banyak benih rimpang Kencur.


Bebagai Manfaat Tanaman Kencur

  • Khasiat Beras Kencur

  1. Khasiat Kencur Untuk Mengobati Kembung

Perut kembung akibat pilek juga bisa diobati dengan mengonsumsi Kencur. Yaitu dengan mengonsumsi Kencur dua kali sehari. Dapat mengupas kulit Kencur dan makan langsung dengan sedikit garam dan minum air hangat.


  1. Mengobati influenza

Influenza dapat diatasi dengan mengonsumsi Kencur dengan mengalahkan Kencur hingga halus dan daunnya kemucus. Oleskan ke hidung langsung terkena influenza.


  1. Membersihkan Darah Kotor

Kencur pun bermanfaat membersihkan darah kotor dengan resep sebagai berikut:

  • 4 Kencur Cuci Kencur, lalu parut.
  • 2 potong kering.
  • Adas dan 2 lembar daun Trengguli
  • Campur semuanya dalam wajan dengan 1 liter air dan masak sampai mendidih. Minum 2 kali sehari.

  1. Mengobati Sakit Perut

Sakit perut mulas bisa diobati dengan Kencur. Dan cara menggunakannya sebagai berikut, cuci dan parut 1 Kencur Kencur. Tambahkan 2 sendok makan air hangat dengan sedikit garam. Kemudian diminum 2 kali sehari.


  1. Mengobati Diare

Nyeri perut karena diare dapat diatasi oleh Kencur dengan mencuci dan haluskan 2 rimpang Kencur dan bawang merah, kemudian bungkus dengan daun pisang. Kemudian bakar bungkusan itu sampai hangat dan oleskan sakit perut.


  • Manfaat Beras Kencur

  1. Dapat Menurunkan Kolestrerol Dalam Darah.

Aliran empedu dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi Kencur. dan fungsi empedu membantu dalam penyerapan makanan dalam tubuh. Anda melakukan ini dengan mengonsumsi campuran herbal Kencur.


  1. Menjaga Kesehatan Pada Tubuh

Kandungan antioksidan bisa mencegah penyakit yang ingin menyerang tubuh sehingga tubuh tetap sehat.


  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Kandungan minyak Atrisi di Kencur memiliki sifat karminatif yang dapat meningkatkan nafsu makan.


  1. Manfaat Kencur Sebagai Pelangsing Tubuh

Kencur sebagai obat penurun berat badan karena ada beberapa bahan yang bisa membakar lemak dalam tubuh.


  1. Mengobati Radang Sendi

Kandungan kurkumin dalam Kencur bekerja untuk radang sendi dan radang sendi serta untuk 100 miligram fenilbutazon.


  1. Manfaat Kencur Untuk Obat Batuk

Mulai dari gejala sampai batuk ringan dapat diobati dengan memakan Kencur. Anda melakukan ini dengan membersihkan kulit Kencur dan kemudian menggosoknya. Kemudian jusnya ditekan. Untuk bahan bahan dalam berbentuk minuman jus lemon dan sedikit madu. Dimakan 3 kali sehari.


  • Manfaat Kencur Untuk Kecantikan dan Wajah

Secara kecantikan Kencur efektif melawan jerawat. Dengan cara pertama dengan menggosok Kencur yang sudah dicuci. Ambil jusnya dan oleskan ke wajah Anda sebagai masker.

Keduanya bisa dicacah lalu dioleskan ke wajah. Diamkan selama 30 menit selanjutnya cuci dengan air hangat. Lalu wajah terlihat lebih cerah dan segar.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Panduan Lengkap Cara Menanam Kenur Dalam Polybag dan Manfaat Tanaman Kencur semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: