Cara Menanam Kopi Untuk Pemula Dijamin Cepet Panen

Bertani.co.id Cara Menanam Kopi Untuk Pemula Dijamin Cepet Panen – Kita semua tentu saja tidak asing dengan kopi. Kopi sering mengkonsumsi sebagai minuman dengan rasa yang mantap. Ya, rasanya luar biasa karena kopi akan menghasilkan rasa dan aroma yang diseduh dengan nikmat pada suhu tertentu dengan bahan lain tambahan seperti gula, cokelat atau kriminal. Untuk alasan ini, kopi adalah minuman yang jauh populer dari waktu ke waktu tidak hanya oleh pria dan wanita, terutama orang dewasa.

Seiring waktu permintaan pasar untuk biji kopi terus meningkat. Ini karena di era modern kopi dapat diproses menjadi berbagai jenis seperti permen, kue kopi, kopi instan, rasa roti dll. Ini membuat harga biji kopi meningkat. Peluang ini digunakan sebagai petani untuk mencoba menumbuhkan tanaman kopi untuk mendapatkan keuntungan.

Cara Menanam Kopi Untuk Pemula Dijamin Cepet Panen

Ada dua varietas kopi yang umumnya dikenal dengan komunitas yang lebih luas, kopi arabika dan kopi robusta. Untuk menumbuhkan kopi tentu kita harus memahami Daulu cara menanam kopi sejati. Dengan mengetahui cara menanam kopi maka Anda tidak akan bingung ke mana harus memulai dan melakukan perawatan apa selama proses penanaman kopi.


Cara Menanam Kopi Untuk Pemula Dijamin Cepet Panen

Cara menanam kopi adalah serangkaian proses mulai dari awal persiapan lahan untuk memanen buah kopi nanti. Selanjutnya kami akan memberi Anda cara menanam kopi sejati untuk menjadi panduan bagi Anda dalam memelihara tanaman kopi. Langkah-langkah untuk menanam kopi terdiri dari:


·         Persiapan Lahan

Sebenarnya tanaman kopi lebih cocok untuk ditanam di tanah dengan ketinggian setidaknya 60 meter di atas permukaan laut tetapi tidak lebih dari 800 meter di atas permukaan laut. Namun, jangan khawatir untuk Anda yang memiliki area penanaman tingkat rendah dengan ketinggian di bawah 60 meter di atas permukaan laut. Sebenarnya tanaman kopi masih bisa tumbuh dan beruang buah, mungkin ukuran dan rasa kacang kopi sesungguhnya agak berbeda. Secara umum, kriteria lahan yang cocok untuk menanam kopi adalah sebagai berikut:

  1. Lokasi agak teduh “tidak terpapar sinar matahari langsung selama lebih dari 6 jam”.
  2. Memiliki iklim tropis.
  3. Memiliki tingkat keasaman tanah “pH” 5.5-6.5.
  4. Memiliki elemen nutrisi yang cukup.
  5. Tanahnya longgar.
  6. Jika Anda telah mengkonsumsi tanah yang memiliki kriteria ini, itu dapat diserahkan pada tahap menanam kopi berikutnya.
  7. Menanam pohon naungan “penghalang cahaya”

Karena tanaman kopi adalah tanaman yang membutuhkan keadaan keren dan tidak terpapar sinar matahari langsung, tanaman perlu digunakan sebagai ahli. Untuk memilih pohon naungan yang bagus, Anda harus memilih pohon cepat untuk tumbuh dengan intensitas daun yang tidak terlalu subur. Varietas tanaman yang cocok untuk disajikan adalah Lamtoro dan Sengon.

Lamtoro membeli benih atau tanaman di darat sengon kemudian rapi dan membentuk alur. Tunggu hingga pertumbuhan yang tinggi dalam ukuran dan mulai menciptakan suasana tenang di tanah yang subur. Biasanya ini membutuhkan waktu 2 tahun.


·         Pengolahan Lahan Tanam

Jika pohon naungan telah tumbuh tinggi dan melindungi lahan tanam dari paparan sinar matahari langsung, proses pemrosesan tanah dapat mulai ditanam dengan kopi. Urutan pemrosesan tanah adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, buat lubang penanaman terlebih dahulu dengan ukuran sekitar 30 x 30 cm dan ke 30 cm juga.
  2. Membuat lubang penanaman lain yang diatur untuk jarak yang rapi.
  3. Jarak antara lubang minimal 2 m.
  4. Suchiba lubang penanaman menggunakan bakterisida dan fungisida.
  5. Setelah ini, lubang dapat diberikan pupuk dasar.

·         Pemberian Pupuk Dasar

Setelah lubang penanaman disiapkan, maka itu adalah ketentuan pupuk dasar, ini adalah bagian penting dari cara menanam kopi karena pupuk dasar ini akan berguna untuk menyediakan pasokan gizi besar untuk tanaman kopi selama hidup mereka. Pupuk dasar yang digunakan adalah pupuk organik, yaitu dapat pupuk pupuk organik atau butiran organik yang umumnya dijual di toko pertanian, yang terbaik adalah campuran pupuk kompos dengan pupuk kandang, campuran campuran dapat 1: 1: 2 atau 1: 2.

Untuk cara berikut ini:

  1. Campur pupuk kompos dengan kotoran sampai didistribusikan secara merata.
  2. Tambahkan pupuk ke lubang penanaman.
  3. Masukkan EM4 “Mikroorganisme dekomposer” dijual di toko pertanian dengan air.
  4. Taburkan insektisida bubuk untuk mencegah serangan uret dan orong-orong.
  5. Tutup lubang dengan tanah dan biarkan terlebih dahulu sehingga pupuk rusak.

Ini akan memakan waktu minimal 2 minggu sehingga pupuk pecah dengan baik, sambi menunggu pupuknya untuk mogok kita dapat mempersiapkan benihnya terlebih dahulu.


·         Pembibitan Biji Generatif

Kopi dapat dihasilkan secara generatif melalui biji atau cangkok vegetatif, setiap metode memiliki kekuatan dan kekurangannya sendiri, berikut ini adalah penjelasannya.


1.      Metode Pembibitan Generatif

  • Pilih biji kopi berkualitas dan berasal dari benih unggul, yaitu tanaman kopi sehat dan buah berat.
  • Anda dapat membelinya di toko pertanian untuk mendapatkan kualitas benih yang dijamin.
  • Siapkan tanah humus kemudian dengan halus.
  • Tempatkan tanah humus yang telah diayak pada plastik polybag hitam berukuran sedang.
  • Tanam biji kopi dalam polybag plastik dengan kedalaman sekitar 3-5 cm.
  • Sebarkan tanah itu kemudian biarkan tumbuh.

Benih yang telah tumbuh dan kemudian ditempatkan di tempat teduh di tempat pertama sekitar 1 minggu dan sering disiram. Pada usia 1 minggu setelah tumbuh itu dapat disemprotkan dengan pupuk organik cair dan pindah ke tempat yang terpapar sinar matahari langsung untuk memacu pertumbuhannya.

Sampai benih tumbuh setinggi minimal 30 cm “sekitar 2 bulan” maka benih dapat ditransfer ke lubang penanaman.


2.      Cangkok vegetatif

Metode vegetatif cangkok adalah:

  • Pilih tanaman sehat dan beruang buah untuk mencangkok
  • Cari batang berukuran sedang dan lurus, yaitu diameter sekitar 3 cm
  • Kupas di sekitar basis batang
  • Bersihkan dari lendir sampai isinya di batang tidak licin lagi
  • Gunakan serat plastik atau kelapa saat membungkus cangkok
  • Fiber plastik atau kelapa pertama di dasar bagian bawah batang yang dikupas
  • Isi tanah humus basah pada plastik atau serat kelapa kemudian sangkupkan ke pangkal bagian batang yang sudah dikupas
  • Ikat bagian atas kemudian selesai

Graft sering dikirim ke secara teratur sampai mereka menumbuhkan akar sekitar 3-4 minggu, cangkok dapat dipotong dan dipindahkan ke lubang tanam.

Keunggulan

  1. Waktu pembibitan yang lebih pendek
  2. Tanaman akan dengan cepat menanggung buah seperti pemuliaan
  3. Tidak ada risiko mati saat kecil
  4. Kekurangan
  5. Tanaman kurang tahan terhadap penyakit
  6. Akar dan tanaman batang kurang kuat
  7. Produksi tanaman hanya seperti brooder dan tidak dapat melampaui itu

Nah setelah mengetahui cara keributan kopi maka Anda dapat menentukan ke mana Anda ingin menggunakan, setelah benih siap maka dapat ditanam ke lubang penanaman.


·         Penanaman Bibit Kopi

Tahap selanjutnya dari cara kopi mananam adalah menanam benih ke dalam lubang penanaman yang telah disiapkan sebelumnya, hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

  1. Sebarkan benih sebelum dipindahkan ke lubang penanaman
  2. Lakukan transfer benih pada sore hari untuk menghindari layu tanaman di panasnya hari
  3. Penanaman benih lengkap pada satu waktu
  4. Buat gundukan longgar melingkar di sekitar pangkal tanaman sehingga air mudah diserap dan tidak kolam renang
  5. Segera berkembang benih yang telah ditanam
  6. Lakukan 2 minggu pertama, yaitu memilih tanaman mati atau sakit dan abnormal untuk diganti dengan benih baru
  7. Setelah selesai, langkah selanjutnya adalah perawatan tanaman.

·         Perawatan Tanaman Kopi

Ini juga merupakan bagian penting dari cara menanam kopi karena perawatan tanaman kopi akan mempengaruhi hasil produksi buah juga, sekarang ada beberapa langkah perawatan tanaman kopi.


1.      Penyiraman

Penyiraman dilakukan secara teratur dapat 2 minggu jika musim kemarau, meskipun tanaman kopi dapat bertahan dengan sedikit air, tetapi akan menyenangkan untuk disiram karena dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pastikan airnya tidak flush di sekitar bar tanaman karena dapat menyebabkan akar busuk.


2.      penyiangan.

Penyiangan juga dilakukan secara teratur, hujan tanaman naungan dapat dikurangi dengan daun sehingga tanah di bawah ini tidak terlalu lembab.


·         Pemupukan Susulan

Pemupukan tindak lanjut ini dilakukan sehingga pengembangan tanaman semakin cepat. Yaitu menggunakan pupuk NPK, jalannya adalah pupuk NPK dilarutkan dalam air dengan rasio 2 cangkir NPK untuk 35 liter air. Kemudian terletak secara merata di setiap pabrik, lakukan setiap 2 minggu, setelah disiram, di musim curah hujan, pemupukan dengan NPK dapat dikurangi.


·         Pemupukan Dasar Ulang

Setiap sekali setiap 1 tahun, tanaman kopi perlu diberikan pupuk basis berulang, terutama ketika berbuah kemudian, interval untuk penyediaan pupuk berulang dapat dipersingkat setiap 6-8 bulan. Pupuk yang digunakan masih merupakan periode pupuk dan kompos. Caranya adalah menggali tanah di sekitar akar pohon kopi dengan jarak 60-100 cm. Kedalaman bisa 30 cm dan kemudian melakukannya seperti metode pupuk dasar yang disebutkan di atas.


·         Panen Kopi

Panen biji kopi dapat dilakukan setelah tanaman sekitar 2,5-3 tahun setelah penanaman. Di graft tanaman bahkan bisa lebih cepat, umumnya tanaman kopi pertama masih sedikit. Seiring waktu dengan meningkatnya jumlah cabang pohon, tanaman akan meningkat. Tanaman kopi tidak dipanen sekali ketika buah tidak akan matang secara bersamaan. Oleh karena itu, menghabiskan hingga lebih dari sebulan panen kopi, mulai berada di sekitar Mei dan Juni.

Kopi yang dimasak dapat dilihat dari perang yang telah berwarna merah, ini adalah warna terbaik dari biji kopi untuk panen Anda dapat memanennya menggunakan tangan Anda. Di bagian yang tidak terjangkau itu harus menggunakan tangga. Tebal buah-buahan dan jangan menjadi muda atau bahkan membusuk. Buah yang telah dipanen kemudian dimasukkan ke dalam wadah “biasanya Burlap Sack” dan dapat dijual atau diproses terlebih dahulu.


·         Perawatan Pasca Panen

Setelah panen, Anda selesai gempa susulan sehingga tanaman dapat semakin produktif yang harus dilakukan sama dengan ukuran perawatan tanaman kopi yang disebutkan di atas.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Kopi Untuk Pemula Dijamin Cepet Panen semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: