Ikan Bala Shark

Cara Merawat Ikan Bala Shark

Diposting pada

bertani.co.id – Ikan Bala Shark adalah ikan hias air tawar yang praktis asli Indonesia. Karena ikan ini ditemukan di Semenanjung Melayu, Sumatra dan Kalimantan. Bala shark (Balantiocheilos melanopterus) adalah spesies dari keluarga Cyprinidae dan satu dari dua spesies dari genus Balantiocheilos. Bala-Hai juga dikenal dengan julukan Tricolor Shark, Hiu Perak atau Hiu Ikan Kecil.

Namanya menunjukkan bahwa ikan ini adalah ikan pemangsa yang, jika dipelihara, tidak dapat dicampur dengan ikan hias lainnya, terutama ikan hias kecil. Penggemar hobi tidak khawatir tentang ikan hias jika Anda ingin merawat dan memelihara ikan hiu bala.

Karena ikan hias, yang bentuk tubuhnya menyerupai hiu, dapat berubah menjadi ramah dan dapat dicampur dengan ikan hias lainnya. Meskipun bala shark dialam liar berburu liar memakan fitoplankton, krustasea kecil, rotifera dan serangga, dan bahkan larva atau burung mereka sendiri, ikan ini dapat menerima pelet ketika dirawat di akuarium.

Ikan Bala Shark


Klasifikasi Ikan Bala Shark

[table id=138 /]


Morfologi Ikan Bala Shark

Hiu Bala sangat indah, warna seluruh tubuhnya berwarna perak dengan pinggiran hitam di punggung, ekor, sirip dubur dan panggul. Mata hiu Bala terlihat sangat bulat dan besar karena mereka berfungsi untuk menemukan dan menangkap mangsa. Pertumbuhan atau panjang hiu ikan terbesar adalah 35 cm. Postur hiu Bala sangat mirip dengan hiu, itulah sebabnya mengapa ikan Bala Shak adalah perenang yang sangat cepat.


Cara Merawat Ikan Bala Shark

Dibutuhkan ketelitian dan perawatan untuk merawat hiu Bala ini. Jadi ada beberapa hal yang layak disebutkan. Di bawah ini adalah tips tentang cara merawat dan merawat hiu Bala sehingga mereka dapat hidup lama:

  • Siapkan akuarium berukuran ideal. Ukuran akuarium tidak boleh kurang dari 150 cm. Karena jika tidak ada, pertumbuhan ikan menyusut dan ikan hiu tidak bisa berumur panjang.
  • Buat tempat di mana hiu bisa bersembunyi. Karena ikan ini memiliki karakter yang mudah kaget, ia lebih sering tertekan oleh lingkungan barunya.
  • Jangan memberi akuarium terlalu banyak hiasan atau aksesori sehingga masih ada ruang untuk Bala-Hai.
  • Pastikan pH air 6,0 hingga 8,0, kekerasan air 5,0 hingga 12,0 dGH dan jumlah air antara 22 dan 28 derajat Celcius. Perbarui air aktif dengan 30-40% seminggu sekali.
  • Untuk menambah nafsu makan ikan ini, naikkan suhu akuarium 2 hingga 3 derajat Celcius.
  • Letakkan penutup pada akuarium untuk mengantisipasi pergerakan ikan aktif dan melompat.
  • Pilihan pakan terapung untuk pakan, karena ikan ini menyerap pakan mereka di lapisan air atas dan ikan-ikan ini tidak bersemangat ketika mereka memakan pakan di bagian bawah akuarium.
  • Jangan menyediakan makanan dalam bentuk cacing darah, karena ikan ini mengalami kesulitan mencerna kulit chitin mereka, yang dapat merusak sistem pencernaan hiu.
  • Atur ukuran porsi porsi pakan untuk ikan ini. Jangan sampai terlewatkan dan jangan makan berlebihan. Karena itu dapat mempengaruhi kelangsungan ikan hiu.
  • Jika Anda ingin memasukkan spesies ikan lain dalam hiu akuarium, cobalah untuk memilih ukuran yang sesuai dengan ukuran ikan hiu Anda. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil untuk ukuran ikan hiu. Beberapa jenis ikan hias air tawar yang mungkin berteman dengan ikan akuarium adalah ikan hiu, ikan neon tetra, ikan harborquin rasbora, dan ikan kecil lainnya.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 10 Cara Merawat Ikan Bala Shark Yang Benar Untuk Pemula! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: