Cara Menanam Jagung dengan Media Kapas

Cara Menanam Jagung dengan Media Kapas

Diposting pada

Cara Menanam Jagung dengan Media Kapas – Di Indonesia karena cara menanam jagung pasti tidak asing untuk didengar, karena usia tua tanaman jagung sering dilakukan oleh masyarakat untuk mempertahankan perekonomian rakyat. Menanam jagung memiliki banyak manfaat yang bisa sangat menguntungkan ketika jagung ditanam dalam skala besar.

Jagung ditanami sangat baik di Indonesia karena memiliki iklim tropis, kemudian di negara kita ada banyak jenis varietas jagung yang dapat dibudidayakan, termasuk yang paling populer seperti BISI jagung dan Jugung Bonanza dan banyak cara untuk menanamnya dalam polybag, Di rumah, sawah dan masih.

Tetapi dalam artikel kita saat ini adalah bagaimana menanam jagung dengan media kapas, apakah sudah ada seseorang yang telah melakukannya? Jika kita tidak di sini kita meringkasnya.


Cara Menanam Jagung dengan Media Kapas

  • Lokasi Media Tanam Jagung

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam cara menanam jagung dengan kapas media adalah pemilihan lokasi yang cocok untuk penempatan media penanaman nanti. Tidak hanya berbeda dari menanam bunga kubis, pemilihan lokasi juga Anda lakukan untuk menentukan tempat yang cocok dalam proses transfer nanti. Dan di sini adalah penjelasan:

  1. Untuk pemilihan tempat media tanam, pilih tempat yang tidak terlalu panas dengan pencahayaan kurang optimal sehingga benih jagung cepat.
  2. Sedangkan untuk suhu itu sendiri Anda dapat menyesuaikan dengan suhu kamar, antara 230C hingga 260 tetapi untuk suhu yang baik, yaitu sekitar 240c hingga 250c.
  3. Berbeda jika Anda memilih lokasi untuk proses transfer, ini adalah yang pertama, pastikan Anda memilih tanah yang cukup mudah dijangkau seperti di halaman atau tanah kosong di dekat rumah Anda.
  4. Setelah itu, pastikan kondisi tanahnya tidak terlalu kering walaupun jagung benar-benar menyukai cuaca hangat.
  5. Selain itu, pastikan tanahnya bebas dari limbah, gulma, dan batu. Jadi, Anda harus membersihkan tanah terlebih dahulu.

  • Media Tanam Jagung

Langkah selanjutnya dalam cara menanam jagung dengan kapas media adalah membuat media tanam. Media penanaman yang Anda gunakan cukup mudah dan tidak perlu menggunakan tanah, alat dan bahan cukup sederhana dan mudah dipenuhi. Inilah penjelasan singkat:

  1. Pertama, Anda harus menyiapkan alat dan material terlebih dahulu, seperti untuk alat dan bahan, yaitu: kapas, botol atau cangkir plastik bekas (Anda juga dapat menggunakan baki), alat pemotong seperti pisau, gunting dan air.
  2. Setelah itu memotong botol plastik dan dapatkan keanekaragaman hayati, akan lebih mudah jika Anda menggunakan gelas atau baki karena tidak perlu proses pemotongan.
  3. Langkah selanjutnya masukkan penanaman MSDIA dalam bentuk kapas ke dalam botol plastik, gelas plastik, atau baki dan mendorongnya untuk mencapai ketebalan sekitar 2cm hingga 4cm kemudian basah dengan air.
  4. Cobalah ketika Anda basah ketika itu tidak terlalu basah, kondisi yang baik adalah kondisi lembab. Untuk membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk menggunakan semprotan untuk membuat kapas yang lembab.

  • Benih Jagung

Langkah paling penting dalam menanam jagung dengan media kapas adalah pemilihan benih jagung. Untuk pemilihan itu sangat mudah, dan penjelasan berikut:

  1. Pertama, Anda bisa mendapatkan benih di toko benih, setelah Anda mendapatkannya, pilih benih yang layak tanam.
  2. Adapun cara Anda mengetahui kualitas kualitas dan layak ditanam, yaitu dengan merendamnya terlebih dahulu selama 1 menit dan memperhatikan. Jika benih mengapung di permukaan air, maka itu adalah benih yang tidak layak tanam dan harus dibuang.
  3. Setelah itu, rendam benih yang layak ditanam selama sekitar 1 hingga 2 hari untuk membebaskan benih-benih proses Dulmansisi.

  • Perawatan Jagung

Setelah 2 hari Anda dapat memindahkannya ke media tanam. Untuk memindahkannya, Anda hanya perlu memasukkan benih saja pada kapas. Untuk detail lebih lanjut, penjelasan berikut:

  1. Tempatkan benih jagung terlebih dahulu pada kapas dengan menyebar dan tidak selesai. Cobalah jaraknya agak jauh dan rapi disusun untuk memfasilitasi proses pengiriman.
  2. Setelah itu, letakkan media tanam di dalam ruangan yang ditutupi dengan kondisi pencahayaan yang lebih sedikit untuk mempercepat pemotretan.
  3. Untuk proses penyiraman dilakukan jika kapas sedikit mongering dan jangan berlebihan sampai kondisi kapas basah.
  4. Proses penyiraman yang berlebihan dapat membuat tanaman jagung Anda mengalami busuk akar sehingga tidak layak ditanam.
  5. Biarkan jagung memiliki ketinggian sekitar 5cm tinggi hingga 10cm.

  • Pemindahan Bibit Jagung

Setelah Anda percaya jagung memiliki pemotretan sekitar 5cm hingga 10 cm, selanjutnya Anda harus melakukan proses bergerak karena jagung tidak dapat ditanam selamanya untuk menggunakan media kapas.

Apalagi tempat itu juga tidak cukup seiring dengan pertumbuhan jagung nanti. Berikut ini sedikit penjelasan tentang transfer bibit jagung dalam cara menanam jagung menggunakan media kapas:

  1. Pertama setelah Anda memilih lokasi yang tepat Anda dapat melakukan proses ucapan dan pemupukan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya buat lubang tanam dan gerakkan benih jagung ke dalam lubang tanam perlahan.
  3. Untuk memindahkannya, Anda dapat langsung menanamnya atau memisahkannya dari media kapas. Coba ketika proses transfer, benih tidak rusak dan rusak.
  4. Jaga tanaman jagung Anda sampai panen tiba.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Jagung dengan Media Kapas semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: