Tips Cara Menanam Kencur Dikebun Serta Dalam Pot Lengkap!!

Diposting pada

Tips Cara Menanam Kencur Dikebun Serta Dalam Pot Lengkap!!– Cara menanam Kencur tentu saja diminati banyak orang, terutama mereka yang ingin memiliki kebun ramuan sendiri atau tanaman obat di rumah. Kencur adalah jenis tanaman herbal yang paling umum digunakan untuk membuat obat herbal tradisional dan pengobatan alternatif.

Tanaman ini, dengan nama Latin Kaempferia galanga L, memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menghilangkan darah kotor, mengobati mual dan gas lambung, dan mengobati sakit tenggorokan dan batuk.

Karena ada banyak kegunaan, tidak ada salahnya jika tanaman Kencur selalu siap di rumah. Jika Anda ingin menanam Kencur di rumah, ternyata caranya cukup mudah dan tidak rumit.

Tanaman ini dapat ditanam di media apa pun, bahkan di tanah terbuka atau di ruang sempit seperti pot dan pot. Di bawah ini adalah informasi lengkap tentang penanaman Kencur di tanah dan media pot.

Secara umum, Kencur ditanam di media tanah terbuka. Namun, ini sulit jika petani ingin menanam Kencur hanya di rumah dan dalam skala kecil.


Cara Menanam Kencur Dikebun

Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara menanam Kencur dengan benar ketika media yang digunakan adalah lahan terbuka. Anda dapat menemukan informasi lengkap di sini.


  • Memilih Tanah Yang Terbuka

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih tanah atau membuka lahan untuk menanam Kencur. Kencur harus ditanam di tanah terbuka dan diberi cukup sinar matahari.

Negara juga harus memiliki akses drainase yang baik. Semua ini terkait dengan sifat Kencur, yang sangat sensitif terhadap kelembaban dan sangat rentan terhadap pembusukan.


  • Menggemburkan Tanah

Salah satu hal yang harus diketahui menanam Kencur dengan media tanah adalah proses tanah gembur. Ya, setelah menemukan tanah yang cocok untuk kebutuhan tanaman, tanah perlu dipersiapkan sebelum memberikan biji Kencur, atau singkatnya, tanah perlu dilunakkan.


  • Mengolah Lahan Tanam

Caranya adalah memotong bagian bawah sedalam 20 sampai 30 cm. Busa ini dapat dilakukan 2 hingga 3 kali hingga bagian bawahnya benar-benar longgar.


  • Membuat Petakan Untuk Penyemaian

Langkah selanjutnya adalah membuat plot untuk benih Kencur. Plot dapat dibuat secara paralel dan dipesan dengan lebar sekitar 3 hingga 4 meter (cukup sesuaikan dengan ukuran negara).

Kemudian pisahkan plot dengan parit. Parit tidak hanya membuat tanaman Kencur tidak terlalu dekat satu sama lain, tetapi juga cocok untuk irigasi atau drainase tanaman nanti.


  • Menanam Rimpang Kencur Dalam Galangan

Setelah tanah siap, tanam rimpang Galanga atau biji Kencur. Untuk media tanam dalam bentuk tanah, Kencur Kencur bisa dipilih, yang cukup besar.

Rimpang Galanga harus diperoleh dari tanaman Kencur sehat yang berusia minimal 8 bulan. Banyak orang yang berhasil mempraktikkan cara menanam Kencur dengan memilih rimpang galang yang berkualitas baik.


  • Merawat Tanaman Kencur Dalam Tanah

Saat merawat tanaman Kencur di tanah terbuka, fokus perawatan adalah pada pengendalian hama. Tanah terbuka rentan terhadap hama tanaman, termasuk ulat pemakan daun. Hapus ulat atau hama yang terlihat secara manual. Namun, jika terlalu banyak, gunakan insektisida untuk membuat proses lebih cepat dan lebih efisien.


  • Memanen Kencur Dari Kebun

Setelah Kencur berusia 8 hingga 12 bulan, bisa dipanen. Di Kencur, yang ditanam di tanah, mereka dapat dipanen dengan mencabut tanaman sehingga akar rimpang terlihat. Tarik langsung dengan tangan, atau jika Kencur terlalu besar dan terlalu berat, gunakan alat seperti sabit atau sekop kecil untuk menarik tanaman.


Cara Menanam Kencur Dalam Pot

Untuk tanaman Kencur dalam skala yang lebih kecil dan dapat dilakukan di rumah atau di sekolah, tentunya tidak dapat dilakukan di tanah terbuka. Tenang saja, ramuan yang satu ini juga sangat mudah tumbuh di media tanam kecil seperti pot.

Plastik tanaman ini mudah ditemukan, murah dan tahan lama. Karena alasan ini, banyak orang lebih tertarik untuk menanam atau mengolah tanaman dengan tanah pot. Bagaimana cara menanam Kencur dalam plastik? Lihatlah penjelasan di bawah ini.


  • Membeli Pot Dengan Ukuran Yang Benar

Pot yang cocok untuk tumbuh kencur cukup besar dan memiliki banyak lubang air. Pot yang terlalu kecil mencegah Kencur tumbuh optimal. Jika ini bukan masalahnya, gunakan alternatif lain, mis. B. Kantung residu pupuk berlubang.


  • Mengisi Pot Dengan Tanah

Untuk menanam Kencur dalam pot, Anda perlu mempertimbangkan tanah yang digunakan untuk mengisi pot. Bagian bawah pot harus longgar. Tanah harus dicampur dengan pasir (perbandingan 4 tanah, 1 pasir). Campurkan pupuk kandang atau kompos.


  • Menempatkan Pot Diruang Teduh

Agar pot dengan campuran tanah dapat sepenuhnya siap, itu harus dibiarkan di tempat teduh selama 1-2 hari. Ini membuat campuran tanah stabil dan siap untuk menanam rimpang Galanga di dalamnya.

Tips tentang cara menanam Kencur pada ini sebaiknya tidak dibuat, karena jika tanah memberi rimpang segera tanpa mengendap, Kencur Kencur tidak akan tumbuh dengan baik.


  • Menanam Rimpang Kencur Dalam Pot

Karena pot adalah media tanam terbatas, rimpang yang dipilih atau biji Kencur tidak boleh terlalu besar.

Setiap pot dapat diisi dengan 2 rimpang galanga yang ditanam dalam lubang hingga kedalaman 7-10 cm. Sisakan celah untuk setiap lubang 10 cm. Setelah selesai, letakkan pot di bagian rumah atau halaman yang memiliki akses ke sinar matahari, mis. B. di teras atau dekat jendela.


  • Memelihara Tanaman Kencur Dalam Pot

Perawatan keramik berfokus pada membersihkan gulma yang biasanya tumbuh di sekitar pot. Juga, jangan lupa minum air secara teratur di pagi dan sore hari, dan untuk menghilangkan hama pemakan daun saat mereka muncul.

Ada banyak informasi tentang bagaimana Kencur dapat ditanam untuk membasmi hama ulat bulu, termasuk dengan menggunakan insektisida.


  • Memanen Kencur Dari Pot

Setelah sekitar 7-9 bulan, tanaman Kencur dapat dipanen dalam pot. Karena medianya dalam bentuk penanaman plastik, pot plastik dapat dirobek pada saat panen untuk menghilangkan rimpang Kencur pada akarnya. Ini lebih mudah daripada harus menarik tanaman Kencur.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Tips Cara Menanam Kencur Dikebun Serta Dalam Pot Lengkap!! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: