Jenis Bunga Lavender

Mengenal 11 Jenis Bunga Lavender Yang Harus Kalian Ketahui

Diposting pada

Mengenal 11 Jenis Bunga Lavender Yang Harus Kalian Ketahui – Bunga lavender jenis ini merupakan jenis bunga yang harum. Meski aromanya harum, namun aroma bunga lavender tidak disukai nyamuk. Karena baunya yang unik dan bermanfaat, manusia mengekstrak bunga tersebut untuk diolah menjadi berbagai bahan baku, khususnya di bidang kosmetik. Jika kalian ingin mengetahui tanaman pengusir nyamuk klik disini.


Jenis Bunga Lavender

Ada sekitar 25 hingga 30 spesies di seluruh dunia yang tersebar luas. Asal muasal tumbuhan ini terletak di kawasan Mediterania selatan, Afrika, hingga India. Lavender adalah sejenis rumput atau semak.

Sekarang tumbuhan ini juga tersebar luas di Kepulauan Canary, Afrika Utara dan Timur, Eropa, terutama Perancis, Arab dan India. Negara-negara ini mengekstrak banyak minyak lavender untuk digunakan sebagai biji parfum atau untuk tujuan lain. Berikut beberapa jenis minyak lavender yang biasa diekstrak.


  • Lavender Lavandula Stoechas (Lavender Spanyol)

Seperti namanya, bunga lavender ini berasal dari daerah Spanyol, namun jenis bunga ini bisa Anda temukan di negara lain seperti Perancis, Italia, Yunani, Bulgaria, dan Turki.

Jenis Stoechas lavandula memiliki tinggi antara 30 dan 100 cm dan beberapa tingginya sekitar 2 meter. Daun dengan panjang 1 sampai 4 cm berwarna abu-abu, dan bunganya berwarna ungu dan merah muda dengan panjang batang 10 sampai 30 cm, sangat cantik.

Bunganya muncul di awal musim panas dan akhir musim semi. Saat mekar, ujungnya berwarna ungu muda, diameter sekitar 1-1,5 cm, dan bunga ini memiliki aroma yang sangat kuat dan harum.

Baca Juga: Mengenal 11 Jenis Bunga Adenium Besarta Gambar Terlengkap!!


  • Lavender Lavandula Multifida (Lavender Mesir)

Lavender Lavandula Multifida (Lavender Mesir)

Tanaman lavender dari jenis Lavandula multifida yang berasal dari Kepulauan Canary yaitu dari selatan Portugal dan Spanyol, Aljazair, Tunisia, Calabria, Sisilia, Maroko, Tripolitania bahkan negara bagian Iberia. Wilayah Pulau Canary terisolasi di Lembah Nil.

Bunga jenis ini cukup sederhana, namun tetap sangat indah. Bunga ini memiliki warna batang berwarna abu-abu dan memiliki bulu pada batangnya. Daunnya berbentuk sirip ganda dengan bunga-bunga indah berwarna lavender, biru keunguan, atau biru tua.

Baca Juga: Jenis Bunga Sedap Malam yang Di Tanam Didunia Terlengkap!!


  • Lavender Lavandula Pinnata (Ferleaf Lavender)

Bunga lavender jenis ini berasal dari Kepulauan Canary dan Madeira. Fernleaf Lavender memiliki ciri-ciri tangkai bunga dengan cabang berwarna ungu, daun bercabang, dan berwarna abu-abu, sedangkan bunganya yang indah muncul di musim panas.


  • Lavender Salvia Apiana (Lavender Putih)

Lavender Salvia Apiana (Lavender Putih)

Tanaman unik ini tingginya sekitar 1,3 hingga 1,5 meter. Daun hijau berwarna abu-abu dan mengandung minyak. Selain minyak, resin pada bunga ini memiliki aroma yang kuat saat digosok. Bunganya berwarna putih atau merah muda dengan panjang batang 1 hingga 1,3 meter. Bunga ini akan mekar saat musim semi tiba dan Sangat cantik dan indah, bukan? seperti Jenis Bunga Terindah lainnya.


  • Lavender Lavandula Rotundifolia

Lavender Lavandula Rotundifolia

Lavender jenis Lavandula rotundifolia berasal dari kawasan Cape Verde dan tumbuh di dataran tinggi negara Santiago dan Fogo. Bunga ini memiliki bentuk yang sama dengan bunga lavender yang telah disebutkan sebelumnya. Batang dan daunnya berwarna abu-abu kehijauan dan warna ungu bunganya membuatnya sangat cantik.

Baca Juga: Mengenal 11 Jenis Bunga Bougenville Terlegkap dengan Gambar


  • Lavender Lavandula Angustifolia

Lavender Lavandula Angustifolia

Jenis lavender ini berasal dari Spanyol, Italia, Kroasia, Prancis, dan daerah Mediterania lainnya. Jenis lavender ini dikenal sebagai lavender Inggris, meskipun sebenarnya tidak berasal dari Inggris.

Tanaman perdu aromatik ini dapat tumbuh hingga 1 hingga 2 meter dengan daun berwarna hijau sepanjang 2-6 cm dan diameter 4-6 mm. Bunganya yang cantik memiliki warna ungu dan pink yang sangat cantik yang senada dengan warna daun hijaunya.


  • Lavender Lavandula Pedunculata

Lavender Lavandula Pedunculata

Spesies lavender dari Lavandula Pedunculata berasal dari negara-negara Iberia, Turki Barat dan Maroko. Tanaman ini memiliki daun berwarna abu-abu kehijauan, seperti lavender pada umumnya yang bergerigi di ujung yang sempit. Bunga ungu mekar di musim panas dan di bagian paling atas bunga merah muda dan ungu juga mekar.

Baca Juga: Mengenal 10 Jenis Bunga Mawar Di Berbagai Negara Terlengkap!


  • Lavender Lavandula Latifolia (Lavender Portugis)

Lavender Lavandula Latifolia (Lavender Portugis)

Lavandula Latifolia berasal dari Mediterania bagian barat yaitu dari Portugal, Spanyol, Italia utara (Liguria) dan juga Perancis selatan. Jenis lavender ini lebih kuat dari Labandula Angustifolia.

Tinggi tanaman ini sekitar 30-80 cm dengan daun hijau sepanjang 3-6 cm dan lebar 5-8 mm. Bunga-bunga indah berwarna ungu muda dengan panjang batang 20-50 cm dan bunganya mekar dari bulan Juni hingga September.


  • Lavender Salvia Officinalis

Lavender Salvia Officinalis

Jenis taman mediterania juga dikenal dengan bunga sage dengan Henus Salvia. Tinggi tanaman ini sekitar 60 cm dan memiliki daun lonjong. Daunnya lonjong berukuran panjang 6,4 cm dan lebar 2,5 cm. Warna daunnya cukup unik yaitu abu-abu kehijauan dengan bulu-bulu halus.

Warna bunganya berbeda yaitu ungu, putih dan merah muda yang sangat menarik dan cantik. Bunga lavender Salvia offinalis biasanya muncul di saat-saat terakhir musim semi atau musim panas.

Baca Juga: Jenis Bunga Angrek yang Cantik Wajib Kalian Miliki Di Rumah


  • Lavender Lavandula Lanata

Lavender Lavandula Lanata

Bunga lavender jenis ini berasal dari Spanyol bagian selatan. Kekhasan lavender jenis ini adalah pada rambut atau bulu halusnya yang terletak di ujung batang hingga ujung bunganya. Karena bulunya yang halus, tanaman ini berwarna silver pada daunnya dan bunganya berwarna ungu tua seperti bunga lavender pada umumnya.


  • Lavender Lavandula Dentata (Lavender Perancis)

Lavender Lavandula Dentata (Lavender Perancis)

Lavender dentata adalah lavender dengan aroma yang kuat. Jenis lavender ini berasal dari daerah Mediterania, pulau Atlantik dan juga Semenanjung Arab (Maroko, Spanyol bagian timur dan Aljazair).

Tinggi bunga ini mencapai 60 cm dengan daun berwarna abu-abu kehijauan dengan bentuk seperti tombak dan memiliki gigi pada bagian pinggirnya, namun memiliki tekstur yang ringan seperti kain wool. Bunganya berwarna ungu dan gradasi di ujungnya lebih terang yaitu ungu pucat.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Mengenal 11 Jenis Bunga Lavender Yang Harus Kalian Ketahui semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: