Cara Menanam Bawang Bombay Dalam Gelas, Manfaat Bawang dan Efek Samping Mengomsumsinya

Diposting pada

Cara Menanam Bawang Bombay Dalam Gelas, Manfaat Bawang dan Efek Samping Mengomsumsinya -Bawang ini adalah jenis bohlam yang ideal untuk penanaman. Itu membutuhkan tanah yang gembur dan kaya akan nutrisi seperti ubi atau bawang putih dan bawang merah.

Setelah memahami pro dan kontra dari menumbuhkan bawang dalam stoples, Anda dapat memutuskan untuk menumbuhkan bawang dalam skala tertentu. Nah, bagi Anda yang tertarik menanam bawang dalam toples, inilah tahapan di mana bawang ditanam dalam toples.


Cara Menanam Bawang Bombay Dalam Gelas

  • Menyiapkan Media Tanam

Metode ini sebenarnya dapat dilakukan secara hidroponik atau semi-hidroponik (masih menggunakan tanah). Persiapan untuk media tanam berlangsung sebagai berikut.

Bahan:

  1. Wadah gelas plastik dengan diameter minimal 10 cm / gelas terbuat dari piringan botol mineral bekas yang pas dengan kepalan tangan.
  2. Bunga tanah.
  3. Mangkuk.
  4. Serbuk kayu.
  5. Pasir.

Bagaimana cara melakukannya:

  1. Buat lubang di bagian bawah kaca dengan lubang kecil untuk mengalirkan air dan menghindari stagnasi.
  2. Campur bahan dalam rasio berikut. Tanah lapisan atas (2), kulit (1), serbuk kayu (1), pasir (1).
  3. Setelah pencampuran merata, tuangkan campuran ke dalam wadah kaca.
  4. Jangan mengairi negara dulu. Biarkan tetap longgar.

  • Pemupukan Dasar

Tanaman umbi adalah umbi yang membutuhkan banyak nutrisi untuk memperbesar umbi. Oleh karena itu, akan sangat baik jika kita dapat memasok pupuk dasar untuk tanaman bawang. Pupuk dasar yang digunakan haruslah pupuk organik yang telah terurai total untuk mencegah pemanasan suhu tanah akibat proses dekomposisi pupuk baru. Pupuk ini ditempatkan dalam pot gelas.

Metode dasar pembuatan pupuk adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan pupuk organik (pupuk cair, kompos, butiran organik).
  2. Larutkan 100 g gula dan 1 liter jus nanas / pepaya dalam seember air.
  3. Tuang 500 ml EM4 ke dalam larutan gula dalam ember dan tutup.
  4. Tunggu minimal 3 hari.
  5. Taburkan larutan secara merata pada pupuk yang disiapkan, tutupi pupuk dengan terpal dan diamkan selama 7 hari.
  6. Maka pupuk bisa diaplikasikan.

Gali tanah ke dalam wadah kaca dan isi dengan 1-2 sendok makan pupuk. Tutupi dengan tanah lagi dan media tanam sekarang siap untuk menanam bawang.


  • Pembibitan Bawang Bombay

bmbay onion seed Karena kita menanamnya di media kaca, bawang harus ditanam langsung di gelas. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih bawang yang luar biasa besar dan tidak cacat.
  2. Akan lebih baik jika Anda bisa memastikan bahwa biji bawang berasal dari tanaman sehat.
  3. Kumpulkan bawang sebanyak jumlah cangkir yang disiapkan.
  4. Tuang bawang dan taruh di tempat teduh dan lembab.
  5. Tunggu bawang untuk keluar.
  6. Setelah bawang tumbuh, bawang bisa ditanam di wadah kaca.

  • Penanaman Bawang Pada Media Gelas

Bawang berkecambah berarti siap ditanam di media tanam. Cara menanamnya sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Gali bagian bawah dalam gelas sekitar setengah ukuran bawang.
  2. Tempatkan tunas bawang di lubang dengan kuncup menghadap ke atas.
  3. Tutup dengan tanah sampai setengah bawang terkubur.
  4. Siram bawang segera sehingga rebung dapat segera menyerap nutrisi.
  5. Sesuaikan posisi dan lokasi media Geas. Usahakan untuk menyimpan gelas di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Sesuaikan jarak antara kacamata dengan 10 cm.
  6. Setelah penanaman, lanjutkan dengan proses pemeliharaan.

  • Penyiraman Tanaman Bawang Bombay

Jika Anda ingin menanam bawang dalam stoples, Anda bisa menggunakan dua jenis teknik irigasi. Pertama, dengan metode tradisional mencuci dengan lemak. Yang kedua adalah metode tabung tetes. Metode tabung tetes ini sebenarnya lebih praktis.

Tapi tentu saja Anda perlu biaya tambahan untuk melakukannya. Cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan tabung yang melewati setiap media gelas dan kemudian membuat lubang jarum tepat di atas kaca. Bagian bawah selang terhubung ke tangki air ember / barel, sedangkan ujungnya dapat dibuat menjadi penghenti yang bisa dilepas.

Ketika silinder diisi dengan air, buka tutup sumbat di ujung selang sehingga air mengalir melalui selang dan sumbat dapat diganti. Air dalam selang menetes langsung ke media gelas. Cobalah untuk membiarkan air menetes dalam jangka waktu lama (tidak mengalir).


  • Penyiangan

Dengan metode ini, Anda mendapat manfaat dari kurangnya gulma, karena Anda mungkin tidak perlu memberinya makan. Bahkan jika Anda menyiangi, itu hanya membutuhkan waktu sekitar 2 bulan. Gulma tidak mudah tumbuh di media kaca. Namun seiring waktu, satu atau dua rumput tumbuh. Ini sebenarnya tidak memiliki banyak dampak pada tanaman bohlam, tetapi Anda bisa menariknya keluar jika Anda mau.


  • Pemupukan Susulan

Tujuan menambahkan pupuk tambahan ke bawang adalah untuk mempercepat pertumbuhan dan memperbesar umbi. Karena itu kita harus mencampur pupuk bawang yang cocok. Pupuk tambahan yang baik adalah pupuk yang mengandung unsur makro dan mikro dengan dosis seimbang. Untuk melakukan ini, lakukan hal berikut:

  1. Larutkan 1 gelas NPK 16-16-16 untuk 40-50 liter air
  2. Tambahkan pupuk organik cair (POC), yang tersedia secara komersial sesuai dengan dosis yang tertera pada label.
  3. Aduk sampai rata
  4. Pupuk ulang siap digunakan.

Anda dapat menggunakan dua metode untuk aplikasi. Pertama, dengan metode biasa, di mana sekitar 20 ml disemprotkan langsung ke bagian bawah tanaman, dan dengan metode kedua, selang tetes digunakan dengan mencampurkan larutan pupuk ke dalam tong air (cukup) sampai pupuk selesai. merata dengan air.

Interval untuk pemberian pupuk Sususlan dimulai dalam 10 hari pertama dan kemudian dapat diulang setiap dua minggu. Jangan memberi pupuk terlalu sering, karena ini dapat mengubah pH tanah dalam gelas.


  • Perawatan Khusus Untuk Indoor

Jika Anda menanamnya di dalam ruangan sebagai bunga hias, seperti menanam sukulen, Anda harus membuatnya. Ikuti langkah-langkah ini untuk menjaga tanaman tetap hidup dan tidak mati di dalam ruangan:

  1. Anda dapat menempatkan tanaman bohlam di dekat jendela kaca sehingga terkena cahaya di siang hari.
  2. Anda dapat menggunakan lampu fotosintesis untuk menggantikan sinar matahari.
  3. Jangan lupa menyemprot daun dengan larutan pupuk organik cair agar daun tetap segar.
  4. Ini hanya khusus untuk mereka yang telah menanam dalam ruangan sebagai hiasan.

  • Penanggulangan Hama dan Penyakit

Jika Anda menanam bawang dalam toples ini, Anda akan mendapat lebih sedikit serangan hama. Juga lebih mudah untuk mengatasi serangan hama dengan segera. Penularan penyakit antar tanaman juga sangat rendah. Ini karena media tanamnya terpisah (tidak dinaikkan). Hama utama dalam cara menanam bawang dalam stoples adalah infestasi dengan jamur dan bakteri patogen.

Serangan jamur dan bakteri patogen dapat menyebabkan bawang bombai membusuk. Jadi, jika Anda melihat gejala kejang dengan daun bengkak atau umbi yang tampak membusuk, pisahkan tanaman segera dan jilat dengan fungisida + bakterisida, sehingga bakteri dan patogen jamur mati. Jika tanaman dapat sehat kembali, tanaman dapat dikumpulkan kembali dengan tanaman sehat lainnya.


  • Panen Bawang Bombay

Panen bawang ini dapat berlangsung pada usia 4,5 – 5,5 bulan setelah tanam. Dalam metode penanaman, gelas ini akan cocok untuk Anda konsumsi sendiri. Anda dapat memanennya di dekat rumah kapan saja. Itu bisa dijual, tapi tentu saja hasilnya tidak setinggi bawang merah di daerah terbuka yang luas.

Tanaman bawang ini juga merupakan spesies yang pernah dipanen. Bersihkan umbi yang Anda ekstrak dari sisa tanah dan akar. Anda dapat menyimpan umbi yang dipanen di tempat yang kering agar umbi tidak membusuk atau tumbuh kembali.


Kelebihan dan kekurangan Menanam Bawang Bombay Digelas

  • Kelebihan

  1. Menghemat ruang atau tanah
  2. Dapat diterapkan pada lahan minimal
  3. Tampilan yang bagus dapat menjadikannya sebagai dekorasi interior

  • Kekurangan

  1. Membutuhkan banyak biaya
  2. Tidak efisien jika untuk penanaman skala besar (hanya skala rumah tangga)
  3. Anda membutuhkan perawatan yang lebih intensif.

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

  • Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Kuat

Kandungan quercetin antioksidan dalam bawang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap radikal bebas. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau sudah tercampur dalam mangkuk sup.


  • Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, efektivitas bawang dipercaya dapat menjaga tekanan darah, mengurangi risiko serangan jantung.

Ini karena kandungan kalium dalam bawang, yang memiliki efek hipotensi. Quercetin, sejenis flavonoid dalam bawang, juga membantu kalium menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Quercetin dalam bawang juga dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri, mengurangi risiko stroke. Namun, karena sebagian besar penelitian berfokus pada hewan, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami manfaat bawang pada manusia.


  • Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan jus bawang ke kepala selama setidaknya 2 bulan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang mengalami kerontokan rambut. Namun demikian, temuan dalam hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.


  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes yang ingin menurunkan kadar gula, cobalah makan bawang tiga kali sehari di setiap makanan Anda selama 2 bulan. Namun, pengetahuan yang relevan belum didukung oleh bukti ilmiah yang memadai.


  • Mengatasi Terjadinya Kanker

Bawang, dengan kandungan vitamin C yang melimpah, diyakini membantu mengatasi radikal bebas karsinogenik. Satu studi menemukan bahwa bawang pada pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi membantu mengurangi resistensi insulin dan hiperglikemia.


  • Menjaga Tekanan Darah

Bila kalian menderita tekanan darah tinggi harusnya memakan produk-produk yang mengandung bawang dan bahan-bahan lain seperti vitamin E dan C selama setidaknya 1 minggu, ini dapat membantu menurunkan tekanan darah (sistolik) tetapi tidak tekanan darah diastolik (lihat di bawah).


  • Mengatasi Masalah Tenggorokan

Beberapa orang mengklaim bahwa bawang memiliki kemampuan untuk mengatasi sakit perut, bronkitis, pembengkakan mulut dan tenggorokan. Selain itu, makan bawang dikatakan mengurangi risiko berbagai jenis kanker.

Selain itu, diyakini bahwa kandungan quercetin dalam bawang dapat mengendurkan otot-otot saluran pernapasan, sehingga mengurangi gejala asma sangat membantu.


  • Meningkatkan Sistem Pencernaan

Serat makanan dalam bawang memastikan bahwa sistem pencernaan bekerja dengan baik. Bawang mengandung serat khusus, yang disebut oligofructose. Serat ini meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus. Oligofructose juga diperlukan untuk mencegah dan mengobati diare. Sementara itu, phytochemical dalam bawang juga dapat mengurangi risiko sakit maag.


  • Memperbaiki Mood

Manfaat bawang lainnya juga diyakini berkontribusi pada suasana hati yang positif. Ini karena kandungan bawang dapat mencegah kelebihan homosistein, yang dapat memengaruhi produksi hormon yang memberikan kenyamanan, yaitu serotonin, norepinefrin, dan dopamin. Ketiga jenis hormon ini baik untuk mencapai pemulihan yang memadai.

Selain itu, diyakini bahwa kandungan folat dalam bawang membantu mengurangi depresi.


  • Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Diyakini juga bahwa kandungan vitamin C dalam bawang menjaga kesehatan kulit dan rambut. Sementara folat dapat membantu meredakan depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari penumpukan dalam tubuh. Homocysteine ​​dapat menghambat aliran darah dan nutrisi otak.


  • Menjaga Kesehatan Tulang

Sebuah studi menemukan bahwa makan bawang setiap hari dapat meningkatkan kepadatan tulang pada wanita yang sedang atau telah mengalami menopause.


Efek Samping Mengomsumsi Bawang Bombay

Meskipun bawang bombai memiliki banyak keunggulan, setiap orang memiliki tingkat toleransi yang berbeda. Berikut adalah beberapa kelompok yang konsumsi bawang bombaynya perlu dimonitor, termasuk:

  • Pada orang yang alergi terhadap bawang merah, mengonsumsi aspirin dapat meningkatkan sensitivitas terhadap bahan ini.
  • Bawang, khususnya, dapat menurunkan kadar gula pada penderita diabetes. Penderita diabetes yang mengkonsumsi obat bawang harus hati-hati memeriksa kadar gula mereka.
  • Sementara itu, bahan ini dapat memperlambat proses pembekuan darah pada orang dengan gangguan pendarahan dan pasien yang menjalani operasi dan mengonsumsi bawang merah sebagai obat. Berhenti mengkonsumsi bawang merah sebagai obat dua minggu sebelum operasi.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Bawang Bombay Dalam Gelas, Manfaat Bawang dan Efek Samping Mengomsumsinya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: