Cara Menanam Jagung Manis di Ladang

Cara Menanam Jagung Manis di Ladang

Diposting pada

Cara Menanam Jagung Manis di Ladang – Jagung manis sebenarnya mencakup tanaman yang mudah dibudidayakan. Dibandingkan dengan ladang jagung atau jagung biasa, prospek budidaya jagung manis ini jauh lebih besar. Ini karena harga jagung manis di pasaran cukup tinggi dengan tingkat permintaan pasar yang stabil cenderung meningkat. Periode panen tanaman jagung jenis ini juga lebih cepat. Terutama jika tanaman ini dibudidayakan di daerah yang mengandung banyak air, maka perawatan akan lebih mudah. Apakah ada orang yang tahu cara menanam jagung manis dibutakan? Pastinys beberapa yang sudah tahu dan tidak, yag tidak tahu jangan merasa bodoh karena pada kesempatan ini kita akan membahas CRA menanam jagung manis. Dalam penjelasan berikut.


Cara Menanam Jagung Manis di Ladang

Apakah kalian sudah mengetahui cara menanamnya? Beikut ini kami akan membahas bagaimana cara menanam jagung manis di lading:


  • Pengolahan Tanah

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menumbuhkan jagung manis adalah memproses tanah. Proses ini dapat disesuaikan sesuai dengan kondisi tanah di bidang Anda. Pemrosesan tanah dengan karakteristik parah dengan struktur terstruktur harus dilakukan dua kali. Adapun lahan cahaya dan berpori seperti alfisol, regosol, ethicol, dan oksixol, pemrosesan bisa minimum. Metode ini adalah tanah itu cukup untuk diproses di sepanjang garis tanaman dan telah dilakukan ketika tanaman jagung manis berusia 25 hari.


  • Pengadaan Benih

Jagung manis sekarang adalah salah satu tanaman wanita yang ditanam oleh petani Indonesia. Ini karena menumbuhkan tanaman jagung manis memang lebih menguntungkan daripada ladang jagung biasa. Karena itu, Anda bisa mendapatkan benih dengan mudah. Jika di sekitar Anda tidak ada rumah pertanian yang menjual benih jagung manis ini, Anda dapat membelinya secara online di www.tokotanaman.com. Kami menjual benih jagung manis dalam bentuk benih yang siap tanam. Benih yang kami jual adalah benih berkualitas unggul dan mampu memberikan hasil maksimal.


  • Teknik Penanaman

Biji jagung manis tidak perlu sakral di tanah khusus. Anda dapat langsung menanamnya di ladang. Biji jagung manis harus ditanam dengan pola reguler sehingga kapasitas tanah dapat sepenuhnya digunakan. Alih-alih menanamnya dengan pola persegi panjang, lebih baik menanam jagung manis ini dengan pola segitiga sehingga kapasitasnya meningkat. Metode yang digunakan dapat dikaitkan atau dibajak. Benih jagung manis dapat ditanam dengan jarak 75 x 40 cm untuk kapasitas 2 biji / lubang, atau spasi 75 x 20 cm untuk kapasitas 1 benih / lubang.

Khusus untuk jagung manis hibrida lebih baik ditanam menggunakan jarak 75 x 20 cm dengan setiap benih / lubang sehingga dapat menghasilkan produksi yang baik. Opsi lain menanamkan dengan sistem dua garis, yaitu jarak (90 x 50 cm) x 20 cm dengan 1 biji / lubang. Adapun sistem demonstrasi atau jajar legowo, spasi (90 x 50 cm) x 20 cm dengan 1 biji / lubang. Harap Anda dapat mencoba setiap saran kami di atas secara bergantian untuk mengetahui penanaman mana yang paling cocok untuk diterapkan pada ladang jagung yang Anda miliki.


  • Pemberian Pupuk

Tanaman jagung manis benar-benar diberi pupuk secara teratur sehingga mereka dapat tumbuh dengan baik, besar dengan cepat, dan dapat menghasilkan banyak buah. Agar hasil yang optimal, pupuk diberikan dengan cara dengan cara sekitar 7 cm di sekitar tanaman jagung manis. Atau bisa jadi pupuk ditaburkan ke gorbitan / parit yang ada di samping tanaman di sepanjang garis. Pupuk merinding ini kemudian ditutup menggunakan tanah di sekitarnya sehingga dengan cepat diserap ke tanah. Pemupukan ini harus dilakukan ketika kondisi cuaca cerah.

Pupuk yang harus Anda berikan kepada jagung manis akan menjelaskan sebagai berikut. Pupuk Phonska dan 1/3 urea diberikan kepada tanaman jagung manis yang sudah berusia sekitar 7-10 hari. Kemudian pada tanggal 21 hingga 25 hari, tanaman diberi pupuk urea dengan dosis 1/3 bagian. Akhirnya, yaitu 1/3 pupuk urea ditaburi sekali lagi pada tanaman yang berbunga dan berusia antara 35-42 hari. Dosis pupuk yang disarankan termasuk 350 kg / ha urea, 5 ton / ha, dan 400 kg / ha dolomite. Lakukan proses pembuahan ini dengan tepat sehingga hasilnya bagus.


  • Penyiangan dan Pembumbunan

Proses pembobotan tanaman jagung manis dilakukan dua kali, yaitu ketika tanaman 10-15 hari dan juga 25-28 hari. Sementara tukang las cukup dilakukan sekali, yaitu bersama dengan proses penyiangan kedua dan pemupukan kedua. Pekerjaan ini harus dilakukan secara efektif dan efisien sehingga energi Anda terbiasa dengan maksimal dan tidak hanya untuk bebas dari kekuasaan. Untuk mencapai efisiensi kerja, proses pemberantasan gulma ini dapat menggunakan herbisida yang berkembang pra-tumbuh dengan dosis sesuai dengan saran tentang pengemasan.


  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian dan penyakit hama yang merusak tanaman jagung manis dapat dilakukan dengan menggunakan metode teknis, mekanik, biologis dan kimia. Pemberantasan hama dan penyakit menggunakan pestisida adalah alternatif terakhir jika metode lain tidak berhasil mengatasi serangan atau penyakit hama ini. Beberapa hama yang sering menyerang jagung manis termasuk lalat benih, biji ulat, ulat penggerek buah, tikus lapangan, dan lainnya. Adapun jenis penyakit yang sebagian besar serangan, yaitu Bulai.


  • Pemanenan Jagung Manis

Tanaman jagung manis akan menghasilkan buah yang layak panen setelah usianya berkisar antara 70-75 hari. Proses panen ini dapat dilakukan pada buah jagung manis yang telah memasuki masak susu, atau juga dapat disesuaikan dengan permintaan pasar. Prosesnya cukup dilakukan dengan memilih jagung manis, lalu kumpulkan di keranjang khusus. Sementara tanaman jagung manis yang telah diambil oleh buah harus dicabut dari tanah dan dikumpulkan di tempat khusus untuk membuatnya lebih mudah untuk membersihkannya. Rata-rata di setiap hektar lahan budidaya jagung manis dapat menghasilkan sekitar 6-7 ton buah.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Jagung Manis di Ladang semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: