10 Cara Menanam Bunga Matahari di Pot dan Jenisnya!

Diposting pada

10 Cara Menanam Bunga Matahari di Pot dan Jenisnya! – Bunga Matahari dapat kita tanam dihalaman rumah sebagai bunga hias untuk mempercantik halaman rumah, selain ditanam di tanah pekarangan, bunga matahari juga dapat kita tanam dalam pot. Dengan menanam bunga matahari dalam pot lebih efisien sebab tidak ada proses pengolahan lahan.

Keuntungan lainnya dari cara menanam bunga matahari di dalam pot adalah Anda dapat sesuka hati memindah – mindah pot bunga tersebut sesuai keinginan. Akan tetapi perlu kalian diperhatikan untuk menempatkan lokasi pot bunga hendaknya diusahakan sebaik mungkin supaya tetap terkena sinar matahari, karena bunga matahari arah pertumbuhannya selalu menuju dari arah mana sinar matahari mengenainya.

Berikut adalah bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan :

  • Benih bunga matahari.
  • Pot bunga berukuran sedang / besar.
  • Tray semai atau Kotak yang terbuat dari kayu.
  • Tanah serta pasir.
  • Pupuk kandang atau pupuk kompos.
  • Sekop.

Langkah-langkah Menanam Bunga Matahari Dipot

  • Siapkan biji bunga matahari yang bisa anda peroleh di toko-toko pertanian. Adapun jenis bunga yang kami rekomendasikan antara lain Pacino Gold, Autumn Beauty, Velvet Queen, Big Smile, dan Teddy Bear.
  • Penyemaian dilakukan di sebuah peti kayu yang telah diisi tanah dan pupuk kompos. Buat lubang tanam seukuran jari telunjuk, lalu masukkan biji bunga dan kubur kembali.
  • 3Jangan lupa tutup peti tersebut memakai plastik bening berlubang agar tidak mudah rusak. Simpan media penyemaian ini di tempat yang mendapatkan sinar matahari. Pastikan anda menyiramnya secara rutin agar tanah di dalamnya tidak kering.
  • Bibit bunga matahari yang tumbuh bisa ditanam apabila sudah berumur 7-10 hari, di mana terdapat daun kecil di kecambahnya. Hati-hati, terlambat menanamkan benih bisa berakibat pada kematian benih tersebut.
  • Media tanam yang dimasukkan ke dalam pot berupa campuran tanah, pasir, pupuk kompos, dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:4:1:1 atau sesuai kondisi tanah. Kuncinya, bunga matahari sangat menyukai air sehingga tanah yang digunakan pun sebaiknya mampu menahan air. Hindari menggunakan pupuk kimia karena pemakaiannya harus dalam komposisi yang tepat.
  • Setiap pot cukup ditanami satu bibit. Penanaman yang terlalu rapat justru mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi buruk. Inilah yang menyebabkan batang tanam kurus dan tidak bisa berbunga.
  • Penyiraman bisa anda lakukan sebanyak dua kali sehari atau lebih. Tanah yang kering bisa memperpendek umur tanaman ini.
  • Apabila tanaman sudah tampak tinggi, anda wajib menggantinya ke pot yang lebih besar. Pot besar mampu menampung nutrisi dan cairan dalam jumlah yang banyak, sehingga pertumbuhan tanaman pun tetap normal.
  • Pastikan tanaman bisa mendapatkan sinar matahari minimal 6 jam sehari, agar sehat dan rajin berbunga.
  • Tanaman mulai mengeluarkan kuncup bunga saat usianya mencapai 2 bulan. Sedangkan, bunga akan mekar setelah berumur antara 9-10 minggu.

Pengertian Bunga Matahari

Bunga matahari adalah jenis bunga yang banyak diketahui banyak orang. Sering digunakan untuk berbagai macam keperluan, salah satunya digunakan dapat untuk menghasilkanminyak dan juga sebagai tanaman hias.

mempunyai bentuk yang unik, berwarna kuning, berukuran besar dan kepala bunga yang besar (bisa mencapai ukuran diameter 30 cm). Didalam satu bongkolnya mempunyai ratusan bahkan ribuan bunga kecil.


Jenis-jenis Bunga Matahari

  • Giant Sungold

Jenis yang satu ini mempunyai ukuran yang besar. Mempunyai karakter tubuh: tinggi 1 meter dengan ukuran diameter bunga sekitar 15 cm. Bunganya dapat bertahan kurang lebih 2 bulan.

Yang unik dari jenis ini adalah, jika diperhatikan dengan seksama, seakan-akan mempunyai kelopak bunga yang 2 lapis. Kelopak yang berada di belakang seperti terpisah dari kelopak yang di depan.


  • Teddy Bear

Entah dari mana pertama kali jenis ini diberi nama demikian. Lebih jelasnya jenis ini merupakan salah satu jenis banyak yang mau oleh penggemar tanaman hias karena keindahannya.

Kelopak bunganya seolah mengembang, sedikit berbeda dengan jenis lainnya. Berwarna kuning cerah. Mempunyai karakter tubuh: diameter dapat mencapai hingga 17 cm. Dengan ketinggian rata-rata 60-90 cm saja, sangat pas jika dijadikan sebagai hiasan halaman depan atau belakang rumah.


  • Big Smile

Walaupun namanya “big” tapi ukurannya justru tergolong mungil. Begitu juga dengan ukuran tingginya yang biasa saja. Karena itu, jenis ini malah cocok jika ditanam pada pot, karena tinginya rata-rata hanya sekitar 40 cm dan dengan bunga berdiameter sekitar 10 cm.


  • Earthwalker

Jenis yang satu ini sedikit berbeda dan unik dengan jenis bunga matahari yang lainnya, karena biasanya bunga matahari identik dengan warna kuning, sedangkan ini berwarna orange kecoklatan. Namun tetap terlihat indah dan cantik.


  • Fiesta Del Sol

karakter yang paling nampak dari jenis ini tentu warnanya yang merah cerah sedikit orange. Ukuran bunganya cukup besar serta tingginya bisa mencapai sekitar 80 cm. Ukuran diameter bunganya dapat berkisar antara 5-10 cm.


  • Cherry Rose

Jenis ini mempunyai campuran warna yang cantik dan unik. Bakal bijinya berwarna gelap kecoklatan. Bagian kelopak dalamnya berwarna keunguan dan ujung kelopak luarnya berwarna putih cerah. Sungguh indah sekali.


  • Early Russian

Bentuk dan warnanya seperti biasanya yaitu berwarna kuning dan bagian tengahnya yang berwarna kecoklatan. Jenis ini mempunyai ukuran yang besar, bunganya bisa berukuran sekitar 30 cm dan batangnya bisa mencapai 1.8-2.4 meter. Bisa dibilang ini jenis ‘raksasa’ karena ukurannya.


  • Music Box

Jenis ini terlihat sangat indah karena mempunyai campuran gradasi warna yang unik. Yang tengahnya memiliki berwarna gelap kecoklatan, kelopak dalamnya berwarna coklat muda serta kelopak luar berwarna kuning. Ukuran kelopak bunganya sekitar 10 cm. Dapat bertahan selama 75 hari ketika mekar. Ukurannya sedang, karena tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 50 cm.


  • Red Sun

Warna jenis ini tentu sesuai dengan namanya. Warna merah menawan mendominasi. Dikombinasi dengan warna gelap pada bagian tengah bunganya. mempunyai ukuran yang lumayan besar karena mempunyai ukuran tinggi tubuh hingga 1.5 meter, bahkan bisa lebih. Dan untuk bunganya sekitar 15 cm. Ketika bunga matahari mekar, mampu bertahan sampai 75 hari.


  • Moonwalker

Jenis ini juga termasuk ke dalam jenis yang mempunyai ukuran besar karena dapat tumbuh menjulang hingga 1.7 meter bahkan bisa lebih. Sedangkan dengan ukuran bunganya sekitar 15 cm. Warna tubuh dari jenis ini berwarna kuning muda atau kuning pucat. Walaupun demikian, bunga matahari jenis ini tetap terlihat cantik dan indah.


  • Valentine

Jenis dengan ukuran yang sedang. mempunyai karakter tubuh warna kuning lemon yang cerah, ukuran bunga sekitar 15 cm. Menanam jenis bunga matahari ini lebih cocok bila ditanam dalam kebun dengan kondisi sinar matahari yang cukup. Termasuk ke dalam bunga musim panas. Dapat tumbuh tinggi hingga 1.5 meter. Biji biji nya bisa dijadikan cemilan sehat dengan cara dipanggang.


  • Velvet Queen

Jenis ini tergolong mempunyai ukuran yang cukup besar. Dapat menjulang tinggi hingga 1.5 meter. Dan mempunyai ukuran kelopak dengan ukuran kurang lebih 15 cm. Dalam satu tangkai, umumnya dapat tumbuh 5-8 kelopak bunga. mempunyai warna orange yang agak gelap dan bagian tengahnya berwarna gelap. Bagian tengahnya berwarna kuning terang serta mirip ketika terjadi gerhana matahari total.


  • Pacino

Jenis ini mempunyai karakter tubuh bunganya yang berwarna kuning cerah dengan bagian tengahnya yang mempunyai variasi warna. Ukurannya bisa dibilang kecil, sebab itu jenis ini cocok untuk ditanam dalam pot untuk menghiasi rumah atau halaman rumah. mempunyai karakter tubuh tinggi dapat mencapai 60 cm dan ukuran kelopaknya sekitar 13 cm. Saat dalam keadaan mekar, bunganya bisa bertahan sampai 2 bulan lamanya.


  • Autumn Beauty

Jenis ini terdapat keunikan tersendiri, karena dalam satu pohon, masing-masing bunga bisa mempunyai warna yang berbeda. Mempunyai barbagai macam warna, mulai dari kecoklatan, orange, kuning sampai kemerahan. Untuk tubuh nya, tergolong ukuran besar. Dapat tumbuh tinggi menjulang hingga 170 cm dan kelopak bunga kurang lebih 15 cm.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 10 Cara Menanam Bunga Matahari di Pot dan Jenisnya! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: