Penyakit Burung Lovebird dan Cara Penyembuhannya

12 Penyakit Burung Lovebird dan Cara Penyembuhannya Beserta Gambar Lengkap

Diposting pada

12 Penyakit Burung Lovebird dan Cara Penyembuhannya Beserta Gambar Lengkap _Lovebird adalah jenis lagu yang saat ini sedang diangkat. begitu banyak orang memelihara burung berwarna indah ini. Baik itu tentang menjadi burung peliharaan di rumah atau dibudidayakan.

Penyakit Burung Lovebird dan Cara Penyembuhannya

Membuat burung beo sangat menyenangkan dan tentunya memiliki kelebihan tersendiri. Sebelum Anda memelihara burung ini, atau sebelum Anda membesarkannya, Anda harus mengetahui kondisi burung itu.

Jadi, pertama-tama Anda perlu mengetahui kesehatan burung Anda, jenis-jenis penyakit yang sering menyerang, dan cara-cara untuk menangani penyakit-penyakit ini. Karena burung lovebird terkadang terkena penyakit yang dapat menyebabkan kematian burung ini.

Baca artikel berikut dengan seksama untuk lebih memahami apa penyakit itu dan bagaimana cara menyembuhkannya.


Penyakit Burung Lovebird dan Cara Penyembuhannya

  • Penyakit Mata atau Snot

Penyakit Mata atau Snot

Jangan meremehkan penyakit mata di Lovebird atau sering disebut ingus. Bahkan jika itu tidak terlihat terlalu berbahaya, penyakit ingus dapat berakibat kematian jika tidak diaktifkan. Penyakit ini ditandai dengan keluarnya cairan yang tidak biasa di mata Lovebird. Seringkali hanya satu mata yang terkena penyakit ingus. Jika parah, keduanya terkena penyakit yang sama.


  • Cara Penyembuhan atau Perawatan

  1. Lovebird dijauhkan dari burung lain karena ia menular.
  2. Hentikan proses mandi dan pengeringan Lovebird. Jika Anda ingin menutup Lovebird, ini harus dilakukan secara singkat, sekitar 1-2 jam di pagi hari. Tempatkan Lovebird di tempat yang tenang dalam kondisi kandang (setengah) sehingga tidak langsung terkena angin.
  3. Berikan antibiotik Lovebird dan vitamin (setiap hari dalam air minum) untuk memulihkan kondisi Lovebird. MGS Bird Farm menawarkan antibiotik dalam bentuk suntikan dan telah membuktikan keefektifannya.
  4. Menawarkan obat ingus khusus (salep Cyndocentrol), yang tersedia di toko burung terdekat. Obat itu bisa dioleskan ke mata Lovebird dengan saputangan. Anda juga bisa memberikan tetes mata Tanpa Snot sehingga mata Lovebird tidak menjadi bengkak dan berair lagi.
  5. Pemberian obat tetes mata Alletrol, tetes mata Vitobel, Erlamycetin Chloraphenicol (salep mata) dan tablet Tonyas murni.
  6. Menawarkan tetes ingus organik yang telah terbukti efektif dalam mengobati penyakit ingus di Lovebird.
  7. Menawarkan biji-bijian makanan seperti millet merah, millet putih dan ramuan kenari. Plus, makanan tambahan, seperti makanan telur dan jagung. Oh ya, Anda harus, pakan bayam air akan berhenti dulu.
  8. Kotoran di dalam kandang harus selalu dibersihkan secara teratur. Sebagai tindakan keamanan, Anda bisa menyemprotkan air daun sirih rebus ke kandang. Tujuannya adalah untuk membunuh bakteri sehingga mereka tidak berkembang biak di kandang.
  9. Anda sendiri harus selalu mengenakan sarung tangan untuk menghindari bakteri yang menyerang Lovebird.

  • Penyakit Pernapasan

Penyakit Pernapasan

Masalah pernapasan dengan Lovebird ditandai dengan keluarnya cairan yang tebal di lubang hidung. Sebagai aturan, Lovebird juga sering membuka paruhnya karena kesulitan bernafas. Penyakit ini disebabkan oleh penyebaran bakteri E-Coli dan virus Mycoplasma, yang umum terjadi pada buah-buahan dan sayuran. Sebelum Anda memberi makanan sayur atau buah, Anda harus mencucinya terlebih dahulu.


  • Cara Penyembuhan dan Penanganan

  1. Lovebird yang sakit harus dipisahkan dari burung lain agar tidak menular.
  2. Bersihkan kandang secara teratur, semprotkan air matang pada daun sirih jika perlu, agar bakteri mati. Anda juga bisa mengganti daun sirih dengan tembakau atau cengkeh.
  3. Pasokan harian makanan bergizi dan vitamin.
  4. Jangan lupa untuk membersihkan buah dan sayuran sebelum memberikannya ke Lovebird.

  • Penyakit Kutu

Penyakit Kutu

 Lovebird, yang jarang mandi, bisa terkena kutu. Terutama jika kandang jarang dibersihkan, kutu di bulu lovebird lebih nyaman untuk berkembang biak. Lovebird, yang terinfeksi oleh kutu, terlihat gelisah dan sering mematuk bulunya sendiri. Selain itu, Lovebird tidak ingin tenang dan akan selalu sibuk di kandang.


  • Cara Penyembuhan dan Penanganan

Anda bisa menyemprotkan air rebusan daun sirih pada bulu Lovebird. Pertama siapkan 6-10 lembar daun sirih, 1 sendok kapur sirih dan semprot. Kemudian rebus daun sirih dan kapur sirih dalam 2 liter air. Kemudian biarkan air rebusan menjadi dingin dengan sendirinya dan tambahkan ke semprotan. Akhirnya, semprotkan air ke tubuh Lovebird hingga basah kuyup dan bilas dengan air bersih.


  • Penyakit Bubul

Penyakit Bubul

Ilustrasi penyakit Bubul di kaki Kepulauan Canary. Penyakit Bubul sering menyerang bagian kulit Lovebird. Akibatnya, kulit burung lovebird, terutama kaki, terlihat bengkak, kuku meregang tidak wajar, dan sisik pada kaki menjadi lebih luas.


  • Cara Menghindari Serangan Jantung

Lakukan sekali sehari. Bagaimana saya mendapatkan kembali penglihatan saya dalam 2 minggu. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylo coccus yang hidup di kandang. Karena itu, mulai sekarang, bersihkan kandang secara teratur agar burung kesayangan Anda tidak terserang berbagai jenis penyakit.


  • Cara Penyembuhan dan Penanganan

Anda bisa menyembuhkan kaki Lovebird yang terinfeksi Bubul dengan memberikan obat merah. Anda juga dapat memberikan obat anti-kutu di kakinya. Jangan lupa membersihkan kandang, terutama tempat duduk dan bagian bawah kandang.


  • Penyakit CacarPenyakit Cacar

 Penyakit cacar / Cacar / Patek disebabkan oleh beberapa virus cacar. Virus ini tidak hanya menginfeksi Lovebird tetapi juga spesies burung lain seperti elang, burung hantu, burung gereja, ayam dan kalkun. Selain itu, cara virus ini bekerja sangat mengesankan. Ini merangsang lapisan atas kulit untuk tumbuh dengan cepat. Ini menyebabkan jaringan baru mati seketika dan membentuk kutil. Virus cacar itu sendiri dapat memasuki tubuh Lovebird melalui berbagai mediator, termasuk nyamuk yang terinfeksi, lalat, burung yang terinfeksi, permukaan kulit atau selaput lendir, dan air dan makanan yang terkontaminasi. Cacar dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu kering (permukaan kulit) dan basah.


  1. Penyakit Cacar kering

 Penyakit ini menyerang kulit, seperti kutil yang muncul di mata, pangkal paruh, dan kaki. Lovebird, yang terkena penyakit ini, terlihat lamban, mengurangi nafsu makan, sesak napas, dan masalah penglihatan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Lovebird dapat pulih seperti sebelumnya (2-4 minggu proses penyembuhan) asalkan dia bisa makan dan mengonsumsi vitamin.


  1. Penyakit Cacar basah

 Dengan cacar, penyakit diindikasikan dengan adanya bintik-bintik putih atau plak yang berkembang di selaput lendir di mulut, tenggorokan, trakea, dan paru-paru. Dengan cara ini hewan peliharaan Anda akan kesulitan makan dan bernafas. Namun, Anda tidak perlu takut, karena penyakit Wetpox lebih sering memengaruhi ayam dan kalkun domestik, bukan Lovebird.


  • Cara Penyembuhan dan Penanganan

  1. Pisahkan unggas yang terinfeksi cacar dari unggas lain.
  2. Berikan obat cacar air khusus untuk membunuh virus.
  3. Berikan ACC Blue / Blue Medicine untuk Ikan / Getamicin 0,1 persen.
  4. Pasokan harian makanan bergizi dan vitamin.
  5. Bersihkan kandang secara teratur.

  • Penyakit NyiletPenyakit Nyilet

Penyakit Nyilet ditandai oleh tubuh lovebird yang kurus, daging dada yang menyusut dan sternum mengecil. Banyak orang menyebutnya dada yang tajam atau tajam. Dalam ikhtisar, Lovebird, yang membuat Nyilet sakit, payudara tampak menonjol atau menonjol di dada. Penyebab penyakit Nyilet sering diidentifikasi karena kekurangan gizi, yang tidak selalu terjadi. Lovebird Nyilet juga dapat disebabkan oleh gondong, kurangnya porsi makanan, keracunan logam berat, masalah paruh, gangguan parasit (cacing gelang, Giardia, lalat, kutu dan tungau kulit), infeksi (bakteri, jamur dan virus) dan beberapa penyakit lain seperti PDD (Penyakit Dilatasi Proventrikular)), Aspergillosis, psittacosis, tuberkulosis unggas, kandida, poliamik unggas dan WNV (West Nile Virus).


  • Cara Penyembuhan dan Penanganan

  1. Burung ditempatkan di dalam kandang yang telah dikurung (dikarantina).
  2. Berhenti mandi dan jemur.
  3. Dia memasok obat-obatan khusus seperti Spirulina Nyilet dan Megabac dan mengatakan merek yang paling efektif adalah Megabac.
  4. Bersihkan kotoran burung setiap hari.

  • Penyakit TeteloPenyakit Tetelo

 Penyakit tetelo adalah penyakit yang menyerang sistem saraf burung. Biasanya, sifat-sifat Lovebird yang terkena penyakit Tetelo sering menggelengkan kepala mereka seperti stroke.


  • Cara Penyembuhan dan Penanganan

  1. Hentikan proses mandi dan pengeringan Lovebird. Jika Anda ingin menutup Lovebird, Anda harus melakukan ini sekitar 1 jam di pagi hari.
  2. Tempatkan Lovebird di tempat dengan kebisingan minimal di Dikerodong (setengah) untuk menghindari terkena angin langsung.
  3. Makanan bergizi dan vitamin harian, serta obat-obatan neurologis khusus yang dijual di toko burung terdekat.

  • Penyakit Kaki LemasPenyakit Kaki Lemas

Beberapa orang pasti menemukan kaki Lovebird yang tiba-tiba lemas sehingga mereka tidak bisa duduk di lantai. Lovebird, yang kakinya lemah, lebih sering masih di lantai kandang, dan yang berkicau kurang kuat.


  • Cara Penyembuhan dan Penanganan

Pertama, Lovebird dipisahkan dari spesies burung lainnya. Kemudian remas kaki lovebird dengan air hangat dan pijat kaki lovebird dengan minyak tawon. Anda bisa melakukan perawatan ini dua kali sehari. Oh ya, jangan lupa melepas pergelangan tangan Lovebird selama proses penyembuhan.


  • Penyakit Berak KapurPenyakit Berak Kapur

Lovebird, yang menderita kotoran kapur, kursi tampak putih seperti kapur. Terkadang kotoran Lovebird menjadi berair dan berbau tidak sedap.


  • Cara Penyembuhan dan Penanganan

Anda dapat menyembuhkan Lovebird Lime Defecation dengan meletakkan bawang putih dalam potongan kecil. Bawang putih yang Anda berikan tidak perlu terlalu banyak, cukup setengah cengkeh. Anda juga dapat mencoba obat lain seperti tetra klorin.


  • Penyakit StressPenyakit Stress

Tidak hanya manusia, Lovebird juga bisa stres. Stres muncul karena Lovebird hidup dalam kurungan terlalu lama. Padahal, Lovebird adalah burung yang suka hidup berpasangan. Saat Anda sedang stres, Lovebird biasanya suka menarik bulunya sendiri.


  • Cara Penyembuhan dan Penanganan

Jika lovebird Anda masih lajang, Anda dapat menemukan pasangan untuk mereka. Ini penting karena Lovebird juga suka mereproduksi. Jangan lupa membuat tempat tidur yang nyaman karena Lovebird menyukai sangkar dengan kayu berlubang di dalamnya.


  • Penyakit Egg BindingPenyakit Egg Binding

Mengikat telur adalah proses bertelur yang tidak lengkap, sehingga telur lovebird saling menempel. Ini berbahaya karena dapat membunuh lovebird betina.


  • Cara Penyembuhan dan Penanganan

Jika Lovebird Anda mengikat telur, Anda hanya bisa menyembuhkannya dengan minyak goreng. Caranya adalah dengan memasukkan 1-0,5 ml minyak goreng ke dalam spet (sejenis injeksi untuk membebani), lalu pegang Lovebird di punggungnya dan celupkan atau celupkan minyak ke mulut Lovebird. Tidak hanya mulut, tetapi juga anus dijatuhkan dengan minyak goreng dan dipijat perlahan sambil menekan sesekali. Kemudian Lovebird dimasukkan ke dalam sangkar (digantung) dan kemudian diangkat sehingga ia tetap sampai besok.


  • Penyakit Lesu atau LemasPenyakit Lesu atau Lemas

 Terkadang seekor lovebird yang kurang fit terlihat lamban atau lemah. Jika demikian, Lovebird biasanya malas untuk berkicau dan bekerja dengan tenang di dalam sangkar.


  • Cara Penyembuhan dan Penanganan

Jika lovebird Anda terlihat lamban dan lemah, Anda bisa memberikan obat spektrum atau obat lesu di toko obat burung. Setelah perawatan, Lovebird dikeringkan lebih lama di bawah sinar matahari, dimandikan di pagi dan sore hari, diberi sayur dan buah 3-5 kali seminggu dan memasukkan 5-8 tetes vitamin ke dalam air minum.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 12 Penyakit Burung Lovebird dan Cara Penyembuhannya Beserta Gambar Lengkap semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: