Teknik dan Cara Pembenihan Ikan Kerapu Macan Pada Bak Beton

Diposting pada

Pemanenan Telur

Pemanenan telur dilakukan pada pagi hari pukul 08.00 dimana pada saat itu telur lebih kuat apabila terkena goncangan karena telah berada pada tahap fase gastrula.

Pemanenan telur dilakukan dengan cara resirkulasi air dimana telur terbawa air yang keluar menuju bak pemanenan telur melalui saluran pemanenan yang berada disisi bak.

Telur yang terbawa aliran air ditampung dalam egg collector yang ada didalam bak pemanenan telur. Egg collector terbuat dari screen net dengan mesh size 150 – 200 μm.

Telur yang sudah terkumpul di egg collector dipanen menggunakan gayung dan ditampung didalam ember yang kemudian telur dipindahkan ke dalam akuarium dan diberi aerasi.

Seleksi Telur

Telur yang sudah dipanen dari bak pemanenan telur dipindah ke akuarium volume 100 liter untuk diseleksi.

Seleksi telur dilakukan dengan tujuan untuk memisahkan telur berkualitas bagus dan jelek atau yang terbuahi dan yang tidak terbuahi. Seleksi telur dilakukan pada akuarium dengan cara mematikan aerasi.

Telur yang bagus akan terapung dipermukaan atau melayang pada badan air yang disebabkan oleh masa jenis telur lebih kecil dari pada air, warna telur transparan, berbentuk bulat.

Berat jenis telur lebih kecil disebabkan oleh minyak atau lemak yang berkembang. Telur yang jelek akan tenggelam di dasar akuarium berwarna putih susu (keruh).

Telur yang jelek dibuang dengan cara disiphon secara perlahan-lahan dengan menggunakan selang 3/16 inchi dan telur yang bagus dipindahkan menggunakan gayung.

Telur yang baik akan terapung dibagian permukaan dengan warna transparan berbentuk bulat,kuning telur berada di tengah, berukuran 850-950 μm, sebaliknya telur yang jelek berada di dasar, berwarna putih susu.

Perhitungan Telur

Perhitungan telur di lakukan setelah telur diseleksi. Telur yang telah diseleksi dipindahkan kedalam akuarium baru kemudian dilaksanakan perhitungan telur.

Perhitungan telur dengan metoda sampling yang dilakukan secara acak dengan syarat kepadatan merata. Telur yang sudah dihitung dipindah ke bak larva dengan kepadatan 10 butir/liter.

Contoh Tabel Jumlah telur yang dihasilkan

Tanggal jumlah telur
22 januari 750.000
23 januari 4.200.000
24 januari 1.050.000
Jumlah 6.000.000