Cara Menanam Jagung Untuk Pemula

Cara Menanam Jagung Untuk Pemula

Diposting pada

Cara Menanam Jagung Untuk Pemula – Saat ini beberapa petani memilih jagung pertanian / penanaman, selain karena panen cepat atau harga yang cukup tinggi, untuk pemula sehingga Anda tahu cara menanam jagung. Baca artikel di bawah ini.


Cara Menanam Jagung Untuk Pemula

Apa yang Anda menanamnya? Inilah cara menanamnya:

  • Pengolahan Lahan

Sebelum Anda mulai menanam hal jagung yang perlu Anda ketahui adalah pemrosesan lahan. Ini diperlukan karena tanah yang digunakan untuk menumbuhkan jagung memiliki aturannya sendiri. Ada beberapa kondisi yang harus Anda penuhi sehingga Anda dapat menanam jagung. Anda juga perlu mempersiapkannya terlebih dahulu sehingga Anda tidak mengalami masalah saat menanam bibit jagung. Kondisi yang harus Anda penuhi dalam pemrosesan tanaman jagung, yaitu:

  1. Tanah harus mengandung banyak dan nutrisi subur
  2. PH kanan untuk menanam jagung adalah 5.6 – 7.7
  3. Saat membuat tempat tidur, tanah menyebarkan pupuk organik di sekitarnya.

Jika Anda memenuhi syarat untuk pemrosesan lahan, maka Anda bisa mendapatkan jagung dengan kualitas yang baik. Selain itu jagung berkualitas baik dapat meningkatkan nilai jual jagung yang Anda miliki.


  • Pemilihan Varietas

Sebelumnya Anda tahu variasi jagung yang dapat Anda tanam, sekarang Anda harus tahu cara memilih varietas benih jagung. Untuk memilih benih jagung, ini adalah kondisi yang perlu Anda penuhi sebelum membelinya:

  1. Sesuaikan benih yang Anda miliki dengan kondisi tanah yang Anda miliki. Tidak ada gunanya jika Anda berasal dari membeli benih dan menanamnya begitu saja. Inilah yang terkadang merusak semangat pemula jika hasil penanaman tidak terlalu memuaskan.
  2. Perkirakan jumlah benih yang Anda butuhkan di tanah Anda. Cobalah tidak terlalu banyak dalam membeli benih

Hari ini Anda tidak perlu takut untuk mencari benih yang baik karena di toko pertanian sudah memiliki banyak varietas bibit jagung yang unggul.


  • Penanaman Bibit Jagung

Proses ini adalah inti dari budidaya jagung. Proses penanaman akan sangat berpengaruh dengan hasil yang Anda inginkan. Karena itu Anda harus berhati-hati dalam menanam jagung. Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menanam jagung di tanah Anda, yaitu:

  1. Buat tempat tidur di tanah Anda dan beri jarak antara 100 cm x 40 cm
  2. Kedalaman penanaman dalam 3-5 cm
  3. Dalam satu lubang berisi 2 benih jagung
  4. Tutup lubang yang telah diberi benih maka Anda menyiram.

Proses ini memang cukup sederhana, tetapi jika Anda selama itu dapat menyebabkan hasil yang kurang baik atau gagal panen. Karena itu Anda harus serius menanam bibit jagung.


  • Pemeliharaan Tanaman Jagung

Jika Anda menanam jagung, maka Anda harus memelihara tanaman jagung yang Anda miliki. Ada beberapa cara untuk memelihara tanaman jagung yang dapat direkomendasikan untuk Anda, untuk menghasilkan panen jagung yang baik. Inilah cara kebutuhan yang perlu Anda lihat.

  1. Lales, ini sangat penting untuk dilakukan sehingga Anda harus melakukannya dengan benar. Jangan biarkan Anda terlambat, karena waktu Anda hanya berjalan 1 minggu untuk dijalankan.
  2. Thinargut, langkah yang ini perlu Anda lakukan karena ini adalah tahap mengendalikan tanaman. Anda bisa bertarung ketika jagung berusia 1 minggu.
  3. Pengembangan, langkah ini pada dasarnya adalah penggalian parit antar tempat tidur. Ini dimaksudkan agar tanaman jagung tidak mudah jatuh dan membuat jagung lebih kokoh lagi.
  4. Pemupukan dan irigasi, proses ini cukup penting karena berguna untuk menambah nutrisi dan kesuburan tanah. Jika Anda mencabut kegiatan ini, Anda bisa mendapatkan cukup banyak tanaman.
  5. Pencegahan hama tanaman, Anda dapat melakukan gulma untuk membersihkan tanaman dari pengangu rumput atau tanaman gulma.

Jika Anda merawatnya dengan maksimal, maka Anda akan mendapatkan panen maksimum. Gunakan waktu Anda untuk memelihara tanaman jagung sebelum datang panen jagung. Lakukan secara teratur agar jagung Anda memiliki kualitas yang baik.


  • Panen Jagung

Panen jagung adalah hal yang menarik yang dapat Anda lakukan setelah Anda mencari segalanya untuk tanaman jagung Anda. Anda dapat memilih tujuan panen Anda sehingga Anda tidak perlu repot untuk panen.

Tetapi direkomendasikan bagi Anda untuk tidak terlalu lama karena hasil yang diperoleh tidak optimal dan akan berdampak pada panen berikutnya.

Setelah panen, Anda memerlukan kegiatan postharvest seperti mengupas kulit jagung sebelum Anda menjual atau menikah. Anda juga dapat membuat benih sebagai indikator. Jika benih jagung baik untuk panen. Lalu segera panen jagung.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Jagung Untuk Pemula semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: