Cara Menanam Jagung Manis Agar Cepat Tumbuh

Cara Menanam Jagung Manis Agar Cepat Tumbuh

Diposting pada

Cara Menanam Jagung Manis Agar Cepat Tumbuh – Di Indonesia karena cara menanam jagung pasti tidak asing untuk didengar, karena usia tua tanaman jagung sering dilakukan oleh masyarakat untuk mempertahankan perekonomian rakyat. Menanam jagung memiliki banyak manfaat yang bisa sangat menguntungkan ketika jagung ditanam dalam skala besar.

Jagung ditanami sangat baik di Indonesia karena memiliki iklim tropis, kemudian di negara kita ada banyak jenis varietas jagung yang dapat dibudidayakan, termasuk yang paling populer seperti jagung BISI dan Jugung Bonanza dan lainnya. Apakah Anda ingin tahu cara menanam jagung manis? Yuk Kit Abaca Artikel di bawah ini dengan hati-hati sehingga Anda tahu cara menanamnya.


Cara Menanam Jagung Manis Agar Cepat Tumbuh

Bagaimana cara menanam jagung manis agar cepar tumbahdibawah ini adalah penjelasannya.

  • Syarat Tumbuh

Curah hujan yang terjadi selama bulan tanam cukup tinggi pada 309 mm dan 501 mm (rata-rata 427 mm / bulan), nilai curah hujan cukup tinggi jika dibandingkan dengan distribusi hujan yang ideal untuk pertumbuhan jagung 200 mm / Bulan (Sutoro et al, 1988) dan berpotensi menyebabkan pencucian gizi ditemukan di tanah.

Dalam langkah akuakultur ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan termasuk kondisi yang tumbuh, seperti kondisi pertumbuhan tanaman jagung, yang ketinggian 5-1.200 m di atas permukaan laut, 80% kelembaban, pH 2,3 dan suhu 15-20 derajat Celcius.


  • Persiapan Benih

Biji juga merupakan benih tanaman jagung yang tumbuh menjadi tanaman muda. Tanaman muda ini menjadi tanaman dewasa yang dapat menghasilkan bunga dan buah. Kualitas benih berkualitas memainkan peran penting dan meningkatkan produksi, kualitas benih termasuk kualitas fisik, benih genetik fisiologis.


  • Persiapan Lahan

Perawatan lahan bertujuan untuk meningkatkan kondisi tanah agar lepas, sehingga pertumbuhan akar tanaman maksimum. Pemrosesan tanah juga akan meningkatkan tekstur lahan. Tahapan pemrosesan tanaman jagung manis, yaitu:

  1. Membuat tempat tidur dengan lebar 1 m, tempat tidur dengan tanah 30 m dan panjang.
  2. Campur tanah dengan kedalaman 30-40 cm

  • Pemupukan Jagung Manis (Organik dan Non-Organik)

Administrasi pupuk kandang diberikan sebelum mulsa dipasang dan diratakan di tanah. Memberi SP 36, ZA, KCL pupuk organik dengan rasio 1: 1: ½ berfungsi untuk mendukung tanaman vegetatif, metode pemupukan dengan meratakan tempat tidur dengan jarak 1 m dan diberi 100 g.


  • Pemasangan Mulsa

Mulsa adalah plastik untuk tempat tidur, ada 2 warna perak di atas, sementara hitam di bawah. Fungsi mulsa:

  1. Untuk menekan pertumbuhan gulma
  2. Tahan / jaga kelembaban
  3. Cegah / Mengurangi Penguapan Air
  4. Menghemat biaya tenaga kerja dalam penyiangan
  5. Blokir refleksi untuk mengusir hama
  6. Fotosintesis melalui refleksi sinar matahari

  • Pembuatan Lubang Tanaman

Industri lubang komoditas untuk tanaman jagung, 40 – 30 cm spasi. Dengan tempat tidur ditutupi dengan mulsa, yang telah dipotok. Setelah itu, garis 2-3 cm.


  • Penanaman

Penanaman di lapangan dilakukan dengan menggunakan benih, bukan biji. Sebelum menanam benih, kami menaburnya terlebih dahulu, dengan:

  1. Biji disimpan dalam pot dengan media: pupuk kandang, arang sekam, selama 7 hari;
  2. Berikan pupuk organik;
  3. Setelah menanam 3-5 daun, siap berencana.

Penanaman dilakukan pada lubang yang telah dibuahi dengan kedalaman 3 cm dengan 2 biji per lubang tanam dan kemudian ditutup dengan tanah. Jarak yang digunakan adalah 75 cm x 25 cm.


  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan di pagi dan malam yang bertujuan untuk mencegah pabrik layu. Jika musim kemarau disiram setiap hari.


  • Penyiangan

Penyiangan dilakukan untuk mengendalikan gulma di sekitar pabrik 3 kali. Penyiangan pertama dilakukan pada usia 21 hari dengan menghilangkan gulma. Penyiangan 2 dilakukan pada 42 jam menggunakan KORED. Penyiangan mengacu pada menghilangkan gulma atau menghilangkan gulma untuk tanaman budidaya. Akibatnya daun menjadi seimbang, cara mengendalikannya adalah untuk mencabut rumput yang tumbuh di sekitar tanaman untuk mengatasi persaingan gizi pada tanaman.


  • Penjarangan dan Penyulaman

Penipisan dilakukan dalam 7 hari dengan meninggalkan satu tanaman yang memiliki pertumbuhan yang baik. Sementara bordir dilakukan jika tidak ada tanaman di lubang tanam yang tumbuh atau mati.


  • Pengendalian Hama Dan Penyakit

Untuk mencegah serangan hama pada pertumbuhan pertama dan tanaman diberikan insektisida 3G 3G saat menanam sebanyak 20 kg / ha (9 gr / plot) diberikan pada lubang penanaman. Pengendalian hama berikutnya dengan menyemprotkan insektisida determinan 2,5 EC dengan konsentrasi 2 ml / liter, solusi diberikan pada usia 20 hari, 27 hari dan 33 hari kemudian.

Penyakit yang menyerang adalah:


  1. Bula

Penyakit ini terkenal dengan tanaman jagung yang disebabkan oleh jamur merajalela, tanaman maju cenderung mengalami kematian. Penyakit ini ditakuti oleh petani. Cara mengendalikannya; Tanaman dihilangkan jika diserang dan kemudian dihancurkan atau disemprot dengan fungisida.


  1. Bercak Daun

Penyakit ini ditemukan di daerah lembab, disebabkan oleh jamur Cara mengendalikannya; Tetapkan kelembaban tanah sehingga tidak lembab, atau dengan menyemprotkan pestisida.


  1. Karat

Tanaman ini tumbuh di tanaman tua, penyakit ini disebabkan oleh Songin Pucunia Jamur. Akibatnya: benih tidak sempurna. Proses pemupukan tidak terbentuk. Metode Kontrol: Lakukan sanitasi di bidang penanaman jagung, singkirkan tanaman jika diserang, semprotkan pestisida fungisida.


  • Pemanenan

Pemanenan dilakukan ketika tanaman berusia 60 hari ditandai dengan tas kuning, bijinya keras dan mengkilap, jika ditusuk dengan dua jempol, kandungan benih adalah sekitar 25% – 30%.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Jagung Manis Agar Cepat Tumbuh semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

Cara Menanam Jagung Manis di Poybag

Cara Menanam Jagung Manis di Sawah

Cara Menanam Jagung Manis Bonanza F1 Agar Cepat Panen

19 Cara Menanam Jagung Hibrida Agar Hasil Panen Melimpah!

32 Jenis Benih Jagung Paling Unggul Serta Karakteristiknya!