6 Panduan Lengkap Cara Menanam Brotowali dan Manfaat Brotowali

Diposting pada

6 Panduan Lengkap Cara Menanam Brotowali dan Manfaat Brotowali -Brotowali atau Aliali (Tinospora crispa) adalah tanaman tradisional Obata Indonesia yang dapat ditanam di pekarangan atau tumbuh liar di hutan. Nama lain untuk brotowali adalah andawali, antawali, putrawali atau daun gadel.

Pabrik Brotowali adalah tanaman panjat semak dengan tinggi batang 2,5 meter. Batang brotowali kira-kira seukuran jari kelingking dan bundar dengan rasa pahit. Breadowali satu lembar dengan bentuk seperti jantung atau lebih tepatnya bulat seperti telur dengan ujung yang tajam, panjang sekitar 7-12 cm dan lebar 5-10 cm. Bunga Brotowali kecil dalam warna hijau muda.

Pabrik Brotowali memiliki banyak keunggulan. Pertarungan Brotowali yang sangat pahit dapat digunakan sebagai obat rematik untuk menurunkan gula darah, mengurangi panas, dan meringankan gejala diabetes.


Cara Menanam Brotowali

  • Syarat Tumbuh Tanaman Brotowali

Tanaman Brotowali dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga dataran tinggi pada ketinggian 1.700 m di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh liar di hutan, di ladang atau di kebun. Tumbuhan brotowali menyukai ruang terbuka dan membutuhkan banyak sinar matahari.


  • Persiapan Lahan Penanaman Brotowali

Tanah yang digunakan sebagai area penanaman Brotowali harus disiapkan sebulan sebelum penanaman. Buat lubang tanam dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 30 cm. Ketika lubang tanam selesai, setiap lubang tanam menerima 0,5 hingga 1 kg pupuk kandang dicampur dengan tanah.

Tanaman Brotowali membutuhkan tongkat panjat, tongkat panjat dapat berupa tongkat panjat yang hidup atau batang panjat yang mati. Tongkat panjat ditanam di sebelah lubang tanam sebelum tanam.


  • Persiapan Benih Brotowali

Brotowali dapat diperbanyak dengan stek agar pertumbuhan tanaman merata. Stek berasal dari batang yang sehat dan sudah cukup tua. Panjang stek bisa 5 cm, 10 cm atau 15 cm.

Stek kemudian ditanam dalam kantong tanam yang berisi media tanam dalam bentuk campuran pupuk dan tanah dalam perbandingan 1: 1. Stek batang ditanam kembali selama 3-4 minggu. Untuk mempercepat pertumbuhan tunas, Anda bisa menggunakan air kelapa atau kelapa.


  • Menanam Brotowali

Ketika semuanya sudah siap, segera tanam. Keluarkan tas bibit Brotowali dengan hati-hati. Selanjutnya, masukkan benih ke dalam lubang tanam, lalu tutup kembali dengan media tanam di sekitar benih dan padatkan. Agar tanah tetap lembab dan mencegah gulma tumbuh, mulsa dari jerami, serasah atau daun kering harus ditambahkan.

  • Pemeliharaan Brotowali

Lakukan pemupukan dengan pupuk organik, pupuk cair dan kompos. Juga gulma atau tanaman lain yang tumbuh di sekitar tanaman Brotowali. Penyiangan dapat dilakukan secara manual atau menggunakan herbisida.


  • Panen Brotowali

Barang brotowali dapat dipanen saat berwarna coklat hitam. Cara memanen Brotowali dengan memotong batang Brotowali. Kemudian potong batangnya dan keringkan.


Manfaat Brotowali

  • Penambah Nafsu Makan

Nafsu makan kita sering terganggu. Ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mis. Karena penyakit, depresi, perubahan suasana hati, dll. Nafsu makan adalah situasi di mana sistem kontrol tubuh sendiri terjadi untuk memenuhi energi tubuh dan kebutuhan nutrisi. Ketika nafsu makan berkurang atau bahkan menghilang, tubuh kehilangan energi. Jika kondisi ini berlanjut, dapat menyebabkan penyakit serius dan risiko kekurangan gizi bagi tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Untuk Menanganinya, disarankan untuk segera mengambil tindakan dengan memakan vitamin yang membangkitkan selera atau menggunakan bahan-bahan tradisional lainnya seperti herbal yang dibuat dari bahan alami Brotowali. Adapun caranya adalah dengan meminum air rebusan daun Brotowali. Tambahkan manfaat madu ke sup untuk mengurangi rasa pahit.


  • Membantu Penyembuhan Luka

Brotowali mengandung alkalioid Barberin dan Columbina, yang bertindak sebagai pembunuh bakteri dalam luka. Penggunaan Brotowali untuk penyembuhan luka adalah dengan memalu beberapa lembar Brotowali dan kemudian menerapkannya pada luka. Selain itu, mencuci luka dengan rebusan Brotowali dapat menyembuhkan luka.


  • Menyembuhkan Penyakit Kulit

Penyakit kulit seperti kudis adalah penyakit kulit yang secara alami mengganggu penampilan kita. Selain itu, scabies adalah jenis penyakit menular, baik secara langsung maupun melalui mediator lain. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan Brotowali sebagai pengobatan alternatif. Caranya adalah:

  1. Hancurkan beberapa lembar breadowali.
  2. Campur manfaat belerang dan manfaat minyak kelapa dalam tabrakan.
  3. Kemudian oleskan pada daerah yang terkena skabies.
  4. Lakukan ini secara teratur.

  • Mengobati Diabetes

Diabetes adalah jenis penyakit yang mempengaruhi kematian jika dibiarkan tanpa pengawasan. Penyakit ini, sering disebut sebagai diabetes, disebabkan oleh kelainan pada sistem metabolisme tubuh yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:

  1. kegemukan.
  2. kurang berolahraga.
  3. kehamilan.
  4. kebiasaan makan yang tidak sehat.
  5. Faktor keturunan dan lain-lain.

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan sepenuhnya. Perawatan hanya digunakan untuk mengendalikan efek dan mengurangi risiko komplikasi.

Lalu apa hubungan antara diabetes dan Brotowali? Ternyata tanaman Brotowali memiliki sifat anti-diabetes yang dapat membantu mengendalikan gula darah. Metode pengobatannya adalah merebus batang breadowali, daun pahit, dan daun kumis kucing secara rutin dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.


  • Menurunkan Demam

Khasiat antipiretik dan analgesik Brotowali dapat membantu menurunkan demam Anda. Caranya adalah dengan memakan tangkai breadowali dicampur dengan madu. Madu mengurangi rasa pahit dari air rebusan. Beberapa obat herbal lain juga dapat digunakan untuk mengobati demam.


  • Menyembuhkan Sakit Kuning (Hepatitis)

Penyakit kuning atau penyakit kuning atau penyakit kuning adalah jenis penyakit yang ditandai oleh perubahan warna kulit, sklera (mata putih) dan kelenjar ludah, dan peningkatan bilirubin (senyawa pigmen yang merupakan hasil dari biliverdin enzymatic catabolism)) menyebabkan biliverdin reduktase) dalam tubuh .

Perawatan dilakukan untuk mengatasinya melalui perawatan medis dan pengobatan alternatif seperti penggunaan obat-obatan herbal. Brotowali adalah jenis obat herbal yang dapat membantu mengobati penyakit ini. Caranya adalah dengan rutin mengonsumsi secangkir rebusan batang breadowali yang telah dicampur dengan madu. Lakukan ini dua kali sehari.


  • Penyembuhan Rematik

Rematik, atau dalam bahasa medis sebagai rheumatoid athritis (RA), adalah peradangan sendi yang disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi virus, bakteri dan jamur di tubuh kita. Gangguan ini sering terjadi pada orang di atas 50 tahun. Karena alasan ini, Anda tidak boleh membebani tubuh Anda ketika Anda berusia 50 tahun.

Cara alami untuk mengobati gangguan ini adalah makan setengah cangkir batang Brotowali segar dua kali sehari. Lakukan ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.


  • Mengobati Gatal-gatal

Kami biasanya mendapatkan kondisi kulit gatal ini. Sensasi yang ditimbulkan selalu membuat kita menggaruknya. Tetapi ketika kita melakukan itu, itu dapat menyebabkan iritasi, luka, dan lecet pada kulit. Cara mengatasinya secara tradisional dilakukan dengan berendam di air hangat, direbus campuran daun breadowali. Lakukan selama sekitar 20 menit.


  • Menyembuhkan Malaria

Penyakit tersebut merupakan penyakit menular yang dikarnakan adanya parasit Plasmodium. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk. Kasus penyakit ini sering terjadi dan seringkali dapat berujung pada kematian.

Salah satu perawatan alami untuk penyakit ini adalah penggunaan campuran herbal yang berasal dari tanaman Brotowali. Caranya adalah makan daun breadowali dengan madu tiga kali sehari.


  • Mencerahkan Kulit Wajah

Bagi beberapa orang yang lebih memilih cara alami untuk merawat kecantikan wajah, lebih baik menggunakan campuran herbal seperti rebusan Brotowali untuk mencuci muka. Ini telah terbukti memiliki efek positif pada kulit wajah, akibatnya noda yang menempel pada wajah dapat dihilangkan dan warna wajah yang matt dapat dihilangkan. Alih-alih menggunakan produk kecantikan yang justru bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan nantinya.


  • Merangsang Kerja Urat Saraf

Kandungan zat pikroretin, yang menyebabkan sensasi rasa pahit pada tanaman Brotowali, dapat merangsang kerja saraf di saluran pernapasan. Ini bisa menurunkan suhu tubuh.


  • Mengobati Diare

Untuk mengatasi diare, diyakini bahwa air mendidih Brotowali yang dikonsumsi secara teratur membantu mengatasi diare. Ini karena Brotowali menghentikan pertumbuhan Salmonella Typhi, bakteri penyebab diare.


  • Anti Tumor

Pada tahun 1998, seorang ahli tumor dari India melakukan tes pada tikus dengan ekstrak Brotowali. Penelitian memberitahu bahwa manfaat Brotowali mempunyai sifat sitotoksik terhadap kanker serviks yang hampir cocok dengan obat yang digunakan untuk mengobati tumor. Penelitian pada manusia sekarang menunjukkan bahwa ekstrak Brotowali dapat mengobati kanker hati.


  • Memberikan Efek Menenangkan

Pemeriksaan pada tikus dengan ekstrak Brotowali menunjukkan bahwa senyawa ekstrak Brotowali dapat memiliki efek menenangkan pada hewan. Ini sejalan dengan penggunaan ekstrak Brotowali sebagai obat untuk penyakit mental di Filipina.


  • Mengobati Sakit Punggung dan Pinggang

Di provinsi Bali, tanaman Brotowali digunakan sebagai obat untuk sakit punggung dan sakit pinggang. Caranya adalah dengan mengoleskan tabrakan brotowali di bagian pinggang atau punggung yang sakit.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 6 Panduan Lengkap Cara Menanam Brotowali dan Manfaat Brotowali semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

7 Cara Ternak Kroto Dengan Media Paralon Untuk Pemula Jos!

41 Umpan Jitu Ikan Lele: Galatama, Harian, Umpan Alami, Super

Cara Menanam Srikaya Agar Cepat Berbuah Lebat dan Cara Semai

10 Cara Menanam Pohon Jagung: Pegertian dan Menanam Dipematang Sawah

Panduan Lengkap Cara Menanam Bawang Putih dan Bawang Merah Dengan Benar