9 Cara Budidaya Buah Strawberry Yang Mudah Dilakukan!

Diposting pada

9 Cara Budidaya Buah Strawberry Yang Mudah Dilakukan! – Menanam strawberry tidak rumit dan tidak ribet apalagi kalau kalian menanam di polybag, tanaman yang di tanam di polybag hampir sama dengan penanaman di lahan bebas. Para pembeli strawberry peminatnya sangat banyak. Buah strawberry sangat banyak sekali manfaatnya untuk pengobatan, kecantikan dan banyak sekali kandungan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan. Kaya tidak ada habisya strawberry yang mempunyai rasa asam ini banyak sekali dibudidayakan oleh petani. Apakah masih penasaran bagaimana cara menanam strawberry di polybag. Yuk kita baca dengan seksama cara menanam dan membudidaya stoberry dalam artikel dibawah ini.


Cara Budidaya Strawberry Di Polybag

Untuk menanam strawberry, kalian tidak memerlukan lahan luas Bila belum memilikinya. Cukup dengan menyiapkan polybag, kalian sudah bisa menanam buah strawberry sendiri. Ada beberapa tahapan yang harus kalian lewati, berikut akan kami ulas cara menanam strawberry di polybag yang bisa dilakukan di halaman pekarangan rumah.

  • Pengetahuan Syarat Tumbuh Strawberry

Semua tanaman membutuhkan media tanam yang subur, kalian harus menyediakan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman strawberry yang hendak ditanam. Strawberry tumbuh subur pada suhu sekitar 17C – 20C, namun jangan terlalu dingin batas yang terdingin untuk tanaman ini adalah 4C – 5 C. Strawberry membutuhkan sinar matahari selama 8 jam penuh. Curahujan berkisar 600 – 700 mm/tahun, dan menghendaki ketinggian pada 500 sampai 1300 mdpl (di atas permukaan laut).


  • Penyiapan Media Tanam

Karena kita menanam di dalam polybag strawberry tidak bisa mencari lagi bahan makanan lain, unsurhara yang ada di dalam polybag sangat di harpkan sekali oleh strawberry untuk pertumbuhannya. Pembuatan bahan media tanam hampir sama dengan yang lain.

Kumpulkan tanah kemudian gemburkan, campurkan tanah yang gembur dengan pupuk dasar berupa pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah jadi, berikan juga arang sekam atau sekam padi kemudian pastikan semua bahan tercampur rata. Tutup menggunagan terpal atau sejenisnya dan diamkan selama 1 hari.


  • Membuat Media Tanam

Saya anggap kali ini kalian sudah menyediakan beberapa bahan yang tadi kita bahas. Siapkan polybag yang akan kita jadikan strawberry tumbuh. Masukan tanah yang sudah siap ke dalam polybag.


  • Penanaman Strawberry

Bila polybag sudah siap untuk ditanam maka langkah selanjutnya kita masukan bibit tanaman strawberry ke dalam polybag. Bibit bisa diambil pada peranakan strawberry yang merambat, perhatikan gambar di bawah. Bila kalian lihat bibit yang merambat tersebut cukup besar dan memiliki perakaran yang cukup kuat, maka kalian bisa memotongnya.

Namun Bila masih kecil dan kalian ingin menanamnya kalian bisa menanam tanpa memotong ranting kecil yang merambat tersebut, jadi cukup tempelkan saja pada polybag yang sudah terisi tanah. Gunakan piting untuk menancapkanya agar bibit diam pada polybag.


  • Syarat Tumbuh Stoberry

Dalam melakukan sesuatu yang baru, kalian perlu mencari tahu informasi selengkap-lengkapnya untuk mendukung proses dan mencegah terjadinya kebuntuan akibat bingung harus apa selanjutnya. Setali tiga uang dengan budidaya seledri, sebelum melakukan penanaman stroberi, kalian harus tahu syarat tumbuh tanaman strawberry.

Berikut syarat tumbuh tanaman strawberry:

  1. Hasil maksimal akan diperoleh apabila strawberry ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian 1.000 – 1.500 meter dari permukaan laut.
  2. Strawberry tidak bisa tumbuh dengan baik apabila curah hujan terus datang setiap hari. Maka ia akan tumbuh dengan baik serta menghasilkan buah dan rasa yang sempurna di daerah dengan curah hujan 600 – 700 mm per tahun.
  3. Buah stroberi termasuk tanaman subtropis yang bisa tumbuh di Indonesia dengan baik. Akan tetapi, dirinya hanya lebih mudah untuk beradaptasi pada dataran tinggi dengan temperatur suhu 17 – 20 derajat celcius.
  4. Pertumbuhan strawberry akan berlangsung dengan baik setelah mendapatkan sinar matahari selama 8 – 10 jam setiap harinya.
  5. Tingkat kelembaban udara yang menstimulus pertumbuhan strawberry antara 70 – 80%.
  6. Derajat keasaman tanah atau pH tanah yang ideal untuk budidaya strawberry di dalam polybag atau pot adalah 6,5 – 7,0.
  7. Media tanam untuk budidaya strawberry tabulampot harus mempunyai sifat poros, mudah menelan air, dan ketersediaan unsur hara selalu ada.
  8. Cara Menanam Stoberry Dalam Polibag
  9. Belilah bibit strawberry ditempat penjual tanaman terdekat yang ada dilingkungan kalian
  10. Setelah bibit tersedia, siapkan juga polybag dan media pengisinya. Media pengisi dibuat dari susunan tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan masing-masing 1:1.
  11. Campuran media tanam langsung dimasukkan ke dalam polybag, pot, atau karung yang kalian jadikan wadah tampung tanaman.
  12. Buatlah lubang, lalu tanam bibit strawberry atau batang strawberry ke dalamnya.
  13. Siram bibit tersebut setiap pagi dan sore, setiap hari. Jaga selalu tingkat kelembaban tanah. Penyiraman harus mencukupi kebutuhan air agar bibit strawberry cepat tumbuh.
  14. Begitu bibit sudah ditanam, berikutnya hanya tinggal melakukan perawatan.

  • Pemeliharaan

  1. Pemupukan

Pemupukan diberikan ketika tanaman strawberry kalian sudah berumur 2 bulan. kalian bisa memberikan pupuk NPK pada sekitar perakaran.


  1. Penyriman

Lakukan penyiraman pagi atau sore, jangan dilakukan pada siang hari karena terik matahari membuat suhu tidak setabil. Lihat terlebih dahulu kelembaban polybag kalian Bila di rasa kering maka kalian harus menyiramnya.


  1. Penyiangan

Penyiangan secara rutin kalian harus memastikan yang tumbuh pada polybag hanya tanaman strawberry saja tidak untuk tanaman lain, cabut rumput atau gulma yang tumbuh dan bersihkan Bila ada daun kering atau yang kuning pada tanaman.


  1. OPT

Pencegahan hama penyakit sangat dibutuhkan, setidaknya kalian harus mengatur jarak tanam yang cukup luas, Bila tanaman di buat terlalu deka maka kelembaban naik dan ada kemungkinan hama dan penyakit akan terundang. Saya rasa ketika saya menanam strawberry di depan rumah yang terbanyak menyerang adalah hama ulat dan saya menggunakan pestisida berjenis kontak, tidak mungkin juga saya menyebutkan mereknya, namun kalian bisa membelinya di toko pertanian untuk mengatasi hama tersebut.


  • Pengaturan Buah

Pernah kalian melihat strawberry dengan buah yang besar dan tidak umum dengan yang lainnya. Mulai sekarang kalian bisa melakukanya, kalian cukup menyisakan tiga bunga saja. Bila ada bunga yang tumbuh dalam satu pohon melebihi tiga maka kalian jangan segan segan untuk memotongnya sisakan hanya tiga saja. Rahasia untuk membuat buah strawberry besar dan manis rasanya itu bisa kita lakukan tika kalian benar dalam melakukan perawatanya.


  1. Pemeliharaan

Kebersihan polybag dan jarak tanam yang cukup sangat berpengaruh sekali pada tanaman saat melakukan fotosintesis dan cahaya matahari secara leluasa masuk pada daun. Jarak tanam yang digunakan 40 cm. Saya rasa dari beberapa tanaman atau pembudidaya yang lain tidak melakukan hal itu, namun kekurangan dari cara ini kalian membutuhkan lahan yang cukup luas karena habis oleh jarak tanam yang luas.


  1. Makanan Tanamannya

Mustahil Bila tanaman subur dan berbuah lebat tanpa ada makanan yang mendukung mereka untuk tumbuh baik. Pemupukan yang digunakan berupa NPK yang dicampur dengan pupuk organik biasanya tanaman kalian membutuhkan banyak makanan ketika fase berbunga dan menjelang berbuah. Untuk contoh saja Bila daun menguning namun secara berlahan berarti strawberry kalian meminta unsur N, benar mereka membutuhkan unsur itu. Terserah kalian, kalian mau menggunakan pupuk tunggal atau pupuk majemuk dalam hal ini. Kebutuhan pupuk biasanya di awali pada usia strawberry 2 bulan, untuk selanjutnya pemupukan di berikan setiap 2 bulan sekali.


  1. Pemangkasan

Tanaman yang sehat dan memliki daun yang segar sangat menggembirakan, maka ada kemungkinan buah sehat dan besar akan segera keluar pada tanaman kalian. Seperti yang di bahas tadi kalian harus menyisakan colon bunga dan sisakan tiga buah saja. Hal ini mendorong tanaman strawberry untuk fokus memberikan nutrisinya pada tiga buah yang dipelihara.

Bila tanaman strawberry tumbuh dewasa bisanya mereka mengeluarkan anakan melalui ranting kecil. Bila kalian tidak ingin membibitkanya maka segera potong ranting tersebut, dan Bila kalian ingin memperoleh bibit lagi maka lakukan lagi tahap yang saya jelaskan di atas, jadi kalian membutuhkan media polybag yang baru lagi dan perbanyak tanaman kalian.


  • Agar Stoberry Cepat Buah

Agar tanaman strawberry yang sedang kalian tanam di polybag lebih cepat berbuah, selain melakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin, kalian juga perlu melakukan kegiatan yang dinamakan pendangiran dan penyiangan. Pendangiran dan penyiangan sendiri adalah kegiatan yang koheren dan kohesif dalam dunia pertanian. Kedua kegiatan ini dinilai dan bahkan diyakini oleh banyak pekebun sebagai faktor penyumbang terbesar dalam suksesnya kegiatan pertanian di seluruh dunia.

Pendangiran dilakukan oleh petani untuk menggemburkan lahannya dengan cara dicangkul kecil-kecil dengan hati-hati, jangan sampai melukai akar tanaman. Sementara penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput-rumput lihar pada tanah dengan tujuan untuk menjaga lahan atau media tanam selalu bersih sehingga terbebas dari pertumbuhan jamur, penyakit, dan hama parasit.


  • Masa Panen

Setelah berumur 2 bulan, bahkan kurang, buah strawberry sudah bisa dipanen. Semuanya bergantung dengan bagaimana perawatannya. Tanaman strawberry yang sudah bisa diambil buahnya mempunyai ciri-ciri umum seperti daging buah terasa kenyal dan empuk saat dipegang. Bila digigit mempunyai rasa yang sedikit asam. Kulit buahnya sudah berwarna merah mudah atau merah tua disertai warna tangkai yang agak cokelat kekuningan. Pemanenan buah strawberry dilakukan dengan memakai gunting khusus pemetikan buah atau pisau tajam. Petik buahnya dengan alat tersebut, lalu cuci dan dikeringkan menggunakan angin.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 9 Cara Budidaya Buah Strawberry Yang Mudah Dilakukan! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: