7 Panduan Lengkap dan Benar Cara Menanam Pohon Durian

Diposting pada

7 Panduan Lengkap dan Benar Cara Menanam Pohon Durian -Hampir semua orang menyukai buah durian, buah asli Asia Tenggara tersebut memang mempunyai rasa yang sangat lezat serta enak. Apalagi bila kalian mencoba buah durian montong. Dagingnya yang lembut, serta biji duriannya yang kecil membuat durian ini menjadi primadona di kalangan durian lainnya. Cara menanam durian tergolong mudah apalagi bila kalian memakai benih durian montong yang sudah jelas terbukti kualitas. Bagi kalian yang hendak memulai menanam durian serta mau mengetahui cara menanam durian yang baik, berikut akan Kami ulas secara singkat cara menanam durian untuk hasil yang maksimal.


Cara Menanam Pohon Durian

  • Menentukan Lokasi

Cara menanam durian yang tepat, terlebih dahulu kalian harus memahami dimana lokasi untuk menanam durian? lahan yang bagaimana, berikut syarat tumbuh tanaman :

  1. Tanaman durian tumbuh baik pada lahan tropis dengan ketinggian sekitar 500 hingga 800 meter diatas permukaan laut.
  2. Intensitas sinar matahari sekitar 40 % hingga 50%.
  3. Suhu lahan untuk cara menanam durian sekitar 23 hingga 30 derajat
  4. Curah hujan yang dibutuhkan tanaman durian sekitar 1500 hingga 2500
  5. mm per tahun.
  6. Tanah yang baik untuk cara menanam durian adalah jenis tanah
  7. latosol, andosol, serta tanah podsolik merah kuning.
  8. PH tanah untuk cara menanam durian sekitar 6 – 7.

  • Menetukan Bibit Durian

Cara menanam durian yang baik diawali dengan menentukan benih durian yang akan kalian tanam. Memperoleh benih dengan varietas unggulan serta bebas dari segala macam hama penyakit, serta mempunyai peluang tumbuh yang baik adalah beberapa syarat utama memilih benih durian. Disamping itu, benih yang diperoleh dari indukan yang hasil panennya melimpah juga syarat memilih benih durian yang baik.

Kreteria bibit ideal :

  1. Daun benih durian banyak.
  2. benih durian sehat serta segar.
  3. benih durian terbebas dari penyakit atau hama tanaman.
  4. Batang benih durian kokoh dengan percabangan terdiri dari 2 hingga 4.
  5. arah
  6. Banyak terdapat tunas baru pada batang benih durian.

  • Menanam Durian

Setelah benih durian unggul sudah kalian dapatkan, selanjutnya cara menanam durian adalah mempersiapkan lahan sebagai alat tanam menanam durian kalian. Tahap – Tahap mempersiapkan lahan tanam adalah sebagai berikut :

  1. Bersihkan lahan dari gulma serta tanaman liar yang menghalangi masuknya sinar matahari ke loksi lahan.
  2. Cangkul lahan untuk menggemburkan tanah sebelum ditanam, selanjutnya diamkan selama 3 hari untuk dianginkan.
  3. Berikan pupuk kompos untuk menambah unsure hara lahan yang dibutuhkan tanaman, serta diamkan kembali selama 1 minggu supaya pupuk terserap sempurna oleh tanah.
  4. Cara menanam durian selanjutnya adalah membuat lubang tanam dengan jarak antar lubang kurang lebih 8 x 8 m, tujuan jarak antar tanaman sejauh itu adalah supaya antar tanaman tidak berebut nutrisi di dalam tanah, tidak menutupi tanaman lainnya saat sinar matahari masuk, serta mencegah penyebaran hama penyakit kepada tanaman terdekatnya.
  5. Diamkan lubang tanam selama 1 minggu supaya gas racun tanah memuai oleh sinar matahari serta terbawa angin.
  6. Cara menanam durian sebaiknya dimulai pada musim penghujan supaya tanaman baru memperoleh suplay air yang cukup.
  7. Masukkan benih durian kedalam lubang tanam dengan posisi tegak, kemudian tutup kembali dengan tanah hingga batas pangkal batang benih durian.
  8. Setelah ditanam, sirami setiap tanaman secukupnya untuk memenuhi kebutuhan air bagi tanaman durian.

  • Pengairan Tanaman

Cara menanam durian selanjutnya adalah rutin menyirami benih durian setelah ditanam kedalam lahan. Pada tanaman durian yang baru ditanam membutuhkan pasokan air yang cukup banyak, sehingga penyiraman sebaiknya dilakukan secara rutin setiap pagi serta sore hari hingga usia tanaman mencapai umur 1 bulan sejak masa tanam.


  • Penyiangan Tanaman

Cara menanam durian yang tidak kalah penting adalah mencabut gulma atau rumput liar yang menutupi akar mayang tanaman durian yang muncul diatas tanah. Sebaiknya membersihkan rumput liar tersebut tidak memakai arit atau cangkul karena dikhawatirkan bisa mengenai akar mayang tanaman durian.


  • Pemupukan Susulan

Memberi pupuk susulan pun perlu dilakukan untuk menanam durian supaya menjaga stabilitas kandungan unsure hara tanah bagi nutrisi yang dibutuhkan tanaman durian. Pemupukan susulan dilakukan setahun sekali dengan cara menaburkan pupuk kompos yang sudah matang di sekitar tanaman durian.


  • Panen Durian

Bia sudah mengerti bagaimana langkah menanam durian diatas, tibalah saat yang ditunggu-tunggu yaitu masa panen durian. Durian bisa dipanen bervariasi tergantung jenis varietas benih durian yang kalian tanam. Untuk durian lokal biasanya dipanen ketika berumur 8 sampai 10 tahun, sedangkan jenis durian montong bisa dipanen setelah berusia 3 hingga 4 tahun sejak masa tanam.

Ciri Durian siap panen :

  1. Ujung duri kulit buah berwarna kecoklatan.
  2. Warna garin diantara duri jelas serta kontras.
  3. Ruas tangkai membesar.
  4. Berbau harus khas aroma durian.
  5. Terdengar bunyi menggema apabila buah durian dipukul.

Manfaat Buah Durian

  • Sumber Energi

Tertulis 100 gram durian bisa memenuhi sekitar 21% kebutuhan karbohidrat harian. Karena mengandung karbohirat yang cukup, buah ini bisa membantu kamu meningkatkan energi.


  • Anti Depresi Alami

Durian secara alami mempunyai kandungan vitamin B6. Vitamin B6 berfungsi untuk memproduksi serotonin. Hormon serotonin berfungsi untuk pemberi perasaan nyaman serta senang. Maka dari itu buah ini bisa membantu kamu mengatasi depresi.


  • Menjaga Kesehatan Tulang serta Gigi

Bau mulut saat puasa? Begini tips supaya mulut tetap wangi?

Kandungan kalsium, kalium serta vitamin B di durian berguna untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi kamu.


  • Menunda Penuaan

durian sehat bagi tubuh istimewa

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu mengurangi radikal bebas di dalam tubuh. Vitamin tersebut terdapat di buah durian.


  • Baik Untuk Sistem Pencernaan

Keberadaan serat tinggi pada durian membuat pencernaan lancar.


  • Menjaga Tekanan Darah

Didalam buah ini terkandung potasium yang dibutuhkan untuk melindungi kadar natrium di tubuh. Maka dari itu, memakan buah ini bisa menangkal hipertensi.


  • Bermanfaat Untuk Penderita Anemia

bila jumlah folat tidak memadai di tubuh, maka bisa menurunkan jumlah sel darah merah. Hal itu bisa memicu anemia. Nah, folat dalam durian bisa membantu menaikkan jumlah sel darah merah.


  • Membantu Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Durian mengandung organosulfur yang berguna untuk membantu mengatur enzim inflamasi. Karena itu durian berpotensi mejauhkan penyakit kardiovaskular.


  • Menyembuhkan Insomnia

Penelitianyang terdapat di Jurnal Peer-review Medicine, ditemukan bahwa triptofan berfungsi dalam mengurangi gangguan tidur. Triptofan ini ada dalam durian.


  • Mengatur Kadar Gula Darah

Dalam durian terdapat kandungan mangan yang cukup tinggi. Mangan bisa membantu mengatur kadar gula dalam darah.


  • Mendorong Nafsu Makan

Durian kaya akan vitamin B. Vitamin B bisa membantu mendorong nafsu makan kamu.


  • Durian Tidak Mengandung Kolesterol

Melewatkan sarapan bisa memicu kegemukan, kok bisa?

Ini yang sering nggak dipahami orang-orang bahwa durian adalah buah pemicu tingginya kolesterol. Padahal faktanya di durian tidak ada sama sekali kandungan kolesterolnya. Jadi aman untuk orang yang punya kolesterol tinggi.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 7 Panduan Lengkap dan Benar Cara Menanam Pohon Durian semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

9 Cara Budidaya Buah Strawberry Yang Mudah Dilakukan!

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Super Sederhana Untuk Pemula

2 Cara Menyemai Bibit Cabe Agar Cepat Tumbuh Dengan Hasil Optimal!

Cara Menanam Pohon Coklat Unggul Serta Tips Membudidayakannya!

Cara Menanam Lidah Buaya Agar Subur Serta Tipsnya!