Jenis Burung Puter

5 Jenis Burung Puter dan Mitos yang Beredar Di Masyarakat

Diposting pada

5 Jenis Burung Puter dan Mitos yang Beredar Di Masyarakat_ Burung komputer sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu kala. Terutama yang tinggal di Jawa dan Bali. Burung peliharaan yang mudah dijinakkan dan suara hiasan gantung membawa rasa damai bagi pemiliknya, yang sangat cocok sebagai hewan yang bersuara. Selain sebagai burung klangenan, bisa juga untuk budidaya / usaha sekaligus hobby.

Jenis Burung Puter

Senang mendengar suaranya, senang mendapat sedikit uang tambahan untuk mengganti makanan yang didapatnya dari menjual anakannya.

Kami dapat menemukan berbagai spesies burung di pasar burung. Tentunya dengan jenis, warna dan kualitas suara yang berbeda. Karena spesies yang berbeda, kami akan menawarkan berbagai jenis burung puter di Indonesia. Berikut penjelasannya:


Jenis Burung Puter

  • Puter Irak

Puter Irak

Putra Irak ini mungkin hampir sama dengan pemintal albino yang telah mengalami mutasi, namun warna pemintal ini lebih beragam, padat dan putih, serta memiliki bulu putih berbentuk leher di lehernya.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Burung Puyuh Beserta Gambar dan Penjelasan


  • Puter Lumut atau Geni

Puter Lumut atau Geni

Burung putih (Streptopelia bitorquata, island collar) atau Java Dederuk, juga dikenal sebagai komputer geni. Komputer lumut ini sangat sulit ditemukan, bahkan perluasan penangkaran atau pembudidayaan kurang mendapat penerimaan masyarakat

Puter Moos atau Puter Geni memiliki warna tubuh khas yang lebih mirip merah bata, dengan kalung berwarna hitam dengan kombinasi putih, kepala agak abu-abu, selaput pelangi oranye, dan kaki berwarna merah. Bunyinya ada 3 not, ada 2 not, kruk kruk … kruk seperti bunyi jenis burung merpati. Burung ini makan dalam bentuk biji.


  • Puter Albino

Puter Albino

Putaran albino sebenarnya sama dengan jenis lokal. Hanya saja pemintal jenis ini pernah mengalami mutasi atau perubahan gen burung, sehingga terjadi perubahan warna bulu dan kulit.

Putri albino ini bercirikan bulu putih dengan kelopak mata merah.

Baca Juga: 12 Jenis Burung Terindah di Dunia Beberapa Ada di Indonesia


  • Puter Lokal

Puter Lokal

Burung puter lokal atau yang juga dikenal dengan sebutan angin puyuh telah ada di Indonesia selama ribuan tahun. Burung lokal memiliki bulu berwarna coklat muda dan kalung hitam melilit lehernya, sedangkan burung ini memiliki anggukan dangkal untuk suaranya sendiri.

Burung pemintal lokal ini merupakan jenis burung yang paling mudah berkembang biak jika dibandingkan dengan Jenis Burung Pleci  karena burung ini mudah beradaptasi dengan lingkungannya.


  • Puter Pelung

Puter Pelung

Puter pelung  jenis ini sebenarnya memiliki banyak kemiripan dengan orang-orang aneh setempat, mulai dari tipe tubuh, tinggi badan, warna bulu, bentuk kaki dan paruh. Hanya saja perbedaan yang paling mendasar adalah pada suara ketika Puter pelung bersuara datar, namun berbeda dengan Puter pelungyang bersuara lebih panjang, santai, namun ritmis.

Baca Juga: 21 Jenis Burung Kicau Terpapuler dan Penjelasannya Lengkap!!


Mitos Burung Puter Beredar Di Masyarakat

Mitos Burung Puter Beredar Di Masyarakat

Burung komputer sebenarnya identik dengan berbagai mitos yang beredar, oleh karena itu ada sebagian orang yang mempercayai mitos tersebut juga. Tak hanya itu, ada beberapa orang yang terus memburu burung, lho.

Mitos utama dari burung komputer adalah ia dapat membawa banyak makanan. Soal nutrisi sebenarnya tergantung dari usaha dan kemampuan pemiliknya untuk mendapatkan nutrisi, namun ada juga yang percaya dengan mitos ini.

Jika sebelum mitos pertama bisa memberi nutrisi, itu berbeda dengan mitos kedua ini. Mitos kedua yang harus Anda ketahui adalah bahwa Anda dapat menambahkannya di rumah. Baca Juga: Jenis Burung Perkutut dan Perbedaan Perkutut Jantan serta Betina

Apalagi buat kamu yang punya banyak hewan peliharaan, hewan yang satu ini bisa dijadikan hewan peliharaan juga. Sayangnya, tidak banyak orang yang menyadari bahwa burung laba-laba sebenarnya bisa dijadikan bisnis jika Anda serius.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 5 Jenis Burung Puter dan Mitos yang Beredar Di Masyarakat semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: