Cara Menanam Jagung Zigzag

Cara Menanam Jagung Zigzag

Diposting pada

Cara Menanam Jagung Zigzag – Tanaman jagung adalah salah satu komoditas makanan utama di Indonesia yang memiliki nilai ekonomi. Penggunaan komoditas jagung cukup luas, tidak hanya untuk kepatuhan pangan, jagung juga digunakan untuk bahan baku untuk industri pakan ternak.

Pada kesempatan ini kita akan membahas cara menanam Zig Zag Zag. Pernahkah Anda tahu cara menanamnya? Jika Anda belum tiba namun artikel di bawah ini dengan hati-hati.


Cara Menanam Jagung Zig Zag

  • Jarak Tanam

Berdasarkan tingkat kesuburan lahan, ada 2 (dua) ruang yang disarankan yaitu 35×17.5×75 cm dan 25×12,5×75 cm. Pada lahan yang kurang subur, gunakan rentang jarak yang lebih ketat, 25×12,5×75 cm. Adapun tanah subur, gunakan jarak yang lebih luas, yaitu 35×17.5×75 cm.

Tujuan dari jarak ini adalah 35 atau 25 cm berturut-turut, 75 cm antara baris inti dan 17,5 atau 12,5 cm jarak antara garis inti dan baris zigzag. Dengan menggunakan spasi ini, populasi tanaman sekitar 76.000-100.000 batang.


  • Cara Tanam

Sistem penanaman yang umumnya dilakukan oleh petani adalah sistem penanaman lurus, yaitu dengan membuat lubang tanam sama dengan bentuk empat persegi panjang.

Hal yang berbeda dengan sistem penanaman zigzag, dalam sistem penanaman ini lubang tanam antara baris sama dengan tepi sesuai dengan variasi penanaman, kemudian dalam garis yang sama (sesuai dengan penanaman).

Kemudian, dengan jarak setengah jarak di garis, membuat garis penanaman baru. Lubang penanaman mulai menonjol menuju setengah jarak antara baris. Setelah itu, tanam di baris sesuai dengan jarak.


  • Dosis Pemupukan

Mengingat populasi tanaman dalam sistem penanaman zig-zag lebih tinggi daripada sistem penanaman konvensional, penambahan dosis pupuk harus dilakukan untuk menghindari penghambatan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pupuk yang diberikan adalah NPK 400 kg / ha, urea 350 kg / ha, SP36 350 kg / ha, dolomit 1000 kg / ha dan panjakan 2000 kg / ha.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Jagung Zigzag semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: