Jenis Burung Anis

Jenis Burung Anis atau Punglor yang Memiiki Suara Merdu!!

Diposting pada

Jenis Burung Anis atau Punglor yang Memiiki Suara Merdu!! _Burung Anis atau punglor merupakan salah satu burung pekicau yang memiliki suara merdu. Karena kecantikannya inilah, banyak orang yang menganggap Anis sebagai penghibur. Suaranya yang indah juga membuat burung ini menjadi mahal saat diperdagangkan.

Padahal, nama Anis tidak hanya merujuk pada satu jenis burung, melainkan Sejenis Burung Kecil berukuran sekitar 23 cm yang sangat gemar berburu cacing. Di negara tetangga, burung ini juga dikenal dengan nama cacing. Nah, berikut saya akan menjelaskan jenis burung Anis apa saja yang bisa ditemukan di Indonesia.


Anis Hutan

Zoothera andromedae atau Anis Hutan memiliki sifat fisik seperti Anis Macan “Ampenan”. Namun ada juga yang mengatakan jenis Anis ini seperti Anis sisik. Namun karena kelangkaan Anis, hutan ini jarang dicari oleh para kicau mania.

Di Indonesia sering terdapat hutan Anis di sekitar Gunung Pangrango di Jawa Barat. Tapi banyak juga yang menemukannya di pulau Sumatera.

Untuk penyebaran luas Anis jenis ini. Selain di Jawa Barat juga banyak terdapat di pulau Sumatera, Filipina dan Malaysia.


  • Anis Enggano

Anis Enggano

Anise Enggano ternyata memiliki jenis Anisyang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Nama punglor atau anise enggano mungkin belum banyak dikenal oleh pecinta Jenis Burung Diberbagai Dunia. Tapi Anis Enggano adalah salah satu kicauan dengan suara merdu. Bahkan ada yang mengatakan punglor ini mirip dengan anise kembang. Jenis  burung anis  ini berada di Pulau Sumatera dan Mentawai.


  • Anis Gading

Anis Gading

Turdus poliocephalus atau Punglor Gunung merupakan salah satu spesies Anis terbesar. Namun variasi kicau burung Anis Gading kurang beragam atau monoton. Jadi orang Pecinta Jenis Burung kicau di Indonesia tidak terlalu menyukainya.

Burung pungy jenis ini banyak ditemukan di berbagai wilayah Asia, Asia Tenggara, bahkan di pulau-pulau di Pasifik. Beragam Anis juga tersebar di beberapa wilayah Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku, bahkan Timor Leste.


  • Anis Sulawesi

Anis Sulawesi

Punglor atau Anis yang berasal dari Sulawesi memiliki bentuk yang unik. Ciri khas Punglor Sulawesi ini memiliki paruh berwarna merah yang tebal, suara yang unik dan jurus yang panjang.

Ada 4 jenis Punglor Sulawesi yaitu:

  1. Tenebrosa Stresemann, 1938 – Sulawesi Selatan.
  2. Abditiva Riley, 1918 – Sulawesi Utara dan Tengah.
  3. Heinrichi Stresemann, 1938 – Sulawesi Timur Laut.
  4. Turdoides Hartert, 1896 – Sulawesi Barat Laut.

  • Anis Buru

Anis Buru

Zoothera dumasi atau Punglor Buru merupakan salah satu jenis Anis yang sifat fisiknya hampir sama dengan Anise Kembang. Namun, Anise Buru memiliki warna dominan coklat di punggungnya dan tubuh yang lebih panjang.

Punglor Buru pertama kali ditemukan di wilayah Maluku atau di sebelah barat Pulau Seram. Punglor Buru dan Punglor Seram juga memiliki banyak kesamaan. Peneliti lokal juga mengatakan bahwa Punglor Seram dan Buru berbeda.


  • Anis Seram

Anis Seram

Zoothera joiceyi atau Anise Seram merupakan salah satu jenis Anis Brung yang memiliki sifat fisik yang hampir sama dengan Anis Buru dan Anis Kembang.

Burung Anis ini hidup di wilayah Pulau Seram. Namun, karena kelangkaannya, Punglor Seram jarang tertarik dengan twitter karena sulit didapat. Suara Anis ini sangat unik dan terkadang mengeluarkan kicauan “tseep” rendah yang mudah terlewatkan saat terbang dengan suara “tsree-tsree”.

Baca Juga: Cara Merawat Burung Kenari dan Melatih Mentalnya Lengkap!!


  • Anis Tanimbar

Anis Tanimbar

Zoothera schistacea atau Punglor Tanimbar merupakan salah satu jenis Anis yang hidup di Pulau Tanimbar.

Akibat serangan hutan dan perburuan burung-burung ini, populasinya menjadi semakin kecil dan jarang tertarik pada kicau karena tidak ada kelas kompetitif.


  • Anis Merah

Anis Merah

Anis merah merupakan jenis burung yang paling populer di antara burung Anis lainnya. Hal ini dikarenakan keistimewaan yang dimilikinya, seperti kicauan yang melodius dan berbagai gaya rajam saat bernyanyi. Burung Inis Juga termasuk Jenis Burung Terindah diberbagai negara loh sobat.

Anis merah (Zoothera citrina) tersebar luas di beberapa wilayah Asia dan terdiri dari 11 subspesies yang salah satunya hidup di pulau Bali dan Jawa yaitu Zoothera citrina rubecula.

Sedangkan 10 subspesies Punglor Merah lainnya tersebar mulai dari India, Himalaya, Sri Lanka, Thailand, Myanmar hingga Malaysia. Bahkan salah satu subspesies Zoothera citrina sudah beberapa kali ditemukan di Pulau Kalimantan dekat perbatasan Indonesia-Malaysia. Namun, diyakini bahwa jenis Anis ini ditemukan pada subspesies Zoothera citrina aurata, yang sering melintasi atau berpindah ke perbatasan dari Gunung Kinabalu Malaysia.


  • Anis Kembang

Anis Kembang

Ketenaran Anis Kembang sesuai dengan Anisr Merah. Keahliannya dalam menyanyikan kicauannya luar biasa, sehingga suara dasarnya sangat merdu untuk dinikmati. Apalagi bila kicauan dibawakan dengan retakan yang sangat merdu.

Jenis Punglor Kembang / Anise Kembang (Zoothera interpres) di Indonesia terdapat di pulau Jawa, Lombok, Sumatera, Kalimantan, Sumbawa dan Flores. Banyak digunakan di negara lain seperti Malaysia, Thailand dan Filipina. Burung anise flower jenis ini memiliki postur tubuh yang mirip dengan anise merah.

Namun, ada beberapa hal yang berbeda:

  1. Bentuk bola mata dan paruh bunga Anis sedikit lebih besar.
  2. Warna bunga Anis bermacam-macam.
  3. Bunga Anis memiliki warna yang unik (hitam dan putih oranye pada bulunya).

  • Anis Siberia

Anis Siberia

Sariawan Siberia atau Punglor Siberia ini sangat misterius. Ia memiliki perawakan besar dan bulu hitam. Namun dengan tubuhnya yang besar, Anis jenis ini mampu menghasilkan kicauan yang beragam. Sangat unik dengan gaya bernyanyinya yang ia nyanyikan dengan “setengah tinggi” yang terlihat ke kanan dan ke kiri.

Habitat punglor hitam ini berasal dari Rusia, Cina dan Mongolia. Untuk waktu-waktu tertentu, seperti musim kawin, menggeser “migrasi” ke daerah dengan cuaca hangat, seperti di Asia Tenggara. Anis Siberia sering dilihat oleh penduduk setempat di Jawa dan Sumatera.

Anise siberia atau dalam bahasa lain Zoothera sibrica merupakan salah satu spesies burung dalam famili Turdidae. Anis Siberia memiliki ukuran tubuh sedang sekitar. 23 cm.


  • Anis Sisik

Anis Sisik

Anis sisik merupakan jenis Anis yang dianggap sebagai jenis burung yang tidak berkicau atau hanya berkicau pada tengah malam. Dia hanya sering berkicau “shhh shhh”

Zoothera dauma atau Punglor Sisik awalnya ditemukan oleh beberapa orang di wilayah Mongolia, Siberia, Rusia, Taiwan, Cina, dan Filipina. Namun belakangan, Anis jenis ini juga ditemukan oleh para pemburu burung di kawasan pegunungan Bukit Barisan di Sumatera Utara. Jika anda ingin mengetauhi Jenis Burung Nuri Klik disini.

Awalnya orang-orang ini mengira Punglor Sisik hanya mendaki sementara di musim dingin di tempat asalnya. Namun karena seringnya burung ini terlihat di Pegunungan Bukit Barisan, diyakini burung ini juga hidup di sana.


  • Anis Kuning

Anis Kuning

Anis kuning adalah burung yang termasuk dalam kategori keluarga Zoothera. Burung Anis kuning ini memiliki ciri khas suaranya yang merdu dan gayanya yang unik. Dan ada warna putih di bagian kepala di atas mata.

Turdus obscurus atau Punglor Kayu, tempat asalnya berasal dari daerah Mongolia, Amurland dan Siberia. Mereka biasanya bermigrasi ke Asia Tenggara selama musim kawin. Seperti Indonesia, Taiwan dan Filipina. Kayu Pungor banyak ditemukan di habitat di pulau Kalimantan, Sumatera, dan Jawa.


  • Anis Macan

Anis Macan

Anis macan, Zoothera dohertyi atau Hybrida memiliki warna yang cerah, jika melihat gambar di atas, hampir semua warna Anis dapat ditemukan pada Anis macan. Jenis Anis ini lebih besar dibandingkan dengan anise kembang. Kepala bunga Anis didominasi warna hitam, sedangkan bunga Anis kepala berwarna coklat.

Ampenan aslinya berasal dari pulau Lombok, Sumba, Sumbawa, Flores dan Timor atau biasa. Berbagai suara menarik kicau mania untuk menjaga Anis jenis ini tetap hidup.

Baca Juga: Jenis Burung Lovebird berwarna cantik


  • Anis Cendana

Anis Cendana

Zoothera peronii, atau Anis cendana, sedikit aneh di antara kicauan Indonesia. Variasi suara dan kicauan cukup bagus dan dapat meniru berbagai jenis suara Masteran. Jenis Anis ini memiliki keunikan dalam menyanyi, ya gaya “nungging”. Meski begitu, Anise Cendana tetap menjadi salah satu kicauan mania yang paling populer dijadikan koleksi hewan peliharaan.

Anise cendana hanya terdapat di Indonesia dan terdiri dari 2 subspesies yaitu:

  1. Zoothera peronii audacis (Hartert, 1899) – Timor Leste (dahulu Timor Leste), Pulau Wetar dan Romang Timur hingga Babar.
  2. Zoothera peronii peronii (Vieillot, 1818) – pulau Roti dan Timor Barat.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Jenis Burung Anis atau Punglor yang Memiiki Suara Merdu!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: