Jenis Burung Macaw yang Populer dan Bagus untuk Peliharaan

Diposting pada

Jenis Burung Macaw yang Populer dan Bagus untuk Peliharaan_ Pencinta burung, terutama yang eksotik, sudah tidak asing lagi dengan macaw. Burung ini memiliki bulu yang indah, warna yang mencolok, badan yang besar, dan suara yang nyaring. Namun untuk memilikinya, Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam. Pasalnya, burung ini dinilai tidak sembarangan.

Jenis Burung Mancaw

Popularitas burung ini menghadirkan dilema tersendiri. Karena banyak yang ingin mengklaimnya, permintaan burung ini terus meningkat. Jumlah mereka juga sedikit dan termasuk Jenis Burung Langkah. Banyak macaw harus dipindahkan secara paksa dari habitat aslinya dan kemudian diperdagangkan secara ilegal.

Namun, pemeliharaan Ara tidak sembarangan. Hanya orang tertentu yang bisa melakukan itu. Berikut ini jenis-jenis macaw yang populer dan sering dijadikan hewan peliharaan.


Millitary Macaw

Perhatikan wajah militer di Makau. Jika Anda melihat lebih dekat, wajahnya menyerupai seseorang yang serius dan percaya diri. Oleh karena itu disebut militer Makau.

Military Macau agak mirip dengan Buffon Macau, tapi bentuk kepala militer Macau lebih panjang dan warna pipinya merah dan terlihat bengis.

Yuk Baca Juga: 13 Jenis Burung Kakatua Beserta Gambar dan Habitat Aslinya


  • Noble Macaw

Noble Macaw

Noble macaw merupakan salah satu jenis macaw yang berukuran kecil atau bisa disebut berukuran mini karena jenis macaw ini berukuran kurang dari setengah ukuran kebanyakan macaw, tingginya sekitar 12 inchi.

Jika kalian ingin mengetahui jenis burung kecil lainnya bisa kik disini.

Burung Makau ini juga dikenal sebagai macaw berbahu merah karena polesannya yang merah pada kedua sayapnya.


  • Scarlet Macaw

Scarlet Macaw

Jika Anda terbiasa melihat pertunjukan burung atau atraksi burung dengan Jenis Burung Berparuh Bengkok, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Scarlet Macaw. Warna-warna berbeda ini bagus untuk beberapa penghobi burung.

Burung ini merupakan burung yang digemari para peternak dan sangat diminati masyarakat karena warnanya yang cerah. Burung ini juga bisa dijinakkan.


  • Severa Macaw

Severa Macaw

Jika dilihat sekilas, burung macaw Severa mirip dengan burung macaw militer. Perbedaan yang mencolok terletak pada lambangnya. Lambang macaw militer berwarna merah, oleh karena itu lambang macaw Severa berwarna hijau.


  • Yellow-Collared Macaw

Yellow-Collared Macaw

Disebut macaw berleher kuning karena punggungnya berwarna kuning. Warna dominan dari macaw ini berwarna hijau dengan muka putih dan ada blacklist di kepala.


Harga Macaw

Harga Macaw bervariasi, ada yang murah, ada yang mahal. Itu semua tergantung jenis dan kualitasnya. Harga yang saya tampilkan di sini berasal dari beberapa forum dan toko yang pernah saya survei sebelumnya. Harga bisa berubah tergantung umur, kualitas dan jenis.


  • Blue & Gold Macaw

Blue & Gold Macaw

Spesies macaw biru dan emas Macau adalah salah satu macaw paling populer di kalangan hobi karena burung ini banyak tersedia di toko hewan peliharaan atau pasar burung. Makau di Indonesia lebih dikenal dengan macaw biru dan kuning atau arauna.

Burung macaw jenis ini bisa tumbuh hingga tiga kaki. Seperti namanya, burung ini memiliki warna dominan biru dan kuning pada tubuhnya dan termasuk Jenis Burung Terindah. Di alam liar, burung ini hidup di hutan berupa rawa-rawa atau tempat yang dekat dengan sumber air. Keluarga macaw ini membuat sarang di sekitar lubang pohon.


  • Buffon’s Macaw

Buffon’s Macaw

Buffon Macau dikenal sebagai salah satu spesies macaw yang langka. Burung ini asli Nikaragua, Kolombia, Ekuador, dan Costa. Burung Makau jenis ini memiliki satu ciri khas yang mudah dikenali yaitu jambul kecil di kepalanya, tepat di atas paruh jambul berwarna merah cerah yang mudah kita lihat.

Baca Juga: Mengena Jenis Burung yang Di Lindungi Di Indonesia Lengkap!


  • Green Winged Macaw

Green Winged Macaw

Dinamakan Green Winged Macaw karena memiliki garis-garis hijau pada sayapnya. Jika Anda melihatnya, burung bersayap hijau mungkin terlihat seperti burung merah di Makau. Burung ini juga termasuk Jenis Burung Langka dari Makau. Salah satu penyebabnya adalah siklus reproduksi yang sangat lambat.

Macaw bersayap hijau hanya dapat bertelur selama kurang lebih 6 tahun, dan setelah bertelur satu atau dua telur dapat bertelur. Kemudian burung ini bertelur lagi 9 bulan kemudian. Hal tersebut dikemukakan oleh para peternak burung di Makau.


  • Hyancinth Macaw

Hyancinth Macaw

Pernahkah Anda melihat film animasi Rio? Sekarang karakter dengan nama blu adalah karakter dari tipe Hyancinth Macaw. Burung ini dikatakan termasuk burung langka dan sulit berkembang biak karena sifatnya yang agresif. Memang benar bahwa spesies ini sangat terancam punah dan meskipun upaya telah dilakukan untuk membiakkannya sebagai penangkaran di Cekoslowakia, pengelolaannya cukup sulit.

Baca Juga: Jenis Burung yang Cepat Gacor Wajib Kalian Pelihara Dirumah

Selain sangat sulit dijinakkan burung macaw jenis ini, ukuran dan kekencangannya juga luar biasa. Dengan ukuran tubuh sekitar. 1 meter dan daya gigit 150 kg / m², peternak agak kewalahan.


  • Illiger’s Macaw

Illiger’s Macaw

Makau tipe Illiger adalah jenis macaw yang berukuran kecil. Macaw ini hanya tumbuh hingga kira-kira. 43 cm.

Jenis makanan ini lebih mudah dijinakkan daripada jenis makanan lain, tetapi kurang populer di kalangan hobi, mungkin karena warnanya yang kurang cerah dan sifatnya yang terlepas dan moody.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Jenis Burung Macaw yang Populer dan Bagus untuk Peliharaan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: