Cara Menanam Jagung Manis Agar Berbuah Besar

Cara Menanam Jagung Manis Agar Berbuah Besar

Diposting pada

Cara Menanam Jagung Manis Agar Berbuah Besar – Bagi Anda yang pemula yang ingin tahu cara menanam jagung manis untuk menghasilkan buah besar dan juga tebal, bagus untuk diketahui dengan jelas.

Karena setiap proses penanaman jagung sangat berpengaruh pada hasil nanti mulai dari pemilihan tanah ke perawatan mereka.

Untuk alasan ini, perlu dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan prosedur yang biasa digunakan oleh petani jagung untuk menanam jagung manis.

Namun, apakah Anda tahu cara menanamnya? Jika tidak, kita akan membahasnya di artikel kita di bawah ini.


Cara Menanam Jagung Manis Agar Berbuah Besar

Cara menanam jagung manis memiliki empat tahap penting, yaitu pemrosesan lahan, pembibitan, penanaman dan pemeliharaan. Empat tahap akan dijelaskan dalam diskusi di bawah secara berurutan.


  • Pengolahan Lahan

Sebelum melanjutkan cara memproses tanah untuk media penanaman jagung manis. Harap perhatikan terlebih dahulu tentang persyaratan untuk menumbuhkan jagung manis. Persyaratan target adalah sebagai berikut.

Pabrik ini memiliki tingkat adaptasi yang tinggi. Di Indonesia jagung manis dapat dibudidayakan mulai dari dataran rendah ke gunung dengan ketinggian 1.800 meter di atas dan bahkan jika dunia lain dapat tumbuh pada 3.000 meter DPL.

Suhu optimal untuk pertumbuhan jagung manis adalah 21-27oC, selama perkecambahan benih 23-27oC. Secara teori budidaya jagung manis dapat tumbuh di tanah dengan keasaman 5-8 pH.

Pemrosesan tanah untuk jagung jagung manis dilakukan dengan cara berikut.

  1. Tanah ditayangkan sebelum digunakan, sehingga tanah menjadi lebih longgar. Setelah bersikap bersikap, biarkan duduk selama sekitar 5-7 hari selama sekitar 5-7 hari.
  2. Bersihkan gulma yang menempel di tanah.
  3. Jika tanah yang Anda gunakan adalah tanah sawah, maka Anda dapat langsung menanam benih jagung manis, dan pastikan Anda membuat drainase dengan baik sehingga tanahnya tidak banjir atau Anda juga dapat menggunakan sistem tempat tidur. untuk membantu sistem drainase di darat. Tempat tidur dapat dibuat dengan lebar sekitar satu meter, dan panjang antara 20-30 cm.
  4. Buat lubang penanaman Tugalan dengan kedalaman sekitar 5 cm, dan pastikan untuk menyesuaikan jarak antara satu lubang dengan lubang lain. Jarak yang ideal untuk menanam benih jagung manis adalah sekitar 50-70 cm di antara lubang sehingga tanaman jagung dapat berkembang lebih baik. Secara teori, idealnya untuk satu hektar lahan dapat menghasilkan 34.000-36.000 pabrik.
  5. Semprotkan solusi herbaFarm cair dengan dosis 10 tutup botol dengan 14 liter air untuk tanah 500m2.

  • Pemilihan Bibit Jagung Manis

Pemilihan benih jagung sangat berpengaruh pada hasil yang diperoleh nanti. Benih jagung yang dipilih harus berupa benih jagung yang sehat, tidak mengandung penyakit, dan kualitas.

Jika Anda seorang petani jagung pemula, Anda dapat mencoba memilih benih jagung manis dari petani jagung profesional dan berpengalaman dalam hal budidaya jagung.

Selain itu Anda juga dapat membeli di toko pertanian terdekat atau belanja online melalui pasar seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, atau Bukalapak.

Setelah mendapatkan benih jagung manis, langkah selanjutnya adalah proses pemberian. Rendam benih dengan pupuk bio organik cair Herbafarm dengan dosis 2 tutup botol ditambah dengan liter air selama 30 menit.


  • Cara Penanaman

Selain dari cara penanaman, tentu saja, perlu dipertimbangkan adalah waktu penanaman. Kami merekomendasikan agar jagung manis ditanam pada awal musim hujan sehingga ketersediaan air dapat memadai untuk kebutuhan akan pertumbuhan jagung manis.

Tetapi jika Anda ingin menanam di musim kemarau, pastikan Anda memiliki sumber air yang dapat disalurkan ke tanah atau melakukan penyiraman biasa.

Penanaman dilakukan dengan memasukkan 2 atau 3 benih jagung manis ke dalam lubang yang telah disiapkan. Kemudian tutup dengan tanah di sekitar lubang.


  • Perawatan Tanaman Jagung Manis

Mirip dengan tanaman lain, bagian terpenting dari budidaya jagung manis adalah perawatannya. Di bagian perawatan ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu sebagai berikut.


  1. Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk herbaFarm cair dengan penyemprotan. Dosis yang digunakan adalah 5 tutup botol herbafarm ditambah 14 liter air di tanah 500m2.

Pemupukan dilakukan setiap minggu untuk bulan pertama dan setiap dua minggu untuk bulan kedua. Atau dapat disesuaikan dengan kebiasaan petani, yaitu dua kali pembuahan permeim.


  1. Penyiraman

Penyiraman dilakukan jika kondisi tanah sangat kering atau penanaman jagung manis dilakukan di musim kemarau. Jika dilakukan pada awal musim hujan, diperlukan penyiraman. Apa yang perlu dipertimbangkan adalah drainase untuk memastikan air tidak dibanjiri di sekitar pohon jagung manis.


  1. Pemberantasan Hama & Penyakit

Proses perawatan yang satu ini bisa dibilang cukup berat karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman jagung manis. Jadi sangat penting untuk memperhatikan proses infiltrasi hama dan penyakit sehingga tanaman jagung dapat tumbuh secara optimal.


  • Proses Panen

Jika semua proses telah lulus dan jagung manis siap dipanen. Jagung manis dapat Anda panen pada usia 3 bulan untuk periode panen ini juga berwarna dari tingkat kesuburan tanaman. Periksa beberapa Pohin sebagai sampel sebelum Anda melakukan panen komprehensif.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Jagung Manis Agar Berbuah Besar semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: