Panduan Cara Menanam Kencur Dirumah dan Cara Mengobati Mata Pegal Dengan Kencur

Diposting pada

Panduan Cara Menanam Kencur Dirumah dan Cara Mengobati Mata Pegal Dengan Kencur– Kencur adalah tanaman herbal yang paling umum digunakan sebagai obat herbal oleh orang-orang di Indonesia karena mengandung unsur astrid oil dan alkaloid, yang digunakan sebagai stimulus. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai bumbu makanan dan juga dapat dikonsumsi langsung jika Kencur menyukainya, karena sifat yang diperoleh dari Kencur lebih terasa ketika dikonsumsi langsung.

Karena itu, banyak orang sering menggunakan obat ini dalam kehidupan sehari-hari. Karena bisa juga ditanam oleh petani, tetapi bisa juga ditanam oleh orang pada umumnya. Jika Anda ingin mencoba menanam, Anda dapat melakukannya dengan mempertimbangkan cara menanam Kencur berikut:


Untuk mendapatkan tanaman Kencur yang berkualitas baik, benih Kencur yang berkualitas tinggi juga harus dipilih. Untuk ini kita harus menggunakan rimpang Kencur, yang telah mencapai usia sekitar 10 bulan dan juga memiliki tunas potensial (harus ada 2 tunas potensial). Kemudian rimpang disiapkan sesuai kebutuhan.

Saat menyiapkan rimpang untuk ditanam, benih Kencur akan ditempatkan selama beberapa hari ke depan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung sampai rimpang siap tanam.


  • Persiapan Waktu Tanam

Sebelum menanam, lebih baik menunggu ketika musim hujan sudah mulai. Tujuannya agar air hujan dapat digunakan sebagai alat untuk menumbuhkan tunas Kencur. Karena alasan ini, biji Kencur dapat ditempatkan di beberapa tempat, mis. B. di bidang dengan sinar matahari yang cukup atau dalam pot dan tidak di tempat yang sedikit basah atau terbuka. Dalam hal ini, rimpang tumbuh dalam 1-2 minggu. Rimpang membutuhkan kelembaban tinggi saat tumbuh untuk pertama kalinya.


  • Persiapan Tempat Polybag, Pot dan Tanah

Tanah yang akan digunakan harus dibersihkan dari hama atau rumput yang berada di area yang akan digunakan. Tanah kemudian dicacah dua kali hingga kedalaman 30 cm.

Kemudian masukkan jarak sekitar 2-3 meter antara plot untuk menyesuaikan panjangnya dengan ukuran tanah yang akan digunakan untuk penanaman. Buat bendungan di sekitar tanah agar air dapat dikontrol sambil menambahkan pupuk organik seperti kompos.

Jika Anda ingin menggunakan polybag atau pot, siapkan yang besar. Setelah selesai, isi media tanam dalam bentuk kombinasi tanah dan pupuk organik, atau gunakan tanah dan pasir dalam skala 4: 1. Setelah diisi dengan media tanam, polybag atau pot diletakkan di tempat yang teduh. Tunggu sekitar 1 hingga 2 minggu hingga lantai stabil.


  • Jarak Antar Tanaman Dan Teknik Penanaman

Agar terlihat menarik, rapi dan rapi. Tanaman harus berjarak 80 x 40 cm jika ingin dipanen di usia tua. Hingga 2 biji rimpang Kencur harus ditanam dalam satu media tanam. Untuk penanaman, lubang tanam harus dibuat dengan kedalaman 5 sampai 7 cm dan kemudian ditanami dengan pucuk yang condong ke arah matahari. Perhatikan bahwa jika Kencur ditempatkan secara tidak benar (terbalik, dll.), Pertumbuhan Kencur akan terganggu.


  • Teknik Penyiangan

Untuk menghasilkan tanaman yang baik dan berkualitas, lebih baik memerlukan beberapa teknik untuk merawat tanaman sehingga mereka memiliki standar yang baik. Beberapa hal yang bisa dilakukan saat menanam Kencur adalah sebagai berikut.

  1. Lakukan ini 2-4 minggu setelah tanam atau mungkin tergantung pada kondisi tanaman Kencur itu sendiri.
  2. Selain itu, bisa dua kali sehari di pagi dan sore hari. Ini harus dilakukan ketika tidak hujan. Jika gulma atau hama tumbuh di sekitar tanaman Kencur, Anda harus membersihkannya dengan menariknya keluar.
  3. Saat menggunakan cangkul, yang terbaik adalah memperhatikan posisi inti tanaman sehingga tidak terkena cangkul.
  4. Hati-hati membersihkan tanaman dari hama dan gulma sehingga Kencur Kencur yang ditanam tidak rusak dan siap panen.

  • Memberi Mulsa

Proses menutupi tanah dengan jerami atau ampas tebu.

  • Pemupukan Tanaman Kencur

Dalam proses ini, pemupukan pertama harus dilakukan setelah Kencur memiliki daun yang tumbuh sempurna, atau dalam waktu 4 minggu dengan kompos. Proses pemupukan kedua kemudian dilakukan setelah memasuki usia 3 bulan dengan pupuk yang sama seperti sebelumnya.


  • Penggemburan

Untuk mengendurkannya sebaiknya dicapai bersamaan dengan proses pemupukan kedua atau pada umur tanaman 3 bulan.


  • Pencegahan Penyakit

Rata-rata, tanaman diserang oleh ulat pemakan daun. Namun, ini dapat dikontrol dengan menghapus hama secara manual. Ambil Kencur, yang terinfeksi oleh hama, dan kemudian buang. Hal ini disebabkan oleh ulat Karana Diocles dan ulat Uda Pesfolus yang memakan daun Kencur dengan mengunyahnya.

Namun, perlu juga dicatat bahwa ada banyak hama. Ini juga baik jika diberantas dengan insektisida Nogos 50 EC. Gunakan sesuai dengan penggunaan dan dosis yang ditentukan.


  • Proses Panen Kencur

Setelah masa sulit menanam Kencur, waktu yang paling dinanti telah tiba. Ini adalah proses panen dari tanaman itu sendiri. Daun Kencur, yang sudah mulai mengering dan menghadap ke tanah, merupakan indikasi waktu yang tepat untuk panen. Ini akan terlihat dari usia tanaman Kencur pada usia 9 hingga 12 bulan.

Untuk memanen Kencur, yang bagus dan benar, gunakan garpu yang memungkinkan Anda untuk perlahan dan hati-hati membongkar dan mengangkat tanah di sekitar rumput. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko patah atau rusaknya batang dari tanaman Kencur itu sendiri.

Setelah Anda menghapus tanaman Kencur, lepaskan. Langkah selanjutnya adalah membersihkan lantai di rimpang sampai terlihat cukup bersih. Jika terlihat bersih, pabrik Kencur ditempatkan di keranjang atau karung di penampungan.


Cara Mengobati Mata Pegal Dengan Kencur

Mata yang menyakitkan memiliki banyak penyebab. Ini mungkin karena kurang tidur, iritasi, iritasi atau mata panjang di depan komputer atau laptop.

Untuk mengatasi sakit mata, berikut adalah tips herbal yang bisa dibuat dengan bahan-bahan yang murah dan mudah ditemukan di setiap rumah tangga, yaitu Kencur.

Cara menghadapi Kencur dengan sakit mata adalah:

  • Cara Pertama

  1. Siapkan 1 buah rimpang Kencur segar.
  2. Cuci bersih.
  3. Membagi menjadi 2 bagian.
  4. Gosok permukaan rimpang Kencur yang masih basah ke kelopak mata.
  5. Tunggu beberapa saat untuk respons Anda.

  • Cara Kedua

  1. 1 rimpang Kencul, yang cukup panjang.
  2. Cuci bersih.
  3. Kemudian membaginya menjadi 2 bagian.
  4. Hancurkan Kencur untuk membuatnya halus.
  5. Oleskan ke kelopak mata.
  6. Diamkan selama beberapa menit untuk merespons.
  7. Reaksinya agak panas.
  8. Sensasi terbakar adalah tanda bahwa proses penyembuhan sedang berlangsung di mata.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Panduan Cara Menanam Kencur Dirumah dan Cara Mengobati Mata Pegal Dengan Kencur semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: