Jenis Burung Gelatik

Berbagai Jenis Burung Gelatik yang Ada Di Indonesia Lengkap

Diposting pada

Berbagai Jenis Burung Gelatik yang Ada Di Indonesia Lengkap_ Burung gelatik merupakan salah satu burung yang saat ini diminati oleh para pecinta burung kicau di Indonesia.

Bukan hanya karena bentuk tubuhnya yang indah, tentunya suara kunci inggrisnya cukup bagus dan layak untuk diikutkan dalam berbagai perlombaan baik regional maupun nasional.

Jenis Burung Gelatik

Gelatik sendiri tidak hanya disukai oleh para penggemar Jenis Burung Kicau. Namun, kolektor juga menginginkan burung ini dikoleksi di rumah.

Ada berbagai macam gelatik di Indonesia, misalnya gelatik batu atau wingko gelatik. Selain itu, ada juga spesies burung pipit putih dan juga java sparks.

Dari segi fisik, jenis gelatik tidak jauh berbeda. Namun dari segi warna, bulu itu sendiri merupakan ciri khas masing-masing jenis.


Gelatik Batu

gelatik Batu atau biasa di kenal dengan Wingko gelatik memiliki nama latin Parus Major. Umumnya burung jenis ini berukuran panjang kurang lebih 13 cm dengan warna dominan putih, abu-abu dan hitam.

Biasanya kepala burung gelatik jantan berwarna hitam pekat, sedangkan pada burung pipit betina memiliki corak abu-abu di bagian kepalanya.

Dari berbagai jenis Burung, gelatik sering disukai karena sifatnya yang sangat aktif. Selain itu, suara Gacor sangat bagus. Nah, buat kamu yang suka banget memelihara gelatik, cowok yang satu ini patut diolesi.


  • Gelatik Jawa

Gelatik Jawa

Jenis gelatik berikutnya yang juga tak kalah bagus dan terkenal adalah gelatin jawa. Jenis gelatin ini memiliki nama latin oryzivora.

Dibandingkan dengan jenis gelatik sebelumnya, postur gelatik jawa ini sekitar 6 inchi. Karena khasiatnya, ia memiliki warna merah kecokelatan di bagian perut.

Ia juga memiliki lingkaran merah di sekitar mata dan rambut coklat dan abu-abu di tubuh. Patut diperhatikan bahwa burung pipit jawa merupakan jenis burung pemakan buah-buahan, biji-bijian, dan juga serangga sama dengan burung lainnya seperti Jenis Burung Kacer, nuri dan jalak.


  • Gelatik Silver

Gelatik Silver

Jenis gelatik berikutnya adalah gelatik perak, yang ditandai dengan paruh merah cerah. Untuk bagian tubuh, gelatin jenis ini berwarna putih, sedangkan dagu, dada dan punggung berwarna abu-abu muda.

Sama seperti jenis gelatik sebelumnya, Silver gelatik memiliki panjang sekitar enam inci.

Warnanya yang cantik dan suara merdu Gacor menjadi salah satu alasan banyak orang tertarik mengoleksi gelatik jenis ini. Nah, buat kamu pecinta burung gelatik , pastikan nggak ketinggalan ya.


  • Gelatik Putih

Gelatik Putih

Meski sama-sama berwarna putih, ternyata gelatik putih ini sangat berbeda dengan gelatin jawa. Jika burung gelatik jawa berwarna tubuh abu-abu dan berkepala hitam, burung pipit putih tidak.

Seperti namanya, gelatik jenis ini memiliki warna bulu yang putih di sekujur tubuhnya.

Selain warna, ciri fisik yang membedakan burung gelatik jenis ini dengan yang lain memiliki varian yang lebih vokal dan warna yang lebih kemerahan di pangkal paruhnya.

Selain itu gelatik putih juga memiliki mata yang tajam dan terang dan saat ini di pasaran gelatik putih banyak dijual dengan harga yang cenderung cukup mahal.

Baca Juga: 12 Jenis Burung Terindah di Dunia Beberapa Ada di Indonesia


  • Gelatik Cokelat

Gelatik Cokelat

Pecinta gelatik pasti sudah tidak asing lagi dengan gelatik jenis ini. Seperti diketahui, ciri khas burung ini didominasi oleh warna krem ​​atau putih agak kekuningan.

Di Indonesia sendiri banyak yang sering menyebutnya Gelatik Holland.

Secara umum sifat fisik gelatik hampir sama dengan gelatik perak dan gelatik belon. Hanya saja warna layarnya sedikit berbeda.

Buat kamu yang berminat mengoleksinya, pastikan kamu menyiapkan dana yang cukup besar karena harga chocolate gel di pasaran cukup tinggi.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Berbagai Jenis Burung Gelatik yang Ada Di Indonesia Lengkap semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: