4 Cara Menanam Pohon Dewandaru Dari Biji Serta Manfaatnya!

Diposting pada

Cara Menanam Pohon Dewandaru Dari Biji Serta Manfaatnya! – Dewandaru atau ceremai (cerme) belanda, asam selong, blimbing londo (jawa), surinam cherry, brazil cherry (inggris) merupakan tumbuhan perdu tahunan dari famili myrtaceae (suku jambu-jambuan) yang dalam etimologi jawa (khususnya di daerah gunung kawi, jawa timur) dianggap sebagai pohon suci dan bertuah. Nama dewandaru sendiri berarti pembawa wahyu dewa. Tumbuhan ini berasal dari brasil.


Klasifikasi Pohon Dewandaru

  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Bangsa : Myrtales
  • Suku : Myrtaceae
  • Marga : Eugenia
  • Jenis : Eugenia uniflora L.

Tumbuhan dewandaru berhabitus pohon yang tumbuh tinggi sekitar 2-5 meter. Daun dewandaru merupakan daun tunggal dan mengandung lapisan lilin. Daun berwarna merah tua pada saat muda dan hijau pada saat dewasa, pangkal daun meruncing, tepi daun rata dengan pertulangan daun yang menyirip dan berukuran panjang sekitar 5 cm.


Manfaat

Cara Menanam Pohon Dewandaru Dari Biji, Klasifikasi dan Manfaatnya!

Berikut beberapa manfaat dari pohon dewandaru:

  • Sebagai sumber antioksidan

Buah ataupun daun dewandaru terbukti bisa mencegah munculnya kanker atau tumor. Warna merah pada buah dewandaru menunjukkan bahwa adanya kandungan senyawa tertentu. Dari hasil penelitian diketahui mengandung senyawa golongan karotenoid. Begitu pun dengan daun dewandaru ditemukan senyawa yang bermanfaat sebagai antioksidan yang disebut fenolik.

Karotenoid dan fenolik berguna sebagai antioksidan yang bekerja melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia. Karena adanya radikal bebas dapat mengakibatkan kerusakan sel dan pangkal terjadinya penyimpangan pada pola pembelahan sel atau penyebab dari tumor dan kanker. Belum lagi lingkungan tempat tinggal kita yang dipenuhi polusi, gaya hidup buruk (kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia tambahan) semakin memperkuat posisi radikal bebas menurunkan daya tahan tubuh manusia.

langkah yang wajib ditempuh untuk menghindari dan mencegah kerusakan sel adalah dengan cara mengkonsumsi zat golongan antioksidan dalam jumlah yang cukup. Jika anda memanfaatkan buah dewandaru, sebaiknya di jus terelebih dahulu atau dimakan langsung. Buah dewandaru yang telah matang mengandung likopen yang tinggi. Perlu juga anda ketahui bahwa kandungan likopen bisa menurun apabila diolah menjadi produk tertentu.

Diperlukan teknik tertentu dalam pengolahan agar kandungan likopen tidak berkurang terlalu banyak. Begitu juga dengan penanganan daun dewandaru. Banyak para ilmuwan menyatakan bahwa kandungan senyawa fenolik pada ekstrak daun dewandaru yang dikeringkan dengan sinar matahari jauh lebih baik dibandingkan dikeringkan di udara.


  • Untuk obat diare

Selain sebagai antioksidan dewandaru juga bisa mengatasi diare. Warga brazil menggunakan biji dewandaru untuk mengobati diare. Para ilmuwan menelitu sejauh mana biji dewandaru berkhasiat sebagai anti kuman. Protein biji dewandaru bisa menghambat pertumbuhan berbagai macam kuman, seperti kuman penyebab diare.


  • Mengurangi rasa sakit

Informasi yang tidak kalah menarik adalah pemakaian daun dewandaru untuk obat antirematik. Khasiat yang ditemukan lewat pemakaian secara turun temurun itu juga telah didukung data ilmiah yang menggembirakan. Daun dewandaru mengandung minyak atsiri, yang berguna sebagai analgesik alias penghilang rasa sakit. Sayangnya pada pada saat ini penelitian tentang khasiat dewandaru memang belum banyak dilakukan. Termasuk penelitian lanjutan sebagai penunjang, seperti dosis pemakaian dan aturan pakai.

Buah dan daun eugenia uniflora digunakan sebagai peningkat kualitas astringent dan mengurangi tekanan darah tinggi. Hasil decocta daun eugenia uniflora diparaguai dijadikan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kemudian juga bisa menurunkan metabolisme lipid dan bisa digunakan sebagai efek proteksi pada trigliserida dan level lipoprotein yang sangat rendah.

Daun eugenia uniflora berkhasiat sebagai obat mencret. Aksi anti infamasi yang tinggi juga ditemukan pada daun eugenia uniflora. Pada brazilian folk medicine buah eugenia uniflora digunakan sebagai anti diare, diuretik, anti rematik, anti febrile dan anti diabetik. Selain itu, ekstrak daun eugenia uniflora juga sebagai agen hipotensif dan menghambat peningkatan level trigliserida dan glukosa plasma.

Pemanfaatan buah dewandaru sudah digunakan secara luas untuk tujuan komersial. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya apabila kita mengonsumsi buah dewandaru sebagaimana buah-buahan berwarna merah yang mudah diperoleh di pasaran. Yang perlu diingat adalah jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya karena semua yang berlebihan hasilnya selalu kurang baik. Dengan cara ini kita bisa menambah jumlah asupan senyawa karotenoid secara bertahap dan mempertahankan kesehatan sel. Osteoporosis, kerusakan pembuluh darah bahkan kanker dan tumor bisa dicegah. Dengan demikian pengembangan budidaya dewandaru perlu dipertimbangkan. Dewandaru bisa tumbuh pada berbagai bagian indonesia mengingat tanah di negara kita terkenal subur.


  • Harga buah super mahal dan mulai langka

Jika dulu buah ini bisa dijumpai di jalan atau depan rumah, sekarang kamu masih bisa menikmati buah ini, tapi dibanderol dengan harga yang super mahal. Untuk bibit dewandaru dengan tinggi 20-40 cm, bisa dibeli dengan harga Rp 30.000,oo – Rp 35.000,00. Sedangkan buah yang sudah masak dapat mencapai 100 ribu di beberapa situs jual beli online.


  • Dijadikan berbagai kerajinan tangan

Selain buah yang mengandung banyak khasiat untuk kesehatan, kayu pohon dewandaru pun mulai dicari kembali oleh para pengrajin. Batang dewandaru bisa disulap menjadi berbagai barang kerajinan dengan harga yang fantastis. Di sekitar objek wisata karimunjawa, sebagian warga mengubah pohon ini menjadi souvenir seperti tongkat, gelang, tasbih serta berbagai aksesoris yang laku keras dipasaran turis domestik.


Aura mistis tumbuhan dewandaru

Pada kepercayaan masyarakat, pohon dewandaru ini masih sarat akan aura mistis dan diyakini sebagai pohon pembawa wahyu dewa. Keberadaannya yang lekat dengan mitos inilah membuat pohon ini banyak dicari dan diburu oleh banyak orang, serta dijadikan sebagai tuah tersendiri. Aroma dari pohon ndaru bisa dijadikan sebagai bahan untuk menyempurnakan ilmu kanuragan. Kemudian pohon bertuah ini dipercaya bisa mendatangkan penghasilan, menambah kharisma seseorang, serta bisa menangkal dan mengusir hal gaib.

Alam di tanah indonesia yang subur bisa menjadi tempat yang baik untuk berkembangnya pohon dewandaru ini. Sebaliknya, karena sudah teruji secara klinis manfaatnya untuk kesehatan, lebih baik kita berfokus untuk mengembangkan apa yang sudah teruji fakta ilmiahnya.


Cara Menanam Pohon Dewandaru Dari Biji

  • Persiapan biji dewandaru

Kupas biji dewandaru dengan cara meremas-remasnya dalam wadah yang berisi air hingga biji bersih tanpa ada daging buah yang menempel dipermukaan biji dewadaru. Selanjutnya tiriskan dan jemur biji dewandaru hingga permukaan kulit biji kering. Hal tersebut bertujuan agar daya tumbuh biji lebih cepat dan maksimal, selain itu penjemuran dapat membuat biji bertahan jika disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Selanjutnya rendam biji dewandaru ke dalam wadah berisi air yang telah dicampur dengan perangsang akar dalam dosis yang sesuai aturan pakai. Perendaman ini bisa dilakukan 1 hingga 3 hari hingga terlihat bagian biji mengalami pertumbuhan atau mengembang. Selanjutnya lakukan sortir terhadap biji yang tidak berkembang atau mengalami pembusukan dan biji dewandaru sudah siap ditanam.


  • Persiapan tempat dan media tanam dewandaru

Campurkan tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1 hingga merata. Usahakan pupuk kandang menggunakan kotoran kambing karena kualitas kotoran kambing lebih baik dibanding kotoran sapi. Sebelum memasukkan media tanam ke polybag, lakukan pelubangan pada bagian bawah polybag. Hal ini bertujuan untuk membuat tanah dalam polybag memiliki suhu dan kelembaban normal dengan tujuan agar sirkulasi air dan udara dalam tanah tidak terganggu dan teratur.

Setelah media tanam dan polybag siap, masukan media tanah ke dalam polybag hingga penuh dan lakukan penekanan menggunakan ibu jari atau jempol. Hal yang harus diperhatikan yaitu kepadatan tanah memiliki ukuran sedang artinya tidak terlalu padat atau tidak terlalu gembur. Setelah itu, lakukan penyiraman pada media tanam.


  • Penanaman pohon dewandaru

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Buatlah permukaan media tanah didalam dipolybag dengan kedalaman kurang lebih 2-3 cm. Masukkan biji dewandaru yang sudah siap dan tutup kembali dengan media tanam. Setelah semua biji sudah tertanam dalam polybag lakukan penyiraman menggunakan siraman gerimis hujan. Selanjutnya letakkan biji pada tempat yang teduh atau dibawah jaring paranet. Lakukan penyiraman setiap hari hingga tumbuh setelah biji tumbuh dengan akar yang lengkap dan kuat maka bibit dewandaru sudah bisa dipindahkan ke lahan tanam langsung atau polybag yang lebih besar.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 4 Cara Menanam Pohon Dewandaru Dari Biji Serta Manfaatnya! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: