Cara Menanam Jagung Manis Agar Hasil Melimpah

Cara Menanam Jagung Manis Agar Hasil Melimpah

Diposting pada

Cara Menanam Jagung Manis Agar Hasil Melimpah – Anda tentu sudah tahu salah satu komoditas pangan untuk pengganti beras yang satu ini, jagung. Bagaimana Anda menanam jagung juga mengetahuinya?

Ada beberapa cara, Anda dapat mencoba yang paling mudah untuk dilakukan. Bagaimana dengan caranya? Langsung kita melihat dengan langkah-langkah atau tahapan penanaman jagung yang baik dan tepat di bawah.


Cara Menanam Jagung Manis Agar Hasil Melimpah

  • Persiapan Lahan

Tanaman jagung sebenarnya dapat ditanam rendah dan sangat ditanam, tetapi jika perawatan sama-sama optimal maka hasilnya akan sedikit lebih baik jika ditanam level rendah “kurang dari 150 m di atas permukaan laut”, terutama jika ditanam dalam “transisi. Antara Sandland dan lihat “Itu tanah dengan karakter hampir seperti pasir dan debu.

Tanah ini sangat longgar sehingga akan otomatis pengembangan akar jagung untuk menyerap nutrisi. Tetapi jika tanah yang Anda miliki tidak ada di dataran rendah Anda tidak perlu khawatir, secara umum tanah yang baik untuk menanam jagung memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Terpapar sinar matahari langsung setidaknya 8 jam per hari.
  2. Memiliki keasaman tanah “pH” 5.5-7.5.
  3. Punya cukup konten nutrisi.
  4. Dekat dengan sumber air untuk penyiraman “penting”.
  5. Tanahnya longgar “dapat dibajak pertama kali untuk shell”.

Jika Anda telah menemukan lahan tanam yang memenuhi kriteria di atas, kemudian gulma, memotong cabang yang menghalangi cahaya dan pemasangan sumur untuk disiram, jika Anda telah melanjutkan ke tahap menanam jagung hybrid berikutnya.


  • Penggemburan Tanah

Tanah sembrolah di sini bertujuan untuk meratakan rahim nutrisi di tanah sambil memfasilitasi pengembangan akar dalam menyerap nutrisi di tanah kemudian. Untuk menekuk tanah, Anda dapat menggunakan cangkul atau mesin bajak laut modern. Chas dan menumpahkan seluruh permukaan tanah di tanah yang ingin Anda rencanakan untuk ditanam sambil membentuk alur untuk pemberian pupuk dasar.


  • Pemberian Pupuk Dasar

Ketentuan pupuk dasar sangat penting karena pupuk berfungsi untuk memasok nutrisi untuk tanaman selama tanaman hidup di lantai. Pupuk dasar ini diberikan pada aliran penanaman. Pupuk dasar yang digunakan harus menjadi campuran pupuk organik dan pupuk kimia, pupuk organik yang digunakan adalah pupuk kandang bisa pupuk ayam, kotoran sapi atau kotoran kambing.

Anda juga dapat menggunakan pupuk granular organik yang dijual di toko pertanian, yang terbaik adalah kotoran kambing, sedangkan pupuk kimia menggunakan NPK. ZA atau Urea dapat ditambahkan di musim kemarau. Perbandingan pupuk kandang dan kimia adalah 40: 1 hingga 50: 1, yang merupakan setiap 40 bucket pupuk kemudian diberikan 1 ember pupuk NPK.

Anda juga dapat menambahkan “kalsium” Dulomite Lime sebagai tujuan pupuk jika Anda menginginkan hasil yang lebih baik. Kemudian tambahkan insektisida yang ditaburkan sehingga akar jagung tidak diserang oleh ulet dan orong-orong. Setelah pupuk dasar ditempatkan maka itu kemudian ditutup dengan tanah dan terbentuk 7-10 cm dan lebar 30-40 cm.


  • Persiapan Bedengan

Setelah tempat tidur terbentuk di tanah, maka lubang penanaman kemudian dibuat, Anda dapat menggunakan bantuan kayu untuk memasang tempat tidur ke tempat tidur untuk meninggalkan lubang 3-5 cm. Lubang itu dibuat rata di sepanjang aliran tempat tidur, setelah lubang terbentuk sekarang tempat tidur siap ditanam dengan benih jagung.


  • Penanaman Benih Jagung

Biji jagung manis yang ditanam tentu saja harus berkualitas, untuk memastikan kualitas, Anda harus membeli benih di toko pertanian. Hindari membeli benih jagung di pasaran kemudian digunakan sebagai benih karena kita tidak tahu sumber tanaman induk.

Setelah benih diperoleh maka letakkan di lubang yang telah dibuat bersama dengan tempat tidur. Biji yang ditanam adalah 2 biji per lubang dan kemudian menutupi tanah, setelah ditutup maka pertumbuhan ditunggu, yang bisa 4 hingga 7 hari.


  • Perawatan Tanaman Jagung

Setelah benih jagung tumbuh sekitar 5-10 cm, maka perawatan tanaman kemudian dilakukan secara berkala sampai periode panen akan dilakukan nanti. Hal-hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:


Penyiraman

Pasokan air untuk tanaman jagung sangat penting untuk mendukung pertumbuhannya, pada minggu pertama setelah jagung tumbuh sekitar 10 cm, kemudian melakukan penyiraman. Pastikan semua lahan tempat tidur basah, penyiraman jagung dilakukan seminggu sekali dan tidak terlambat.

Apalagi ketika tanaman jagung mulai menghasilkan buah, air pasokan harus dipertahankan sehingga ukuran dan berat benih jagung nantinya. Pekerjaan penyiraman ini akan membutuhkan banyak waktu karena semakin banyak tanah bahkan lebih disiram.

Karena itu, jangan membuat tempat tidur yang terlalu tinggi di tanah kering karena nanti air akan kering dengan cepat. Anda dapat menggunakan mesin pompa air untuk memudahkan tempat tidur air Anda.


Penyiangan

Penyiangan dilakukan secara rutin pada awal sebelum tanaman jagung tumbuh tinggi, Anda dapat melakukan penyiangan pada interval 2-3 minggu. Bagian yang dibersihkan adalah antara tempat tidur “aliran air” dengan menggunakan cangkul, cobalah untuk membuat tanaman dibuat sebelum diberi pupuk berikutnya.


Pemupukan Susulan

Pemupukan lebih lanjut dilakukan ketika tanaman berusia sekitar 1 bulan, cara dapat ditaburi di sela-sela tempat tidur dengan penyiraman atau ditaburi di antara tanaman dan kemudian ditutupi dengan tanah dari sisi tempat tidur bersama dengan waktu penyiangan “dangir”.

Gunakan pupuk NPK dicampur dengan ZA dengan rasio 3: 1 dengan total pupuk atau disamakan dengan jumlah pupuk kimia yang digunakan sebagai pupuk dasar sebelumnya. Penambahan pupuk berikutnya nantinya akan memaksimalkan ukuran jagung.


  • Penanggulangan Hama

Hama yang menyerang jamur utama berasal dari jenis serangga, yang paling umum ditemukan adalah bor, ulat, uret dan orong-orong. Jika serangan hama terjadi di atas batas yang masuk akal maka segera ambil langkah-langkah mitigasi menggunakan insektisida.

Anda dapat membeli insektisida di sebuah toko pertanian yang diadaptasi untuk menyerang serangga. Pastikan Anda telah membaca petunjuk keamanan dan menggunakan sebelum menggunakan insektisida.


  • Panen Jagung Manis

Panen jagung tentu dibedakan dari tujuan penjualan, untuk jagung yang ingin digunakan sebagai jagung rebus, itu tidak akan dipanen sampai usia jagung tua. Jagung rebus yang baik diambil ketika jagung berusia sekitar 65 hari, baik untuk jagung yang ingin dijual kering maka tentu harus ditunggu-tunggu sampai tua.

Karakteristik jagung tua adalah daun sudah mulai mengering, warna bunker tuna jagung juga menjadi putih karena penuaan. Ini umum ketika jagung hybrid mendekati 90 hari, hal-hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Potong bagian atas tanaman jagung sehingga matahari dapat mencapai buah.
  2. Kupas kulit jagung dan biarkan benih jagung terpapar sinar matahari.
  3. Tunggu beberapa hari “sekitar 1 minggu” sampai benih jagung terlihat seperti lampu kuning dan keras.
  4. Jagung kemudian dipanen dengan tongkol dan dipisahkan dari kulit pembungkus.
  5. Jemur mengembalikan jagung bersama dengan tongkol yang dibayar oleh matahari “sekitar 2-3 hari”.
  6. Jagung menggiling dengan mesin tanah dipisahkan dari biji.
  7. Tempatkan di wadah seperti karung dan sebagainya kemudian simpan dengan kering dan teduh.

Sekarang benih jagung siap dijual, benih jagung ini relatif tahan lama untuk disimpan jangka panjang, sehingga Anda sedang menunggu penjualan harga jual di pasar terlebih dahulu.

Pabrik jagung ini diklasifikasikan sebagai tanaman komoditas satu kali. Ini berarti bahwa panen itu sehingga tanaman tidak dapat produktif lagi, oleh karena itu bagi mereka yang ingin menanam jagung lagi, dapat segera membersihkan tanah untuk ditanam dengan langkah-langkah di atas.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Jagung Manis Agar Hasil Melimpah semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: