Panduan Lengkap Cara Menanam Cangkokan Kelengkeng Lengkap

Diposting pada

Panduan Lengkap Cara Menanam Cangkokan Kelengkeng Lengkap -Buah lengkeng adalah jenis buah yang dicintai oleh banyak orang, tidak hanya anak-anak dan bahkan orang dewasa. Rasanya yang manis dan mudah dikonsumsi adalah alasan tersendiri. Di beberapa daerah, Longan juga dikenal dengan berbagai nama mulai dari Longan, Cat’s Eye, dan Longan. Longan itu sendiri adalah jenis buah dari suku Lerakererakan dan spesies tanaman dari Asia Tenggara.

Buah lengkeng sekecil bawang, sedangkan pohonnya bisa mencapai ketinggian 40 m dengan diameter 1 m. Meskipun mereka sangat besar dan besar, tidak jarang orang menanam pohon lengkeng. Karakteristik pohon lengkeng dapat dikenali dari daunnya, biasanya daun lengkeng kecil dan terdiri dari 2 hingga 6 pasang daun. Sementara penggunaan daun, bahkan untuk bunga yang selalu di ujung daun, adalah sekitar 1 hingga 20 cm.

Berbeda dengan kulit buah, bubur kayu Lengkeng memiliki warna putih agak jernih. Pada beberapa jenis kelengkeng, lapisan dagingnya tipis, dalam beberapa jenis kelengkeng itu lebih besar dan lapisan buahnya tebal. Biji lengkeng itu sendiri berwarna hitam dengan tekstur halus dan licin. Terlepas dari rasa manis buah lengkeng.


Kandungan buah lengkeng

  • saponin
  • quercetin
  • quercitrin
  • air
  • magnesium
  • kalsium
  • Serat
  • glukosa
  • Vitamin A, C dan E.

Banyaknya nutrisi di Longan dapat diperoleh tanpa perlu membeli Longan di supermarket. Ada banyak cara menanam dan memperbanyak pohon buah lengkeng. Bagi Anda yang ingin menanam pohon buah lengkeng, kami membaca artikel kami dengan seksama di bawah ini 


Cara Menanam Cangkokan Kelengkeng

  • Persiapan Mencangkok Pohon Kelengkeng

Cara sederhana dan efektif untuk mereproduksi lengkeng vegetatif adalah dengan mencangkok. Adapun persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum menanam graft, pertama-tama siapkan instrumen dan bahan graft ke situs implantasi nanti. Berikut penjelasan singkatnya:

  1. Keuntungan dari cangkok adalah bahwa sifat-sifat yang diwariskan dari tanaman cangkokan identik dengan orang tua. Untuk mendapatkan cap yang bagus, Anda harus memilih pohon lengkeng berkualitas tinggi.
  2. Kualitas dari Lengkeng Pohon lengking adalah pohon yang dapat tumbuh tinggi dan tinggi dengan buah yang subur dan sehat. Usahakan untuk menjaga indukan pada usia produktif yang tinggi.
  3. Setelah menemukan pohon yang tepat, pilih lokasi penanaman yang tepat nanti. Ini adalah tempat yang bersih untuk sampah dan sampah. Jaga agar lokasi Anda bebas dari kontaminan seperti asap otomotif dan asap dapur.
  4. Kemudian juga menyediakan alat dan bahan yang nantinya akan Anda gunakan dalam bentuk plastik atau serat kelapa, tali rafia, pisau dan pot jika Anda ingin menanam pohon lengkeng dalam pot.
  5. Jika Anda ingin menanam dalam pot, siapkan pot besar. Jika pot terlalu kecil, Anda bisa melakukan transfer nanti.

  • Mencangkok Pohon Kelengkeng

Langkah selanjutnya dalam menanam cangkokan kayu Longan adalah Anda harus melakukan transplantasi pohon Longan terlebih dahulu, meskipun Anda sebenarnya dapat membeli cangkokan pohon Longan. Tetapi mendapatkannya juga cukup sulit, lebih mudah jika Anda mencangkokkannya sendiri dan dengan cara berikut:

  1. Pilih batang pohon yang tumbuh dan lurus. Anda kemudian dapat memulai proses transplantasi.
  2. Keratlah bagian-bagian kambium pada batang dalam lingkaran dengan panjang sekitar 3 sampai 5 cm dengan cabang panjang mulai dari ujung daun sampai leher Keratan minimal 50 cm.
  3. Setelah Anda memotongnya sekitar 1 hingga 2 hari sehingga kambium mengering di atas kayu, rendam media yang akan digunakan dalam air.
  4. Pada langkah berikutnya, pasang plastik atau serat kelapa dengan mengikatnya di bawah batang yang dikencangkan.
  5. Masukkan sedikit tanah atau sekam ke dalam plastik dan ikat kembali. Jangan lupa untuk selalu merawat graft Anda. Pertahankan kelembaban graft dalam serat plastik atau kelapa dengan menyiraminya dengan air.
  6. Tunggu sampai implan Longan Anda berhasil. Ini ditandai dengan terbentuknya akar, yang bisa Anda lihat dari luar plastik.

  • Siapkan Media Tanam

Langkah selanjutnya dalam menanam cangkokan lengkeng adalah menyiapkan media tanam. Setelah memilih lokasi yang tepat, Yolanda berbeda dari cara menanam bunga. Cara membuat media tanam agar kelengkeng Anda bisa tumbuh dengan baik:

  1. Bersihkan gulma, batu dan gulma dari area penanaman. Lalu longgarkan lantai.
  2. Saat melonggarkan tanah, Anda bisa menambahkan pupuk dan mengukur pH tanah. Tanah yang baik untuk budidaya lengkeng adalah tanah asam rendah sekitar 6 hingga 10.
  3. Anda dapat menggunakan pupuk kandang atau kompos untuk pupuk yang baik. Kedua jenis pupuk ini tidak hanya ramah lingkungan, mereka juga tidak mengubah sifat tanah.
  4. Jika pH tanah terlalu asam, Anda dapat menambahkan kapur dolmitat ke tanah sampai keasamannya berkurang.
  5. Buat lubang tanam di negara itu ukuran prangko. Kemudian potong stempel Anda dan pisahkan dari bungkus plastik akar.
  6. Masukkan lubang tanam dan tutup lubang dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk.

  • Pemeliharaan

Cara merawat lengkeng pohon cangkokan sampai panen datang, cara menanam lengkeng dicangkok. Perawatannya cukup sederhana, Anda hanya perlu menyiram, memupuk, menjaga pohon tetap bersih, dan menangani hama dan penyakit. Berikut penjelasan singkatnya:

  1. Sirami pohon Longan Anda setidaknya sekali sehari untuk menjaga kelembaban tanah dalam medium nutrisi.
  2. Juga berikan pupuk setiap dua minggu dengan jenis pupuk, kompos atau pupuk kandang yang sama.
  3. Jangan lupa untuk menjaga pohon lengkeng Anda tetap bersih. Ini sangat penting untuk mencegah virus dan hama. Untuk menjaga kebersihan, Anda bisa menyiangi dan memangkas.
  4. Pemangkasan dan penyiangan memiliki waktu yang berbeda. Anda dapat melakukan ini setiap tahun untuk pemangkasan, sementara Anda bisa melakukannya secara teratur setiap 2 minggu untuk penyiangan.
  5. Juga selesaikan masalah hama dan penyakit yang dapat memengaruhi pohon lengkeng Anda. Anda dapat menggunakan pestisida untuk mencoba dan menyediakan tanaman obat terkait penyakit.
  6. Hati-hati sampai panen tiba karena buah lengkung cirri yang bisa Anda panen cukup besar dan permukaan kulitnya halus dan mengandung nodul yang terlihat agak lemah.
  7. Anda biasanya dapat memanen lengkeng pada usia 4 hingga 6 bulan setelah berbunga, tergantung pada jenis lengkeng yang Anda tanam.
  8. Hindari panen pada siang hari atau di tengah hujan sehingga buah-buahan tidak rusak dan menguap banyak.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Panduan Lengkap Cara Menanam Cangkokan Kelengkeng Lengkap semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

6 Cara Menanam Pohon Kelengkeng Dalam Pot Dengan Benar Lengkap

20 Jenis Cabe Yang Ada di Dunia Pedasnya Luar Biasa WOW!!!

6 Panduan Lengkap Cara Menanam Brotowali dan Manfaat Brotowali

7 Cara Ternak Kroto Dengan Media Paralon Untuk Pemula Jos!

41 Umpan Jitu Ikan Lele: Galatama, Harian, Umpan Alami, Super