Cara Menanam Terong Menggunakan Polybag dan Manfaat Bagi Kesehatan serta Tubuh

Diposting pada

Cara Menanam Terong Menggunakan Polybag dan Manfaat Bagi Kesehatan serta Tubuh -Menanam terong dalam polybag sangat cocok ditanam di pekarangan rumah. Terong yang ditanam dalam polybag biasanya ditujukan untuk konsumsi pribadi, tetapi juga dapat digunakan untuk hortikultura. Mengapa Anda harus menggunakan polybag? Penggunaan polybag memiliki keunggulan dibanding menanam di tanah. Keuntungan menggunakan polybag lebih mudah untuk dikendalikan karena Anda dapat mempertahankan sistem secara terkendali.

Penanaman kecil atau penggunaan lahan sempit agar lebih bermanfaat harus dilakukan mulai sekarang. Menanam terong sangat mudah. Yang harus Anda lakukan adalah memilih varietas yang baik untuk tumbuh.

Ukuran polybag yang Anda gunakan tergantung pada keinginan Anda. Namun, saya sarankan Anda menggunakan polybag yang cukup besar. Karena ukurannya yang besar, akar dari terong yang kita budi dapat dibuahi secara maksimal, tetapi tidak terlalu besar. Banyak di toko pertanian terdekat di daerah Anda, saya yakin apakah sulit untuk membeli secara online.

Menanam terong di dalam polybag tidak berarti mengurangi cahaya, tetapi menjaganya sebaik mungkin. Perawatan ini sangat disarankan bagi Anda yang baru mulai berkebun. Tanaman berbuah jika cara kita melakukannya baik untuk mereka. Oleh karena itu tidak mungkin jika tanaman dapat menghasilkan buah yang baik jika mereka diperlakukan dengan buruk atau buruk.


Cara Menanam Terong Menggunakan Polybag

  • Pemilihan Benih

Biji terong dapat diperoleh dengan dua cara. Opsi pertama adalah menggunakan terong yang sudah matang dan sudah memiliki panen yang baik. Pilihan kedua adalah berbelanja di toko pertanian dengan varietas unggul dan ketahanan terhadap penyakit yang tinggi.


  • Cara Membuat Biji Terong Anda Sendiri

Jika Anda memilih metode pertama ini, Anda benar-benar perlu memastikan bahwa induknya sehat, tidak memiliki cacat dan tidak rentan terhadap hama.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda ambil setelah Anda menemukan induk yang baik dengan kriteria.

  1. Pilih terong matang.
  2. Pisahkan daging dan bijinya.
  3. Ambil biji yang baik dan keringkan di bawah sinar matahari sampai kadar air turun hingga 20%.
  4. Jangan menabur secara langsung, tetapi rendam dalam air hangat selama 6 jam.

Jika Anda merasa agak berat dengan opsi pertama ini, Anda dapat membelinya langsung di toko pertanian sehingga tidak menjadi terlalu stres dan Anda bisa langsung ke tahap berikutnya.


  • Melakukan penyemaian

Setelah Anda selesai dengan benih, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menabur sebelum menanam.

Untuk dapat menyemai, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan media benih.
  2. Gunakan tanah dan pupuk kandang dengan komposisi 1: 2.
  3. Campur mangkuk untuk melonggarkan bagian bawah.
  4. Tempatkan benih terong satu per satu di media perkecambahan.
  5. Siram setiap pagi dan sore.

  • Memindahkan Kemedia Tanam

Setelah benih mulai tumbuh dan 3 daun muncul, ini adalah tanda bahwa benih siap untuk dipindahkan ke media tanam. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam dengan baik. Untuk melakukan fase ini dengan baik, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini

Siapkan polybag yang ingin Anda gunakan sebagai media tanam. Ukuran yang disarankan adalah sekitar 40 cm

Isi campuran tanah dan pupuk (kompos atau kandang) dengan perbandingan 1: 3.

Anda juga dapat menggunakan kembali tanah pembibitan dengan meningkatkan kandungan pupuk sebanyak 1 sehingga dosisnya benar.

Setelah Anda menyelesaikan persiapan untuk dipindahkan ke media tanam, langkah selanjutnya adalah menambahkan benih yang telah Anda siapkan ke media tanam. Berhati-hatilah untuk tidak merusak bibit.


  • Perawatan Terong

Saat merawat terong, tanaman yang ditanam di polybag tidak terlalu sulit. Anda dapat melakukan langkah-langkah pemeliharaan sebagai berikut:

  1. Siram tanaman terong 2 kali sehari di pagi dan sore hari.
  2. Tetapi jika tanahnya masih lembab, Anda tidak perlu menyiraminya.
  3. Pada umur 3 minggu Anda bisa memberi pupuk tanaman NPK.
  4. Saat itu, hama dan penyakit mulai mengintai tanaman terong Anda. Mulailah dengan secara rutin membersihkan gulma yang mengganggu di dekat tanaman terong sehingga pupuk dapat sepenuhnya diserap oleh tanaman.
  5. Untuk hama, Anda dapat menghilangkannya secara manual ketika mulai muncul, atau Anda juga dapat menggunakan insektisida sehingga tanaman terong tidak terganggu oleh hama.

  • Panen Terong

Tahap ini adalah tahap yang paling dinanti. Terong ungu panen sekitar 3-4 bulan setelah tanam. Jika panen tidak boleh terlalu muda atau terlalu tua, Anda bisa memeriksanya berdasarkan kekerasan terong saat ditekan.

Anda dapat makan terong ungu di kebun Anda atau memulai bisnis Anda karena terong ungu memiliki nilai jual yang cukup baik dan permintaan cukup tinggi.

Ini tidak sulit dan tidak repot, Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk merawat terong, sesuai dengan panduan tentang cara menanam terong dengan benar. Semoga panduan kami dapat membantu Anda saat ini!


Manfaat Terong Untuk Kesehatan

  • Terong sangat rendah kalori dan rendah lemak, tetapi kaya akan serat larut. 100 g hanya menyediakan 24 kalori, tetapi membentuk sekitar 9% dari dosis serat harian yang direkomendasikan.
  • Studi di Institute of Biology Brazil, telah menunjukkan bahwa bahan kimia dalam terong secara efektif mengontrol kadar kolesterol tinggi dalam darah.
  • Kulit atau terong kulit (biru tua / ungu) mengandung sejumlah besar flavonoid fenolik fitokimia yang disebut anthocyanin. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa antioksidan ini memiliki efek kesehatan potensial pada kanker, penuaan, pembengkakan, dan gangguan neurologis.
  • Total kekuatan antioksidan, diukur sebagai kapasitas penyerapan oksigen radikal (ORAC) dari terong, adalah 993 μmol TE / 100 g. Nilai 15; Mereka termasuk sayuran dengan indeks glikemik rendah (GI).
  • Ini mengandung sejumlah vitamin B-kompleks yang sangat baik seperti asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B6) dan tiamin (vitamin B1) dan niasin (B3). Vitamin ini sangat penting dalam arti bahwa tubuh membutuhkannya dari luar untuk mengisi dan membutuhkan metabolisme lemak, protein dan karbohidrat.
  • Selain itu, sayuran ini juga merupakan sumber mineral yang sangat baik seperti mangan, tembaga, besi dan kalium. Enzim antioksidan superoksida dismutase menggunakan mangan sebagai faktor pendamping. Kalium adalah elektrolit intraseluler penting yang melawan efek tekanan natrium (hipertensi).

Manfaat Terong Bagi Tubuh

Terong adalah hal yang menyenangkan bagi vegetarian. Tidak hanya pilihan untuk berbagai jenis hidangan, itu juga menawarkan banyak keuntungan. Terong digunakan untuk memasak dan termasuk dalam manfaat sayuran. Sama seperti sayuran berwarna lainnya, sayuran ini memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, seperti berikut ini:


  • Menyehatkan Jantung

Terong dapat menurunkan kolesterol dan membantu menstabilkan tekanan darah. Ini pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung. Berkat kandungan kalium dalam sayuran ini, tubuh terus terhidrasi secara memadai. Ini memastikan bahwa tidak ada retensi cairan yang mencegah penyakit arteri koroner.


  • Membantu Otak

Terong mengandung fitonutrien yang menjaga membran sel yang melindungi dari semua jenis kerusakan. Memfasilitasi transfer pesan dari satu bagian ke bagian lain, menjaga fungsi memori.


  • Menurunkan Berat Badan

Terong memiliki kandungan air yang tinggi tetapi sedikit kalori. Ini membuat terong ideal untuk makan sehat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Konsistensi sayuran yang keras adalah ciri khas karena merupakan salah satu makanan yang dimakan mentah mungkin


  • Membantu Pencernaan

Pertahankan sistem pencernaan yang sehat yang dapat ditemukan di terong karena kandungan serat yang baik. Ini mencegah sembelit dan risiko kanker usus juga dapat dihilangkan.


  • Mengontrol Kadar Gula Darah

Terong adalah sumber serat yang sangat kaya dan karbohidrat yang tidak larut dengan baik. Oleh karena itu terong sangat berguna untuk mengatur kadar gula darah dan mengendalikan penyerapan glukosa. Terong adalah pilihan terbaik untuk penderita diabetes tipe 2.


  • Kulit Bersinar

Terong mengandung banyak air. Ini membantu tubuh dan menjaga tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik. Mineral dan vitamin juga memastikan kulit yang baik.


  • Melembabkan Kulit Kepala

Terong mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang baik untuk memberikan nutrisi pada kulit kepala agar tetap sehat. Ini menghindari sejumlah masalah yang berkaitan dengan kesehatan kulit kepala.


  • Mencegah Diabetes

Meskipun demikian, ia memainkan peran penting dalam pencegahan diabetes, yang dapat menyerang tubuh manusia.


  • Baik Untuk Mencegah Penuaan Dini

Sifat-sifat terong selanjutnya berlaku untuk seluruh kulit. Terong mengandung vitamin E, yang dapat berperan dalam pembentukan dan pencegahan penuaan dini. Konsumsi terong secara teratur dipercaya dapat menghilangkan keriput dan mencegah penuaan dini.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Terong Menggunakan Polybag dan Manfaat Bagi Kesehatan serta Tubuh semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

Cara Menanam Pohon Jagung Dalam Polybag Dengan Lengkap dan Sejarah Penyebran Jagung

32 Jenis Benih Jagung Paling Unggul Serta Karakteristiknya!

9 Langkah Cara Menanam Pohon Pepaya California Dengan Benar

Cara Menanam Pohon Durian Agar Cepat Berbuah Lebat!

Langkah-langka Cara Menanam Pepaya Dengan Benar dan Jenisnya