Panduan Lengkap Cara Menanam Ubi Ungu dan Manfaat Ubi Ungu

Diposting pada

Panduan Lengkap Cara Menanam Ubi Ungu dan Manfaat Ubi Ungu -Menanam ubi jalar ungu adalah pilihan yang tepat untuk pertanian karena mudah dipelihara dan tidak tergantung pada musim. Selain itu, menanam ubi jalar ungu tetap menjadi peluang besar, karena makanan dari umbi semakin dibutuhkan, terutama umbi ungu, yang diolah menjadi berbagai makanan olahan.

Biaya merawat tanaman ubi jalar jauh lebih rendah dan menghasilkan keuntungan yang jauh lebih tinggi daripada buah-buahan dan tanaman lain seperti tebu, beras dan kedelai. Tanaman ubi jalar sangat tahan terhadap kondisi kering (sejenis tanaman xerophyte) di musim kemarau dan dapat bertahan hidup untuk waktu yang cukup lama tanpa disiram.

Namun demikian, sangat hati-hati dalam membahas penanaman ubi jalar yang baik dan tepat untuk menghasilkan ubi jalar yang besar dan berlimpah.


Cara Menanam Ubi Ungu

  1. Menanam Bibit

Ada berbagai metode penanaman bibit untuk menanam ubi ungu:

  • Salah satunya adalah menumbuhkan kembali umbi.
  • Mulailah menanam tunas. Ubi jalar biasanya tidak tumbuh dari biji seperti kebanyakan sayuran lain, tetapi dari celana yang berasal dari kecambah ubi jalar.
  • Untuk menanam pucuk, belah dua kentang manis dan rendam dalam segelas air dingin.
  • Tempatkan tusuk gigi di tiga tempat di sekitar tengah ubi dan letakkan di wadah yang setengah terendam air.
  • Ubi ungu yang kalian pilih harus terlihat sehat. Jika Anda melihat perubahan warna atau lesi pada kulit Anda, ubi Anda mungkin sakit, yang berarti kecambah juga bisa sakit.
  • Jaga agar anak tangga tetap hangat. Proses pertumbuhan membutuhkan kehangatan. Karena itu, letakkan gelas di dekat sumber panas.
  • Tempatkan gelas sedekat mungkin ke jendela sehingga ubi jalar tumbuh di bawah sinar matahari. Jika tidak, letakkan di dekat pemanas untuk menyerap panas ini.
  • Biarkan kecambah embrio tumbuh. Jika perlu, isi air ke dalam toples atau gelas untuk menjaga agar rendaman dari ubi tetap konstan.
  • Tunggu sampai kecambah terbentuk di ubi. Ini membutuhkan waktu beberapa minggu. Setelah kecambah daun, ambil kecambah individu dan dengan hati-hati tarik keluar dari ubi seperti dalam budaya Anubias.
  • Setiap ubi ungu dapat menghasilkan hingga 50 kecambah.
  • Perhatikan pertumbuhan root. Letakkan setiap kuncup dalam wadah datar dengan bagian bawah batang terendam air.
  • Biarkan daun menggantung di tepi wadah. Anda akan melihat akar di bagian bawah setiap tunas selama beberapa hari.
  • Ketika akarnya sekitar satu inci panjang, akarnya tumbuh panjang dan bisa ditanam.
  • Tentu saja, biji atau potongan ubi jalar ungu juga dapat dibeli langsung dari penjual tanaman.

  1. Persiapan Lahan Tanam Ubi Ungu

Tanah tempat menanam ubi jalar pertama kali digarap. Buang gulma atau hama lain di seluruh negeri. Kemudian longgarkan tanah dengan membajak atau membajak. Kemudian buat bedengan dengan ketinggian sekitar 30-40 cm, lebar 60 hingga 100 cm dan panjang yang disesuaikan dengan negara. Masukkan jarak antara tempat tidur kira-kira. 40 hingga 60 cm. Kemudian lakukan pemupukan dasar dengan kompos atau pupuk rebus dengan dosis sekitar 20 ton per hektar lahan.


  1. Cara Menanam Ubi Ungu

Cara menanam ubi jalar ungu:

  • Gali lubang dengan lebar 8 atau 12 cm dan lebar 7 hingga 8 cm.
  • Tempatkan palka dengan akar ke bawah dan bagian atas yang rindang di atas tanah dalam lubang kira-kira 8 sampai 12 cm.
  • Isi lubang dengan hati-hati, hati-hati agar tidak menyentuh atau merusak terlalu banyak akar.
  • Tekan ringan di lantai untuk mengeluarkan airbag.
  • Tunas atau briefing yang baru ditanam harus disiram setiap hari di minggu pertama, setiap hari di minggu kedua, dan dikurangi secara teratur ketika mulai tumbuh.
  • Basahi mereka secara merata, tetapi perhatikan tanaman untuk menghindari genangan air.
  • Jamur tumbuh subur di bawah sinar matahari. Jika tanah kering, sesuaikan jadwal irigasi.

  1. Perawatan Ubi Ungu

Jika benih mati setelah 3 minggu, mereka tidak akan tumbuh atau layu dengan segera. Ganti benih yang tidak tumbuh lebih awal dengan benih baru. Anda melakukan menjahit ini saat Anda merawat tanah dan menghilangkan gulma / gulma yang tumbuh di hamparan bunga ubi jalar.


  • Pengendalian Gulma dan Pengobatan Hama dan Penyakit

Membersihkan rumput / gulma sangat penting karena hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan ubi Anda. Nutrisi yang terkandung dalam tanah dibagi oleh tanaman gulma yang tumbuh dengan tanaman ubi jalar. Prosedur pembuangan gulma harus mencapai akar untuk mencegahnya tumbuh lagi.

Gulma yang menjadi cukup besar harus dihilangkan / dihilangkan di sekitar tempat tidur. Namun, jika gulma masih kecil, sekitar 0,5 cm bisa dicabut, akar dipotong dan ditenggelamkan di tanah sekitar bedengan. Gulma / gulma mengandung banyak nutrisi dan nitrogen, yang baik untuk menanam tanaman.

Jika Anda menemukan tanaman yang sakit atau terinfestasi, mereka biasanya terlihat layu dan tidak sehat serta ditandai dengan daun kuning. Banyak yang jatuh. Hama yang mempengaruhi tanaman ubi jalar biasanya ulat yang ditemukan di ubi atau di daun.

Cara memecahkannya yaitu dengan membersihkan tanaman yang sakit supaya tidak menular, yaitu dengan cara kimia, dengan menyemprotkan insektisida seperti Curacron 500 EC atau Matador 25 pada konsentrasi yang disarankan. Jika Anda menemukan tanaman yang terlalu berat, Anda harus menariknya keluar untuk mengganggu transfer ke tanaman lain.


  • Irigasi

Irigasi selama pertumbuhan ubi jalar masih diperlukan untuk menanam tanaman dan mencapai hasil umbi yang besar dan berlimpah. Masa pembentukan dan pengembangan ubi jalar dalam 1-2 bulan setelah tanam. Selama waktu ini, penyiraman hanya dilakukan seminggu sekali, waktu terbaik untuk menyiram adalah pagi atau sore hari.

Untuk irigasi, irigasi harus berfungsi dengan baik. Ini penting untuk memastikan bahwa tanah tidak terlalu lembek saat disiram. Irigasi dapat dilakukan terus menerus seminggu sekali. Penyiraman kemudian bisa dihentikan pada 2-3 minggu sebelum panen.


  • Tanah Melonggarkan

Pada umur 4 minggu setelah tanam, tanah gembur digunakan dengan hati-hati dengan membongkar secara bertahap di sekitar bagian bawah penanaman ubi jalar dengan radius sekitar 10 cm dari pusat akar tanaman. Ini akan membantu mencegah tanaman tumbuh menyebar di mana-mana. Dalam pengalaman petani, hasil pertumbuhan optimal dan bersih, umbi besar diproduksi dengan cara ini.

Pada umur 6-9 minggu, tanah yang dibongkar ditutup lagi, sementara akar yang menyebar dari jalur penanaman dibersihkan. Jika konsentrasi pertumbuhan umbi diatur secara terpusat di pangkal akar, umbi akan tumbuh dalam ukuran besar.


  1. Penyakit Ubi Ungu

Ubi jalar Anda dapat menjadi korban berbagai hama dan penyakit dari waktu ke waktu. Saat menanam ubi jalar, perhatikan kondisi berikut dan pilih kecambah Anda:

Penyakit Süßartoffelmosaik. Kondisi ini disebabkan oleh kutu daun menyebabkan perubahan warna daun menjadi kuning dan hijau. Untuk mencegah penyakit ini, lindungi area bebas gulma dan gunakan slip-up bebas penyakit. Jika Anda melihat tanaman yang sakit, segera buang.

Kondisi ini menyebabkan lesi kuning muda pada kulit luar yang akhirnya mengubah semua benang hitam. Gunakan celana bebas penyakit untuk mencegah busuk kering. Jika ubi Anda menderita penyakit ini, rendam dalam air panas selama satu jam setelah panen untuk mengurangi efeknya.

Serangga putih. Serangga ini membentuk sisik putih kecil pada kulit ubi jalar dan dapat memperlambat pertumbuhan. Merawat tanaman yang terinfeksi dengan sabun insektisida.


  1. Pemanenan

Waktu panen ubi jalar adalah 3,5 hingga 4,5 bulan, tergantung pada jenis ubi jalar yang ditanam. Pemanen yang baik digunakan di musim kemarau. Jika tanah gembur dan terlalu lembab, ubi jalar akan basah dan rentan membusuk.

Jika musim panen bertepatan dengan musim hujan, solusinya adalah memilih setidaknya 7 hari setelah hujan. Jika sulit menemukan hari yang cocok, umbi yang dipanen harus dikeringkan, dikeringkan atau diangin-anginkan dari sisa air yang tersedia setelah panen untuk membuat umbi lebih kering.

Setelah panen, pastikan umbinya bersih dan kering. Keberhasilan menanam ubi jalar adalah tanaman yang dapat menghasilkan setidaknya 1 kg setiap bibit tanaman. Perhitungan untuk satu hektar lahan bisa menghasilkan 25-30 ton. Varietas tertentu, seperti Borobudur dan ubi jalar Kalasan, dapat panen 30-40 per hektar.


Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat ubi ungu yang perlu Anda ketahui. Manfaat ubi ungu sangat baik untuk kesehatan Anda. Makanlah ubi ungu untuk mengambil keuntungan. Jika Anda ingin lebih bersenang-senang, Anda bisa makan berbagai olahan ubi jalar dalam berbagai bentuk.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat kesehatan ubi ungu:


  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ubi jalar ungu mengandung anthocyanin dan polifenol, yang dapat mengurangi stres yang disebabkan oleh kerusakan oksidatif dalam tubuh. Antiocyanin dapat merangsang jenis antioksidan lain dalam ubi jalar ungu. Antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas.

Radikal bebas yang dikeluarkan dan dihilangkan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berbagai enzim antioksidan meningkatkan produksi. Ini memiliki efek positif pada pemecahan senyawa beracun, sehingga tubuh tidak mudah sakit.


  • Mengatasi Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dalam ubi jalar ungu tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Tingkat anthocyanin juga dapat memperlambat penuaan sel-sel tubuh.

Makan ubi ungu dapat memudar berbagai masalah penuaan dini seperti keriput, bintik-bintik hitam, bintik-bintik penuaan, garis-garis halus dan lain-lain. Makanlah makanan ubi jalar ungu dan Anda akan terlihat lebih muda.


  • Mengurangi Berat Badan

Ubi jalar ungu sangat baik untuk anda yang ingin menurunkan berat badan tanpa merasa lapar. Anda bisa makan ubi ungu tanpa takut lemak tinggi atau karbohidrat. Ubi ungu tidak membuat Anda gemuk.

Selain itu, kandungan serat ubi ungu juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini juga dapat menyelamatkan Anda dari konsumsi berlebihan. Kandungan antosianin dalam ubi jalar ungu dapat mempengaruhi metabolisme pencernaan, membuat penurunan berat badan lebih mudah dicapai.


  • Meredakan Peradangan

Tahukah Anda bahwa ubi ungu mengandung zat antiinflamasi? Zat ini bisa meredakan peradangan yang terjadi di tubuh. Makan ubi ungu mengurangi produksi alpha TNF.

TNF alpha rendah menghambat peradangan. Beberapa jenis peradangan seperti radang sendi, radang tenggorokan, dan lainnya dapat diatasi dengan mengonsumsi ubi ungu.


  • Mengatasi Infeksi

Selain mengatasi peradangan, manfaat ubi ungu juga bisa mengatasi infeksi yang sering disebabkan oleh bakteri. Ada zat tertentu dalam ubi ungu yang memiliki sifat antibakteri. Zat-zat ini dapat menghilangkan berbagai bakteri infeksi seperti E. coli, Salmonella dan lainnya.


  • Mencegah Kanker

Manfaat ubi ungu juga dapat mencegah berbagai jenis kanker. Ini karena kandungan antioksidan dalam ubi jalar ungu dapat menangkal berbagai radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ubi ungu dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker. Anda dapat mencegah kanker dengan cara yang lebih lezat dengan mengonsumsi ubi jalar ungu yang diproses dalam bentuk yang lezat.


  • Mencegah Pembekuan Darah

Gumpalan darah adalah peristiwa yang bisa berakibat fatal. Karena itu, pembekuan darah harus dicegah sebelum terjadi. Anda dapat mencegah pembekuan darah dengan mengonsumsi ubi ungu.

Manfaat ubi ungu dapat mencegah pembekuan darah karena mengandung asam klorogenat. Asam klorogenik tersebut merupakan zat yang dapat mencegah pembekuan darah. Proses pembentukan filamen fibrin berkurang dengan adanya asam klorogenat.


  • Menjaga Kesehatan Jantung

Apakah Anda pikir ubi ungu dapat menjaga kesehatan jantung Anda? Ya, ubi ungu dapat melindungi dan melindungi hati dari berbagai masalah. Kandungan anthocyanin dalam ubi ungu membuat hati tetap sehat. Antosianin dapat mengurangi kerusakan sel hati dari zat beracun.


  • Obati Diabetes

Ubi jalar ungu bermanfaat untuk mengobati diabetes. Ini karena manfaat ubi jalar ungu dapat menurunkan gula darah berlebihan. Makan ubi ungu dapat menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal.


  • Perawatan Tekanan Darah Tinggi

Selain mengobati diabetes, hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa diobati dengan ubi ungu. Manfaat ubi ungu dapat menurunkan tekanan darah agar tetap dalam kisaran normal.


  • Mengobati Asam Urat

Gout juga merupakan masalah medis yang penting untuk diperhatikan. Masalah asam urat harus segera ditangani. Ubi ungu memiliki kelebihan dalam mengobati asam urat karena ubi jalar ungu dapat mengurangi kadar asam urat melalui kandungan antosianin.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Panduan Lengkap Cara Menanam Ubi Ungu dan Manfaat Ubi Ungu semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

Cara Menanam Bawang Merah di Polybag dan Manfaatnya!

Cara Menanam Semangka Kuning serta Manfaat Semangka Kuning

12 Cara Menanam Bawang Bombay Serta Manfaatnya!

Cara Menanam Pohon Jati dan Manfaat Pohon Jati Untuk Manusia

Pohon Bidara Arab: Cara Menanam, Manfaat, Kegunaan, Bahaya!