Jenis Tanaman Bonsai

Jenis Tanaman Bonsai Terbaik Dengan Bentu Terunik Lengkap!

Diposting pada

Jenis Tanaman Bonsai Terbaik Dengan Bentu Terunik Lengkap!_ Banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik rumah. Salah satu tanaman yang paling populer adalah tanaman bonsai.

Anda mungkin tahu nama tanaman ini. Tanaman bonsai adalah tanaman yang kerdil dan disimpan di dalam pot.

Jenis Tanaman Bonsai

Dengan kata lain tumbuhan ini merupakan versi miniatur dari pohon besar yang ada di alam bebas.

Selain digunakan sebagai hiasan rumah, bonsai juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan.

Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman ini, yuk simak jenis tanaman bonsai apa yang terbaik untuk mendekorasi rumah Anda!


Bonsai Sakura

Bunga bernama sakura ini sangat terkenal di Jepang. Warna bunga yang indah membuat lingkungan rumah Anda terlihat cantik.

Sebagai informasi, di Jepang Anda bisa dengan mudah menemukan makanan olahan yang terbuat dari daun dan bunga sakura.

Yang menarik, ternyata tanaman bunga ini bisa diminum seperti teh lho. Celupkan beberapa daun sakura ke dalam air hangat, tunggu beberapa menit, lalu Anda bisa menikmati minuman sakurayu Anda.

Baca Juga: Jenis Bunga Angrek yang Cantik Wajib Kalian Miliki Di Rumah


  • Bonsai Delima

Bonsai Delima

Anda tahu buah delima, bukan? Buah yang berbiji banyak dan daging buahnya manis ini ternyata juga bisa dijadikan salah satu tanaman bonsai terbaik.

Anda tetap bisa menikmati buahnya sebagai jus segar, salad buah, dan lainnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan, buah delima sendiri memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan lho, toppers.

Diantaranya mempercantik kulit, mengurangi peradangan, mengatasi radang tenggorokan, dan menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Cara Menanam Buah Delima Dengan Stek Batang Agar Berbuah Lebat


  • Bonsai Anting Putri

Bonsai Anting Putri

Salah satu tanaman bonsai terbaik adalah tanaman anting putri. Bentuk batangnya unik, vertikal seperti tiang dan biasanya memiliki beberapa cabang yang bisa tumbuh di dalam pot.

Tanaman bonsai jenis ini bisa anda pasang di rumah anda yang dekat dengan ruang keluarga atau jendela agar mendapatkan cahaya yang cukup dan membuat rumah anda semakin indah.

Jangan lupa untuk membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman bonsaimi Anda!

Baca Juag: Mengenal Jenis Bunga Melati yang Sangat Indah dan Populer


  • Bonsai Santigi

Bonsai Santigi

Jenis tanaman bonsai santigi ini bisa menjadi pilihan dekorasi untuk rumah Anda. Bentuk menarik ini bisa diletakkan di dekat jendela sebagai penghias ruang tamu.

Bentuk batang dan batang yang banyak cabangnya membuat peneduh sinar matahari terlihat menarik dari luar.

Sekilas, tanaman bonsai Santigi ini memberikan tampilan rumah Anda yang klasik, cocok untuk ruangan atau taman dengan background warna gelap atau coklat.


  • Bonsai Cemara

Bonsai Cemara

Bonsai evergreen bisa Anda simpan di rumah sebagai hiasan untuk mempercantik rumah Anda.

Pohon cemara itu sendiri adalah salah satu tanaman ikonik. Jadikan ruang rumah Anda penuh dengan karakter.


  • Bonsai Wisteria

Bonsai Wisteria

Bonsai Wisteria adalah salah satu pilihan paling padat untuk dekorasi rumah Anda karena bunganya yang berwarna-warni. Pastikan Anda mengganti media tanam tanaman Bonsaimu secara rutin, karena media tanam yang lama dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Pohon wisteria aslinya sendiri tidak terlalu besar. Ciri khasnya adalah daun berwarna biru muda atau ungu yang terlihat seperti air hujan.

Baca Juga: Mengenal 10 Jenis Bunga Mawar Di Berbagai Negara Terlengkap!


  • Bonsai Fuschia

Bonsai Fuschia

Tanaman Bonsai Fuschia termasuk dalam daftar rekomendasi Toppers Tanaman Bonsai Tokopedia ni. Padahal, pohon ini memiliki jenis bunga yang berbeda dengan bentuk dan warna yang berbeda untuk tiap jenisnya. Tapi apapun jenis yang Anda pilih, Bonsai Fuschia akan membuat rumah Anda lebih indah dan menarik.


  • Bonsai Bougenville

Bonsai Bougenville

Bougenville atau sering disebut bunga kertas merupakan salah satu jenis tanaman bugenvil.

Spesies yang tersebar luas di Indonesia adalah Bougainvillea glabra. Biasanya warna bunga tanaman ini merah muda keunguan. Ini akan mempercantik rumah Anda saat bonsai ini dipasang sebagai hiasan.

Bougenville memiliki bunga ungu cantik yang tipis namun lebat. Jadikan taman di beranda lebih hidup dan menarik.

Baca Juga: 6 Jenis Bunga Aglaonema Lengkap Dengan Cara Penanamanya


  • Bonsai Beringin

Bonsai Beringin

Beringin atau tumbuhan bergenre ficus ini sangat familiar dengan budaya Indonesia. Padahal, pohon beringin disandang sebagai simbol ideologi Pancasila.

Dengan adanya dekorasi tanaman bonsai beringin, Anda akan melihat bahwa rumah Anda terlihat bagus dan indah.

Tanaman dengan ciri khas daunnya yang kecil namun rimbun ini juga memiliki bentuk batang yang unik sehingga terlihat seperti sebuah karya seni.


  • Bonsai Adenium

Bonsai Adenium

Jenis tanaman bonsai terbaik berasal dari genus Adenium. Asal muasal bunga ini berasal dari dataran Afrika dan Arab. Namun sudah banyak yang berkembang di Indonesia.

Warna bunga ungu dan corak putih menghiasi rumah Anda untuk menambah warna.

Perawatannya cukup sederhana, karena adenium biasanya perlu disiram secara teratur dan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari.


  • Bonsai Azalea

Bonsai Azalea

Jenis tanaman bonsai terbaik dengan bunga indah untuk mencerahkan rumah Anda lainnya adalah bonsai azalea.

Azalea adalah spesies Rhododendron indicum yang berasal dari daerah Jepang. Bunganya berwarna pink, yang terlihat sangat menarik saat mekar.

Pastikan tanahnya lembab agar bonsai azalea anda dapat bertahan lama di rumah dan akan mempercantik bagian dalam dan luar rumah dalam waktu yang lama.


  • Bonsai Anggur

Bonsai Anggur

Apa yang terjadi jika tanaman bonsai dibuat dari pokok anggur? Ternyata, tanaman rambat yang kita kenal setiap hari sangat indah jika dijadikan sebagai tanaman bonsai. Buat diri Anda nyaman meski tanaman bonsai masih bisa berbuah.

Justru karena buahnya, pohon bonsai anggur akan membuat lingkungan rumah Anda terlihat asri, bahkan Anda dapat menikmati buah anggur segar yang telah dipetik dari kebun rumah Anda sendiri.

Baca Juga: 7 Cara Menanam Anggur Dari Biji Dalam Pot Serta Manfaatnya!


  • Bonsai Pinus

Bonsai Pinus

Bonsai pinus juga bisa menjadi pilihan tanaman bonsai untuk mencerahkan rumah Anda. Perlu diketahui Toppers bahwa Pinus adalah sebuah genus.

Artinya ada banyak jenis pohon pinus. Makanya, Anda bisa memilih jenis pohon pinus mana yang cocok untuk lingkungan rumah Anda.

Bonsai pinus umum biasanya berasal dari spesies Pinus thunbergii. Pohon bonsai pinus memiliki tampilan yang sangat unik dengan daun yang terlihat seperti lukisan.


  • Bonsai Maple

Bonsai Maple

Pohon maple terkenal dengan dedaunannya yang berwarna-warni. Maples memiliki jenis yang berbeda dengan warna daun yang berbeda seperti ungu, merah muda, dan biru.

Biasanya ditanam di Jepang, tanaman ini akan menambah warna dan tampilan lingkungan rumah Anda.

Bonsai pohon maple sangat cocok jika ditempatkan di taman atau ruangan dengan latar belakang putih agar tampilannya semakin eye catching dan menarik.

Baca Juga: 10 Cara Menanam Bunga Matahari di Pot dan Jenisnya!


  • Bonsai Baobab

Bonsai Baobab

Siapa yang tak kenal pohon bonsai asal Afrika dan Australia ini? Pohon baobab sangat terkenal dengan bentuknya yang unik dan lucu. Tanaman yang biasa dikenal dengan nama Adansonia ini memiliki bentuk yang bagus jika dikerdilkan menjadi tanaman bonsai.

Tanaman Baobab Bonsai bercirikan batang besar namun berdaun kecil dan terletak di bagian atas batang pohon.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Jenis Tanaman Bonsai Terbaik Dengan Bentu Terunik Lengkap! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: