Jenis Bunga Sedap Malam

Jenis Bunga Sedap Malam yang Di Tanam Didunia Terlengkap!!

Diposting pada

Jenis Bunga Sedap Malam yang Di Tanam Didunia Terlengkap!!_Siapa yang tak kenal bunga sedap malam bunga yang sering dikaitkan dengan hal-hal mistis. Sedap malam tidak hanya berkaitan dengan hal-hal mistis saja, tetapi juga banyak digunakan untuk upacara keagamaan di Indonesia. Biasanya digunakan sebagai hiasan pada acara pernikahan. Jika Kalian ingin tahu jenis bunga hias bisa klik disini.

 

Berikut beberapa jenis bunga sedap malam yang mungkin belum kita kenal. Jenis-jenis yang biasa digunakan sebagai rangkaian bunga, atau jenis-jenis yang dapat diekstraksi dan dibuat menjadi minyak atsiri, atau mungkin dapat kita jadikan sebagai bunga potong. Jenis yang mana? Mari kita lihat, tetapi pertama-tama kita akan mengidentifikasi asal dan sejarahnya.

Ada empat jenis tuberose yang diberi nama sesuai dengan jumlah kelopak pada setiap bunganya, yaitu bunga yang hanya memiliki satu deretan kelopak atau disebut dengan kelopak tunggal. Lalu ada yang disebut semi-double, double, dan variegata. Agar tidak penasaran, yuk baca artikel tentang jenis bunga enak berikut ini:


Jenis Double

Bunga jenis ini memiliki lebih dari tiga baris kelopak dalam satu batang lurus. Bunganya berwarna putih dan sebagian kemerahan. Sebagian besar spesies ini dikembangkan di India sedangkan di Indonesia kami memiliki salah satu spesies yang disebut Dian Arum. Berikut ini beberapa jenis bunga sedap malam jenis ganda.


  • Suvasini

Jenis ini merupakan bunga multi kelopak yang dikembangkan oleh Indian Horticultural Research Institute (IIHR) di Banglore. Bunga ini merupakan hasil persilangan antara bunga tunggal dan bunga ganda. Jenis ini menghasilkan lebih banyak bunga per batang. Batangnya bagus untuk bunga potong. Malam ini kelopaknya berbentuk bulat ganda, tebal, besar, dan harumnya murni.

Baca Juga: Mengenal Jenis Bunga Matahari Cantik Lengkap Beserta Gambar


  • Vaibhav

Vaibhav

Sedap malam merupakan jenis hibrida dengan bunga ganda pada batang berukuran sedang. Bunga ini merupakan persilangan antara single Meksiko dengan IIHR-2. Kuncup bunga berwarna kehijauan kontras dengan kuncup Suvasini yang kemerahan dan kuncup bunga lokal. Bunganya berwarna putih. Batangnya tumbuh 50 persen lebih tinggi dari Suvasini dan sangat direkomendasikan untuk bunga potong.


  • Pearl Double

Jenis bunga yang mekar berwarna putih dan beraroma manis ini menjadi pilihan populer di kalangan tukang kebun. Mutiara adalah tuberose berbunga banyak dan setiap batang memiliki banyak bunga yang terlihat seperti duri. Tuberose ini memiliki daun yang panjang seperti pisau dan berwarna hijau sedang hingga hijau tua. Bunga ini hampir sama dengan Jenis Bunga Melati Berwarna putih cerah.

Jenis bunga ini biasa digunakan pada bunga potong dan karangan bunga, serta minyak atsiri. Sedap malam dapat ditanam di taman atau dalam pot dan biasanya mekar dari bulan Juli hingga Oktober.


  • Dian Arum

Dian Arum

Dian Arum merupakan tanaman sedap malam yang banyak tumbuh di Indonesia. Jenis ini memiliki batang yang lebih panjang dari 75 cm. Diameternya tidak terlalu besar, tapi kekar. Jenis ini cocok untuk karangan bunga dengan vas besar atau kecil. Diameter kuncup tidak besar, namun pada saat mekar berdiameter lebih dari 5 cm dengan warna kehijauan dan kemerahan pada ujungnya.

Dian Arum memiliki banyak kelopak dan cukup tebal, membuatnya terkesan lebih padat. Kelopak yang tebal bertahan lebih lama. Jumlah kelopak bunga yang membedakan Roro Anteng dengan Dian Arum dari Pasuruan, Jawa Timur.

Baca Juga: Mengenal 11 Jenis Bunga Adenium Besarta Gambar Terlengkap!!


Jenis Variegata

Spesies berikut ini memiliki ragam bentuk daun yang bergaris-garis yang lebih dikenal dengan istilah “variegata”. Pada spesies ini daunnya tampak keperakan atau kuning keemasan. Lembaga Penelitian Botani Nasional, Lucknow, telah mengembangkan dua jenis baru yang disebut Rajat Rekha dan Swarna Rekha dengan menggunakan radiasi gamma.


  • Rajat Rekha

Rajat Rekha

Jenis Rajat Rekha adalah bunga bermutasi sinar gamma di mana sebuah bohlam bersinar. Jenis ini merupakan varietas bunga tunggal yang diterbitkan oleh National Botanical Research Institute (NBRI) Lucknow. Bunganya memiliki garis-garis putih keperakan di tengah daun.

Baca Juga: Mengenal 10 Jenis Bunga Mawar Di Berbagai Negara Terlengkap!


  • Swarna Rekha

Swarna Rekha

Bunga ini merupakan varietas bunga ganda yang dilepas oleh NBRI, Lucknow. Bunganya berlipat ganda dengan batang kuning keemasan di tepi daun. Jenis ini merupakan hasil mutasi yang diinduksi sinar gamma yang mengarah pada sintesis klorofil, yang mengubah warna daun.

Sayangnya, usahatani sedap malam di Indonesia masih sedikit. Harapannya kedepannya Indonesia juga dapat mengembangkan lebih banyak lagi jenis bunga sedap malam, karena sedap malam merupakan bunga yang menjadi bagian penting dari upacara keagamaan di Indonesia.

Baca Juga: 23 Jenis Bunga Terindah yang Harus Kalian Tahu Terlengkap!


Jenis Single

Bunga jenis ini memiliki corolla yang hanya berjajar. Jenis sedap malam ini memiliki aroma yang sangat kuat dan bunganya banyak yang diambil atau diekstrak sebagai minyak atsiri. Bunga jenis ini memiliki aroma yang kuat dibandingkan dengan bunga bermahkota dua.

Bunganya biasanya digunakan untuk dekorasi, dan yang digunakan biasanya berwarna hijau keputihan. Berikut ini adalah jenis sedap malam dengan mahkota tunggal yaitu Mexican Single, Kalyani Single, Shrinagar, Prajwal, Arka Nirantara, Rajat Rekha, Hyderabad Single, Calcutta Single, Phule Rajani, Kahikuchi Single, dan Pune Single. Ada beberapa jenis yang populer di antaranya:


  • Shringar

Shringar

Tuberose jenis ini memiliki aroma yang kuat dan tegas, sedikit menyengat. Kuncup bunganya berwarna agak merah muda dan biasanya digunakan untuk hiasan berupa untaian. Bunga jenis ini sangat mudah rusak sehingga harus dirawat dengan baik. Tuberose shrigar ini sangat populer di kalangan petani dan industri parfum.

Baca Juga: Jenis Bunga Cempaka Beserta Manfaat Bunga Cempaka Lengkap!!


  • Prajwal

Prajwal

Jenis sedap malam ini merupakan tanaman sedap malam hibrida yang menghasilkan satu jenis bunga dengan batang yang tinggi dan kaku. Jenis ini merupakan persilangan antara Shrigar dan Single Mexico. Hibrida ini diterbitkan oleh Institut Penelitian Hortikultura India (IIHR). Kuncup bunga berwarna agak merah muda sedangkan bunganya berwarna putih. Kuncupnya lebih besar dari tunggal lokal.

Baca Juga: Jenis Bunga Tulip Tercantik Di Dunia Beserta Gambar Lengkap


  • Single Mexican

Single Mexican

Tuberose tunggal Meksiko adalah varietas paling populer dan banyak digunakan sebagai bunga potong dan parfum. Tuberose Mexico adalah bunga putih yang tersebar jarang di setiap batang yang dapat tumbuh setinggi 3 hingga 4 kaki. Daunnya berwarna hijau tua dan terlihat seperti rumput.


Jenis Semi-Double

Tuberose jenis ini memiliki dua hingga tiga baris kelopak dengan batang lurus. Bunganya berwarna putih dan biasanya digunakan untuk bunga potong. Anda juga bisa mengambil ekstraknya. Indonesia berhasil mengembangbiakkan jenis setengah ganda yang disebut dengan Roro Anteng.

Baca Juga: Jenis Bunga Krisan Beserta Gambar dan Sejarah Bunga Krisan


  • Roro Anteng

Roro Anteng

Jenis roro anteng ini memiliki ciri khas dengan warna kemerahan pada bagian atas bunganya, wangi wangi, tunggul yang tidak mudah patah dan tidak mudah layu. Tangkai bunga lebih panjang dengan jumlah bunganya lebih banyak.

Roro Anteng memiliki bunga yang lebih kokoh, lebih lebar, dan berlapis ganda. Kuncup bunga memiliki diameter yang lebar dan aroma yang kuat saat mekar.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Jenis Bunga Sedap Malam yang Di Tanam Didunia Terlengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: