7 Cara Menanam Anggur Dari Biji Dalam Pot Serta Manfaatnya!

Diposting pada

7 Cara Menanam Anggur Dari Biji Dalam Pot Serta Manfaatnya! –  Tanaman anggur selain ditanam halaman rumah, dipekarangan, dan dikebun juga dapat ditanam di dalam pot. Selain kita dapat melihat keindahan tanamannya yang sebagai penyejuk halaman rumah atau bisa juga dikatakan cara budidaya anggur di halaman rumah , namun kita juga mendapati buah yang bergelantungan membuat mata indah memandang. Bahkan kita tidak usah beli buah anggur, karena sudah di sediakan di rumah.

Anda bisa menciptakan pemandangan di disekitar halaman atau sekeliling lingkungan rumah kita, dengan  menanam anggur dalam pot berbuah cepat dan lebat  namun anda juga harus mempelajari panduan lengkap cara menanam anggur yang berkualitas.

Kelebihan menanam buah anggur di dalam pot ini selain bisa membentuk tanaman anggur dengan indah, kita juga harus membentuk percabangannya yang bisa memunculkan buah anggur yang lebat. Tentu saja dengan  cara pemangkasan tanaman anggur agar cepat berbuah.

Selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias tetapi buah yang dihasilkan dari tanaman anggur memiliki nilai jual yang cukup tinggi alias mahal kalau di jual. Di samping itu apabila kita bisa membudidayakan dan di pot di buat sangat cantik, maka nilai jual tabulampot anggur juga sangat tinggi. Cara menanam anggur di dalam pot agar cepat berbuah untuk kalian.

Maka apabila anda memiliki hobi tanam menanam alangkah baiknya anda membudidayakan tabulampot buah anggur supaya anda menghasilkan uang tambahan. Namun anda harus kreatif untuk membentuk tanaman tersebut menjadi cantik.


Cara Menanam Anggur Dalam Pot

7 Cara Menanam Anggur Dalam Pot yang Baik dan Benar!

  1. Pemilihan Pot Untuk Tanaman Anggur

Pertama yang akan kita lakukan adalah pemilihan pot yang cantik dan unik, sebab kita akan menciptakan tabulampot anggur denagn nilai juak yang tinggi. Pot yang akan digunakan adalah pot dengan jenis seperti pot plastic, pot semen atau dapat juga dari pot tanah. Diameter permukaan pot harus lebih lebar daripada pot yang dibagian bawah atau bisa juga dengan model pot yang sama besarnya.

Tetapi dari macam jenis bahan pot untuk tanaman anggur lebih baik adalah pot yang berbahan dasar tanah. Mengapa demikian? Sebab pot dengan bahan dasar tanah mempunyai pori-pori di bagian dasarnya sehingga dapat menyerap air.

Dengan begitu menyebabkan akar tanaman tidak mudah kering apabila kita terlambat menyiram dan tidak akan lembab bila dalam menyiram kita terlalu banyak air. Untuk itu pakailah pot yang terbuat dari bahan dasar tanah. Sekarang pot dari bahan dasar tanahyang memiliki ukiran-ukiran yang cantik di bagian luarnya.


  1. Media Tanam Tanaman Anggur

Media tanam yang dipakai di dalam pot harus sesuai dengan karakteristik tanaman anggur. Media tanam yang baik digunakan untuk tanaman anggur adalah pasir dan pupuk kandang. Pasir digunakan karena pasir sejenis porous, yaitu yang mudah ditembus oleh akar tanaman anggur.

Media tanam pasir dan pupuk kandang yang sudah matang setelah di campur, kemudian dimasukkan ke dalam pot tanah terlebih dulu. Agar tanaman lebih sehat dan bagus maka sepertiga bagian bawah pot diisi dengan tanah yang gembur, dengan maksud agar menghambat keluarnya air dari dalam pot.


  1. Cara Pembuatan Bibit Stek Dari Batang Anggur

Persiapan Stek

  • Panjang stek 20 cm terdiri 2-3 ruas, berumur di atas 1 tahun.
  • Lingkaran bulat berukuran kira-kira 1 cm.
  • Kulit warnanya cokelat muda.
  • Mata tunas sehat tampak padat.

Cara Menyemai Bibit Stek Anggur

  • Polybag di sediakan sesuai jumlah bibit stek buah anggur.
  • Media tanam campuran tanah + trichokompos + pasir perbandingan 2 : 1: 1.
  • Media tanam di masukkan ke dalam polybag.
  • Di tengah-tengah polybag tancapkan stek buah anggur.
  • Polybag yang telah ada stek bibit anggurnya disiram dengan larutan campuran dari trichoderma, air dan hormon organik.
  • Polybag bibit anggur di letakkan di tempat yang teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung. Siram pagi dan sore hari.
  • Kalau sudah tumbuh dua daun maka ke lubang tanam.

  1. Cara Penanaman Bibit Buah Tanaman Anggur ke Dalam Pot

Lebih dahulu masukan batu bata atau genting yang telah di pecah-pecah di bagian dasar pot. Setelah itu masukan sedikit tanah yang gembur di atas pecahan genting/batu bata tersebut. Kemudian masukan media tanam yang berisi ( pasir dan pupuk kandang yang sudah di campur) ke dalam pot sampai hampir penuh. Kemudian bikin lubang tanam yang di bagian tengah pot untuk diisi bibit tanaman anggur.

Caranya polybag yang berisi tanaman anggur kita lepas kemudian masukan bibit tanaman anggur yang tadi di dalam polybag beserta tanahnya ke dalam lubang tengah-tengah pot. Atur posisi tanaman anggur supaya kelihatan tegak. Kemudian tutup permukaannya dengan media tanam lagi sampai penuh, tapi sisakan 2 cm dari permukaan bibir pot.

Lalu siram tanaman anggur tersebut, ketika selesai di siram pasti permukaan tanah akan menurun hingga 5 cm dari bibir pot, sebab terjadi pemadatan media tanam. Kemudian taruh tanaman buah anggur tersebut pada tempat yang ada sinar matahari secara penuh.


  1. Perawatan Tanaman Buah Anggur

Perawatan tanaman anggur yang ada di dalam pot sama dengan perawatan anggur yang ditanam di pekarangan atau di kebun. Namun, perawatan di pot akan lebih mudah di lakukan dari pada perawatan yang ada di kebun. Merawat tanaman anggur di dalam pot ini yang harus di perhatikan antara lain:


  • Penyiraman

Penyiraman tanaman anggur yang ada di dalam pot dilakukan setiap hari, pada waktu sore hari. Pada waktu penyiraman harus hati-hati agar percikan air tidak terlalu keras sehingga bisa merusak media tanam yang ada di permukaan yang berupa pasir dan pupuk kandang yang mudah bergerak apabila terkena semprotan air, jadi jangan sampai merubah posisi akar tanaman anggur.


  • Pemberian ajir

Ajir pada tanaman buah anggur sangat penting sekali, sebab supaya bibit anggur tumbuh lurus. Ajir dapat berupa kayu atau bilah bambu dengan ketebalan 1,5 cm dan panjang 1 m. Ajir ini berfungsi sebagai penyangga bibit tanaman anggur sampai datang waktu untuk pemangkasan pertama. Di awal penanaman bibit tanaman anggur diikat longgar dengan ajir.

Kemudian di dalam pertumbuhannya, tanaman anggur pasti akan tumbuh ke atas memanjat dengan bantuan sulur-sulur. Maka untuk memperoleh cabang yang cantik menarik, pohon anggur harus dikasih penopang yang fungsinya sebagai alat panjatan. Panjatan ini di tancapkan atau ditanamkan di dalam pot, bisa berupa kayu atau bilah bambu setebal 2 cm dan panjang 1,5 m dengan lilitan kawat.

Di pinggir-pinggir pot di ancapkan empat bilahan bambu. Penopang bambu ini nantinya akan menjadikan tanaman anggur dalam pot cantik dan bisa dilihat dari bermacam-macam arah. Bentuknya bisa diatur misalnya bulat seperti bola, slinder, atau paying.


  • Pemupukan

Tanaman buah anggur yang baru saja ditanam di dalam pot bisa diberi pupuk urea, dengan dosis cukup satu sendok makan. Pupuk urea tersebut diberikan setiap dua pekan sekali sampai tanaman berusia tiga bulan. Kemudian setelah berumur tiga bulan, pupuk urea diberikan menjadi dua sendok makan. Dan pupuk diberikan setiap bulan sekali.


  1. Supaya tanaman anggur cepat berbuah

Tabulampot anggur cepat berbuah lebat, begini caranya. Mempercepat tumbuh buah maka hal yang dilakukan adalah pemangkasan ranting yang menyebabkan bunga akan keluar dan cabang tersier. Ketika cabang tersier sudah berwarna coklat atau kira-kira sudah berumur tiga bulan, maka pemangkasan boleh dilakukan. Pemangkasan hanya boleh dilakukan bila cabang tersier ada mata tunas yang menonjol.

Pemangkasan dilakukan pada ruas cabang tersier keempat atau kelima dari pangkal cabang. Pemangkasan pertama, malai bunga yang muncul kebanyakan berukuran kecil. Banyaknya malai pelan-pelan akan bertambah pada waktu pemangkasan kedua, ketiga, dan selanjutnya. Bunga akan muncul sehabis pemangkasan lama-lama akan mekar dan berbuah kecil-kecil berwarna hijau.

Buah yang kecil-kecil ini terus berkembang dan tumbuh terus sampai maksimal pertumbuhan dalam waktu 105-110 hari setelah pemangkasan. Pada saat pertumbuhan buah, tanaman buah anggur yang di pot harus disiram setiap hari dan dilakukan pemupukan setiap bulan. Pupuk yang digunakan berupa npk dua sendok makan di taburkan di sekeliling pot.


  1. Mencegah hama dan penyakit tanaman anggur

Hama yang sering mengancam tanaman buah anggur adalah ulat daun, belalang dan kumbang. Serangga itu merusak tanaman buah anggur dengan memakan daunnya. Selain hama tersebut tanaman anggur juga bisa terserang penyakit. Penyakit itu adalah jamur putih/downymildew dan jamur kuning phakopshora vitis, penyakit tersebut menyerang apabila udara di sekeliling tanaman anggur terlalu lembap.

Serangan hama dan penyakit itu bisa di antisipasi dan di cegah apabila kita selalu merawat tanaman anggur dengan teliti dan sabar. Serangan jamur bisa di semprot menggunakan trichoderma caranya (2 sendok makan per liter air), dan apabila embasmi serangan hama maka gunakanlah ramuan pestisida nabati yang di buat sendiri dari tanaman rempah-rempah.


Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

  • Mengatasi insomnia (susah tidur).
  • Mencegah penyakit jantung (menjaga kesehatan jantung).
  • Mencegah penyakit kanker dan keganasan.
  • Mengatasi penyakit darah tinggi.
  • Menanggulangi penyakit tekanan darah tinggi.
  • Mencegah penyakit kencing manis (diabetes).
  • Mencegah penyakit osteoporosis.
  • Memutih dan menguatkan gigi.
  • Menghilangkan garis kerutan di wajah.
  • Mencerahkan wajah/muka.
  • Melembabkan wajah/muka.
  • Menghilangkan flek-flek di wajah/muka.
  • Mencegah migraine/pusing sebelah.
  • Menguatkan tulang dan gigi.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 7 Cara Menanam Anggur Dari Biji Dalam Pot Serta Manfaatnya! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: