9 Langkah Cara Menanam Pohon Pepaya California Dengan Benar

Diposting pada

9 Langkah Cara Menanam Pohon Pepaya California Dengan Benar -Pepaya California adalah alternatif untuk memulai perusahaan dengan laba tinggi. Jadi jika Anda memiliki kebun besar, mari hasilkan keuntungan besar dengan menanam pepaya California. Saat ini, penduduk Indonesia telah menggunakan penanaman buah sebagai bisnis. Tentu saja, karena buah adalah salah satu makanan sehat yang disukai banyak orang, banyak orang mencarinya. Jenis buahnya sendiri bervariasi dan salah satunya adalah pepaya California.

Pepaya California adalah jenis buah yang banyak diminati di Indonesia. Ini dibuktikan dengan permintaan pasar yang besar di Indonesia untuk buah yang satu ini. Secara umum, pepaya California ini terlihat sama dan tidak berbeda dengan pepaya pada umumnya. Tetapi jika Anda melihat lebih dalam, pepaya California ini lebih baik dari pepaya biasa dalam hal rasa warna dan daging lebih tebal. Selain itu, pepaya ini juga unggul dalam hal panen karena hasilnya cenderung lebih besar. Apakah kamu tertarik? Lanjutkan untuk mengikuti artikel, yang juga menjelaskan cara menanam pepaya California ini.

Apa Itu Pepaya California?

Pepaya California lebih unggul karena memiliki buah yang lebat dan cepat panen. Oleh karena itu, pepaya California sangat terkenal dengan penanamannya

Pepaya California lebih unggul karena memiliki buah yang lebat dan cepat panen. Oleh karena itu, pepaya California sangat terkenal dengan penanamannya.

Apakah Anda pikir California Pepaya Pepaya diimpor dari California, Amerika Serikat? Ya, jika Anda melihatnya dengan nama, banyak orang benar-benar berpikir bahwa buah yang satu ini sebenarnya berasal dari negara Paman Sam. Tetapi Anda harus tahu bahwa pepaya California sebenarnya adalah buah asli Indonesia. Pepaya California adalah salah satu varietas hasil pemuliaan yang dilakukan oleh tim PKHT atau Pusat Studi Pertanian Hortikultura Tropis Institut Pertanian Bogor dengan nama Papaya Callina. Namun ketika menjadi lebih populer, pedagang Pepapa kemudian menyebut buah pepaya California ini dengan suara seperti buah impor. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa banyak orang tertipu oleh pepaya jenis ini.

Sekarang Callapa Papapa atau California Pepaya tersebar luas di Indonesia dan telah berkembang menjadi varietas pepaya yang disukai oleh banyak orang Indonesia. Ini tidak mengherankan, karena pepaya ini memiliki buah kuning ketika sudah matang, kulit buahnya tebal hijau dan rasanya juga halus dan manis. Selain itu, pulp yang tebal dan kenyal juga menjadi alasan mengapa buah pepaya California menjadi pilihan banyak orang.

Keuntungan Menanam Pepaya California

Nah, bagi Anda yang tertarik menanam buah pepaya California, Anda harus tahu prospek manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menanam satu buah itu. Pertama, tanaman pepaya California adalah jenis tanaman yang biasanya mudah tumbuh, sehingga risiko kegagalan juga relatif rendah. Maka tanaman yang satu ini juga bisa dipanen saat berumur 8 hingga 9 bulan. Frekuensi panen bisa mencapai 4 kali sebulan. Dalam sekali panen, penghasilan buah ini juga bisa mencapai 2 hingga 3 ton, sehingga bisa mencapai hasil hingga 12 ton dalam sebulan, bahkan lebih per hektar.

Selain itu, pepaya California dengan buah yang lezat dan lezat ini menjadi semakin populer, sehingga akan ada banyak permintaan di pasar. Selain itu, pepaya California juga merupakan varietas pepaya unggul yang sudah matang. Masa produktif pohon pepaya California mencapai usia 4 tahun, sehingga menawarkan manfaat besar dalam satu kali panen. Gunakan pekarangan atau kebun tempat Anda perlu menanam pepaya California. Daripada menumbuhkan banyak gulma, lebih baik digunakan untuk perusahaan yang menghasilkan keuntungan besar, bukan?

Nah, bagi Anda yang tertarik dan benar-benar ingin memulai bisnis pepaya California ini, Anda bisa mengikuti tahapan pertumbuhan pepaya California berikut. Namun, sebelum melakukannya, Anda harus mempertimbangkan persyaratan berikut untuk penanaman pepaya di California.


Cara Menanam Pohon Pepaya California

  • Syarat Tumbuh Tanaman Pepaya California

Ketika menanam pepaya California, persyaratan pertumbuhan harus diketahui terlebih dahulu untuk mendukung pertumbuhan tanaman sambil menghasilkan buah-buahan yang sehat dan berkualitas tinggi. Nah, Pepaya California sangat cocok jika Anda menanamnya di daerah dataran rendah atau dataran tinggi hingga 700 m di atas permukaan laut. Lalu ada tanah yang subur dan sedikit berpasir untuk kondisi tanah. Selain itu, suhu juga harus diperhitungkan, karena suhu memiliki pengaruh besar pada pertumbuhan tanaman. Suhu yang cocok untuk pepaya California ini untuk pertumbuhan adalah 25 hingga 30 derajat Celcius, dengan jumlah curah hujan mencapai 1000 hingga 2000 mm per tahun. Dan untuk kelembaban udara, tanaman pepaya California cocok untuk kelembaban sekitar. 40% dan nilai pH tanah mencapai 6 hingga 7. Sekarang Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk menanam pepaya California.


  • Penyemaian Biji Pepaya California

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah pembibitan atau menabur karena Anda bisa mendapatkan biji dari biji pepaya California yang telah ditabur. Pilihlah benih dari pepaya California yang sehat dan berdiri sendiri di pohon.  Untuk langkah penyemaian, Anda bisa melakukan hal berikut:

  1. Setelah Anda mendapatkan biji pepaya California yang baik yang digunakan untuk pembibitan, pertama-tama rendam dalam air kurang lebih semalaman. Keesokan harinya, ambil biji pepaya yang jatuh sebagai biji dan buang bijinya yang mengambang.
  2. Benih yang dipilih kemudian dikeraskan dengan koran atau dapat diobati dengan kain lembab selama sekitar 1 minggu. Pemeliharaannya, Anda hanya bisa menjaga kelembaban kain atau koran yang Anda gunakan.
  3. Selain itu, biji yang menjadi biji siap disemai setelah seminggu pematangan.
  4. Siapkan sejumlah polybag dengan jumlah yang diperlukan dan kemudian tambahkan tanah halus yang dicampur dengan kompos 2: 1.
  5. Tempatkan benih di tanah dan tutupi dengan tanah tipis. Tuang dengan air secukupnya.
  6. Tempatkan di tempat yang terkena sinar matahari.

    Secara umum, bibit dapat ditanam jika berumur 1 hingga 1,5 bulan setelah tanam.


  • Persiapan Lahan Tanam Pepaya California

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan yang akan digunakan untuk penanaman. Bagaimana:

  1. Jika tanah gembur, tanah bisa dienkapsulasi dan dibalikkan untuk menetralisir komponen-komponennya.
  2. Bersihkan tanah dari gulma atau gulma yang tumbuh di daerah sekitar negara sehingga mereka nantinya tidak mengganggu proses pertumbuhan tanaman.
  3. Buat bedengan untuk ditanam dalam jumlah besar. Bedeng ini juga diperlukan untuk pertukaran air sehingga tidak ada baskom air di sekitar media tanam. Memang, ini sangat penting untuk dicatat karena banjir menyebabkan batang tanaman membusuk.
  4. Kemudian buat lubang tanam kira-kira. 50 cm dengan jarak kira-kira. 2,5 mx 2,5 m di antara lubang.
  5. Kemudian lubang diisi kembali dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang atau kompos, tetapi tidak untuk menutup lubang.
  6. Selain itu, lubangnya bisa dikeringkan dengan air bersih yang cukup.
  7. Jika pekarangan Anda kemudian digunakan dari tempat pembuangan sampah, pertama-tama Anda dapat memisahkan dan menghilangkan benda-benda yang mengganggu seperti kerikil, batu bata atau batu bata yang rusak di area penanaman.
  8. Setelah itu, Anda hanya bisa mengebor lubang dengan panjang 40 hingga 50 cm. Selain itu, Anda dapat mengikuti metode setelah membuat lubang di atas.

  • Penanaman Pepaya California

Pada awal proses penanaman, Anda dapat menanam biji pepaya California langsung ke lubang tanam yang telah dibuat sebelumnya, satu untuk setiap lubang. Cobalah menanam di sore hari karena sore hari adalah waktu terbaik untuk menanam benih dari pepaya California ini.


  • Pemeliharaan Dan Perawatan Pepaya California

Tanaman pepaya yang mulai tumbuh dirawat dengan cara ini

Tanaman pepaya yang mulai tumbuh diberi perawatan seperti penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan.

Langkah selanjutnya adalah penanaman dan perawatan. Fase ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan kualitas buah pepaya. Ada berbagai langkah pemeliharaan dan layanan yang harus Anda lakukan, mis.


  • Penyiraman Pepaya California

Irigasi ini sangat penting karena tanaman pepaya California perlu menyerap air yang cukup untuk menghindari kekeringan. Namun, perlu juga dicatat bahwa irigasi ini tidak dapat dilakukan secara berlebihan untuk membuat genangan air di sekitar media pertumbuhan. Ini memiliki dampak besar pada tanaman, karena batang pohon dapat membusuk dengan mudah dan buah-buahan secara otomatis terpengaruh. Siram secara teratur, tetapi cukup untuk tidak membentuk kolam.


  • Pemupukan Pepaya California

Pemupukan juga sangat penting untuk menjaga kesuburan tanah dan tanaman. Pemupukan pertama terjadi pada minggu pertama dengan 40 kg pupuk cair per tanaman. Pada usia 2 minggu, pemupukan dengan pupuk NPK 200 gram per pohon kemudian berlangsung. Selain itu, pemupukan dapat dilakukan setiap 3 bulan dengan 500 g pupuk NPK dan 40 kg pupuk cair per pohon. Jika tanaman menghasilkan buah, Anda dapat menambahkan pupuk dengan pupuk KCL.


  • Pemangkasan Pepaya California

Potong tunas atau cabang yang mengganggu sehingga pertumbuhan tanaman dapat dioptimalkan.


  • Memanen Pepaya California

Setelah melalui tahap penanaman dan perawatan dengan benar, Anda akan mendapatkan banyak buah pepaya California.

Setelah melalui tahap penanaman dan perawatan dengan benar, Anda akan mendapatkan banyak buah pepaya California.

Jika sekarang Anda memasuki fase panen, Anda dapat memanen pepaya California setelah 7 hingga 9 bulan, dengan karakteristik kulit buah yang telah menguning tanda menjadi matang. Dengan trik Anda dapat memotong tangkai secara langsung. Waktu panen ini bisa dilakukan 4 kali sebulan.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 9 Langkah Cara Menanam Pohon Pepaya California Dengan Benar  semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

Cara Menanam Pohon Durian Agar Cepat Berbuah Lebat!

Langkah-langka Cara Menanam Pepaya Dengan Benar dan Jenisnya

7 Cara Menanam Bunga Aster: Jenis dan Cara Merawatnya!

Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Singkong Dengan Benar dan Manfaatnya

Langkah-langkah Cara Menanam Buah Kelengkeng serta Manfaatnya