3 Cara Menanam Strawberry Dalam Polybag Serta Manfaatnya!

Diposting pada

3 Cara Menanam Strawberry Dalam Polybag Serta Manfaatnya! – Strawberry ialah tanaman yang cantik dengan rasa yang enak serta menyegarkan. Strawberry termasuk buah yang cukup populer di Indonesia. penanamannya sudah lama dilakukan oleh para petani untuk memperbanyak hasil produksi sebab mengetahui bahwa strawberry termasuk buah yang disukai banyak orang. Buah strawberry tidak jarang diolah menjadi makanan atau minuman tertentu, seperti selai, jus, serta masih banyak lagi.

Kegunaannya juga bukan sebatas dimakan, lalu terasa nikmat, serta timbul keinginan untuk mengonsumsinya lagi. Lebih dari itu, strawberry juga tercatat mengantongi beragam kandungan yang memberi dampak manfaat terhadap kesehatan serta kecantikan. Dari segi kegunaan serta manfaat yang diberikan, tentu banyak orang yang tertarik untuk mencoba menanam strawberry. Apakah kalian juga menginginkan hal serupa?


Cara Menanam Strawberry di Polybag

Bagaimana Cara Menanam Strawberry di Dalam Polybag?

  1. Belilah benih strawberry di toko tanaman bisa juga dengan melakukan pembibita vegetatif dengan cara mengambil bagian batang tanaman sebagai cikal bakal tanaman.
  2. Setelah bibit tersedia, siapkan juga polybag serta media pengisinya. Media pengisi dibuat dari susunan tanah serta pupuk kompos atau pupuk kompos dengan perbandingan masing-masing 1:1.
  3. Campuran media tanam langsung dimasukkan ke dalam polybag, pot, atau karung yang kalian jadikan wadah tampung tanaman.
  4. Buatlah lubang, lalu tanam bibit strawberry atau batang strawberry ke dalamnya.
  5. Siram bibit tersebut setiap pagi serta sore, setiap hari. Jaga selalu tingkat kelembaban tanah. Kebutuhan air harus sealau cukup supaya bibit strawberry cepat tumbuh.
  6. Begitu bibit sudah ditanam, berikutnya hanya tinggal melakukan perawatan.

  • Perawatan dan Pemeliharaan

Berikut pedoman perawatan serta pemeliharaan tanaman strawberry:

  1. Penyiraman. Siram strawberry dengan cerek dengan rutin dari awal menanam sampai memasuki masa generatif. Lakukan penyiraman secara intensif, bila perlu buat jadwal. Pastikan bahwa kalian memelihara angka kelembaban media tanam, jangan sampai tanah kering.
  2. Penyulaman. Apabila tanaman strawberry ada yang mengalami gangguan pertumbuhan, tidak tumbuh sempurna, rusak, serta bahkan mati, maka lakukan langkah penyulaman. Tanaman yang sudah mati diganti dengan bibit baru dalam polybag yang sama. Penyulaman sangat penting untuk dilakukan supaya selanjutnya tidak lagi terjadi lagi gagal panen.
  3. Pengendalian Hama serta Penyakit. Selain disiram, kalian juga harus memperhatikan keberadaan hama. Jika terlihat ada hama yang menempel pada tanaman, langsung dibuat. Atau kalian dapat juga menyemprotkan pestisida yang dianjurkan untuk tanaman strawberry. Upaya agar strawberry tidak di usik oleh burung merpati atau burung-burung yang lain.
  4. Pemupukan. Pohon strawberry yang sedang kalian tanam setelah memasuki usia 2 bulan harus diberikan pupuk untuk mempertahankan kemampuan tumbuhnya. Gunakan pupuk organik atau anorganik sesuai dosis yang ditetapkan. Saat melakukan pemupukan, usahakan agar pupuk tidak mengenai organ tanaman seperti batang, daun, serta buahnya.
  5. Perampelan. Hematnya, perampelan dilakukan ketika ada batang atau tunas tanaman yang tumbuh berlebihan. Cara mengambil bagian vegetatif tanaman yang lebih tersebut ialah dengan memotong 1 – 2 tunas di samping tanaman (yang umumnya merunduk) pada masing-masing pohon. Selanjutnya tunas tersebut dapat ditanam lagi sebagai bibit vegetatif atau dibuang.
  6. Pemberian Fitohormon. Banyak petani holtikultura yang mengetahui teknik memperbanyak hasil buah yakni dengan memberikan hormon pada tanaman. Hormon tersebut biasanya diinjeksikan atau disuntik pada bagian batang tanaman.Hormon yang dipakai ialah hormon gas etilen yang akan mempercepat proses pematangan buah pada pohonnya. Selain gas etilen, biasanya juga digunakan hormon Indol Asam Aselat dengan giberelin untuk mempertebal ukuran batang tanaman serta menghasilkan buah yang banyak serta lebat.
  7. Fitohormon merupakan sekumpulan senyawa organik yang terbentuk secara alami ataupun dibuat sendiri oleh manusia. Di dalamnya terdapat kadar yang mampu mendorong, menghambat, atau mengubah pertumbuhan, perkembangan, serta pergerakan tumbuhan. Fitohormon dapat kalian dapatkan di toko tanaman. Sebelum memakainya, kalian dapat konsultasikan pada lembaga dinas pertanian setempat.

  • Cara Agar Stroberry Berbuah Cepat

Agar tanaman strawberry yang sedang kalian tanam di polybag lebih cepat berbuah, selain melakukan penyiraman serta pemupukan secara rutin, kalian juga perlu melakukan kegiatan yang dinamakan pendangiran serta penyiangan. Pendangiran serta penyiangan sendiri merupakan kegiatan yang koheren serta kohesif dalam dunia pertanian. Kedua kegiatan ini dinilai serta bahkan diyakini oleh banyak pekebun sebagai faktor penyumbang terbesar dalam suksesnya kegiatan pertanian di seluruh dunia.

Pendangiran dilakukan oleh petani untuk menggemburkan lahannya dengan cara dicangkul kecil-kecil dengan hati-hati, jangan sampai melukai akar tanaman. Sementara penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput-rumput lihar pada tanah dengan tujuan untuk menjaga lahan atau media tanam selalu bersih sehingga terbebas dari pertumbuhan jamur, penyakit, serta hama parasit.


  • Pemanenan

Setelah berumur 2 bulan, bahkan kurang, buah strawberry sudah dapat dipanen. Semuanya bergantung dengan bagaimana perawatannya. Tanaman strawberry yang sudah dapat diambil buahnya mempunyai ciri-ciri umum seperti daging buah terasa kenyal serta empuk saat dipegang. Jika digigit mempunyai rasa yang sedikit asam. Kulit buahnya sudah berwarna merah mudah atau merah tua disertai warna tangkai yang agak cokelat kekuningan.

Cara memanen strawberry dilakukan dengan menggunakan gunting khusus atau pisau tajam. Petik buahnya dengan alat tersebut, lalu cuci serta dikeringkan memakai angin. Bila strawberry ingin dijual, kalian bisa membungkusnya menjadi beberapa paket untuk dipasarkan langsung ke agen pemasaran buah atau toko buah-buahan.


Manfaat Strawberry Bagi Tubuh

Buah strawberry dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat karena berbagai kandungan sehat di dalamnya. Beberapa manfaat strawberry untuk tubuh antara lain sebagai berikut.


  • Bagus untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat straberry yang pertama ialah untuk menurunkan berat badan. Stroberry mempunyai kalori yang cukup rendah serta tidak mengandung sodium, gula atau lemak. Tidakhanya itu karbohidrat yang terkandung di dalamnya, hanya berjumlah dari setengah roti saja. Dengan demikian, kalian bisa menjadikan strawberry sebagai menu andalan di kala diet sedang berlangsung.


  • Bagus untuk Pencernaan

Strawberry juga bagus untuk kesehatan pencernaan. Buah yang satu ini mempunyai kandungan seberat 2 gram serat per takaran. Dengan mengonsumsi strawberry, kalian bisa mencegah kontipasi serta peradangan yang terjadi pada usus. Konsumsi strawberry juga bagus untuk mencegah diabetes tipe-2 karena dapat memperlambat proses pencernaan serta penyerapan gula dalam darah.


  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat strawberry yang selanjutnya ialah untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Dengan 2 mangkuk strawberry saja, kalian sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan jenis vitamin ini. Vitamin C dikenal sebagai vitamin yang bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta melawan beragam jenis penyakit. Uniknya lagi, antioksidan dalam buah strawberry juga mampu bekerja secara lebih cepat dan sudah siap dalam aliran darah.


  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan. Dengan mengonsumsi strawberry, kalian bisa meningkatkan kesehatan jantung sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Buah yang satu ini juga bagus untuk mencegah peradangan yang secara tidak langsung mampu melindungi organ vital jantung.


  • Menyehatkan Mulut

Dalam menjaga kesehatan mulut, kalian bisa memanfaatkan kandungan sehat dalam buah strawberry. Buah yang satu ini mampu bertindak sebagai zat yang akan menghilangkan serta mengikis noda yang menempel di permukaan gigi. Agar hasilnya bagus, kalian dapat makan strawberry secara rutin supaya gigi nampak lebih putih, bau mulut hilang, napas menjadi lebih segar.


  • Mencegah Kanker

Strawberry mengandung banyak vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, kandungan berupa vitamin A, C serta Enya mampu melumpuhkan sel kanker dalam tubuh. Buah yang satu ini juga dapat mencegah terjadinya leukimia. Leukimia ialah salah satu penyakit kanker mematikan yang sebaiknya diwaspadai.

Selain beragam vitamin yang menyehatkan, strawberry juga mempunyai kandungan antioksidan yang sama tingginya. Kandungan dari antioksidan pada strawberry akan tetap tinggi walaupun sudah diolah menjadi bentuk lain misalnya jus ataupun selai. Strawberry juga mempunyai kandungan berupa senyawa asam ellagik serta kuersetin yang bisa menghambat beragam pertumbuhan kanker seperti kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat hingga kanker hati.


  • Obat Jerawat

Jerawat mengganggu serta ingin segera disingkirkan? Maka kalian bisa menggunakan strawberry untuk solusinya. Manfaat strawberry sangat menolong terutama untuk meningkatkan percaya diri karna dapat menghilangkan jerawat di wajah.


  • Menghaluskan Kulit

Selain ampuh dalam mengatasi jerawat, strawberry juga bagus digunakan dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya cukup mudah yaitu dengan menjadikan buah ini sebagai lulur saat mandi. Untuk mendapatkan manfaat yang lain, kalian bisa mencampurkan strawberry dengan susu juga minyak zaitun. Dengan campuran bahan tersebut, kulit yang cerah serta haluspun bisa kalian dapatkan.


  • Mencegah Terjadinya Radang serta Alergi

Khasiat strawberry selanjutnya ialah untuk mencegah terjadinya radang serta alergi. Buah yang satu ini mempunyai kandungan gula yang rendah sehingga cocok untuk penderita diabetes. Buah ini juga bagus digunakan dalam mengatasi encok serta radang sendi.


  • Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Usia seseorang serta nutrisi yang diasup sehari-hari bisa mempengaruhi kesehatan mata seseorang. Dengan adanya kandungan sehat dalam strawberry yaitu antioksidan, maka kesehatan mata bisa lebih terjaga serta menjauhkan kalian dari berbagai serangan penyakit.


  • Bagus untuk Kesehatan Otak

Khasiat yang ini pas untuk semua orang dari berbagai usia. Dengan memakan strawberry yang mengandung vitamin C, maka radikal bebas penyebab penurunan kondisi fungsi otak akan bisa dicegah.


  • Menjaga Tingkat Tekanan Darah

Strawberry mengandung potasium yang bagus dalam menjaga tingkat tekanan darah dalam tubuh. Buah ini juga bisa dijadikan sebagai buah sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam satu mangkuk strawberry saja, kalian sudah bisa menemukan 134 miligram potasium yang bagus dalam menjaga tekanan darah.


  • Mencegah Penuaan Dini

Strawberry mampu menjaga kesehatan kulit sehingga membuat kalian nampak lebih cantik serta menawan. Buah yang satu ini bagus dalam mencegah kerutan serta menjaga tingkat elastis kulit yang akan membuat kalian nampak lebih awet muda. Buah ini pun mengandung Ellagic Acid yang bisa melindungi kolagen supaya tidak mudah rusak.


  • Mengurangi Peradangan Pada Sendi

Khasiat strawberry lainnya ialah untuk mengurangi peradangan pada sendi yang dapat menyebabkan arthritis serta dapat memicu penyakit jantung. Penelitian yang telah dilakukan di Harvard School of Public Health menunjukkan jika perempuan yang mengonsumsi 16 buah strawberry per minggu mempunyai kemungkinan 14 persen lebih kecil mengalami peradangan.


  • Bagus untuk Kehamilan

Strawberry mempunyai banyak manfaat bahkan bagi seorang wanita dalam masa kehamilan. Buah yang satu ini mempunyai banyak kandungan folat serta vitamin B yang dapat membantu dalam mencegah bayi lahir cacat hingga membantu perkembangan otak serta tengkorak bayi. Pada masa kehamilan, wanita hamil juga harus mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya untuk kesehatan janin di dalam rahim.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 3 Cara Menanam Strawberry Dalam Polybag Serta Manfaatnya! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: