Cara Menanam Buah Belimbing Madu dan Manfaat Buah Belimbing Dengan Benar

Diposting pada

Cara Menanam Buah Belimbing Madu dan Manfaat Buah Belimbing Dengan Benar -Belimbing madu atau dikenal pun sebagai belimbing demak adalah salah satu jenis buah-buahan tropis yang sangat khas. Buah ini digemari sebab rasanya yang asam manis, segar, banyak mengandung air, serta tinggi vitamin C. Sangat baik bagi kesehatan serta dipercaya bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Menanam Buah belimbing tidak sulit. Tetapi, untuk mendapatkan hasil yang optimal tentu memerlukan perawatan khusus. Andaikan kalian mempunyai lahan yang cukup luas di pekarangan rumah kalian, berikut langkah-langkah menanam serta merawat belimbing madu agar cepat berbuah serta optimal di lahan kalian.


Cara Menanam Buah Belimbing Madu

  • Memahami Karakteristik Tanaman Belimbing Madu

Tahap awal dalam menanam ialah yang pertama harus memahami karakteristik tanaman sebagaimana cara merawat pohon pisang . Bagaimana syarat tumbuj serta lokasi yang cocok. Sebab Bila tidak ada kecocokan dengan lokasi tumbuh maka pastinya tanaman tidak akan bisa tumbuh dengan sempurna. Untuk itu, beberapa hal yang wajib diperhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Lokasi harus mempunyai curah hujan yang rendah, sebab curah hujan yang tinggi akan membuat bunga tanaman mudah gugur.
  2. Tanam di tempat di terbuka dengan penyinaran marahari yang cukup.
  3. Intensitas cahaya minimal 45-50%.
  4. Namun, cukup.toleran terhadap tempat yang teduh.
  5. Suhu serta kelembaban masuk kedalam tipe A (amat basah), B (agak basah), C (basah).
  6. Dengan 6-12 bulan basah, dengan 0-6 kering.
  7. Namun, yang paling ideal adalah dengan 7,5 bulan basah serta 4,5 bulan kering.
  8. Untuk media tanam atau tanah upayakan tanah harus gembur, subur serta kaya akan bahan organik.
  9. mempunyai drainase serta aerasi yang baik.
  10. Derajat keasaman tanah berkisar antara 5,5-7,5 .
  11. Kandungan air dalam tanah mempunyai kedalaman 50-200 meter di bawah permukaan tanah.

    Temmpat yang pas untuk menanam belimbing dari dataran rendah hingga dengan 500 meter diatas permukaan laut.


  • Persiapan Pembibitan

Dalam menanam belimbing madu maka disarankan untuk melakukan perbanyakan melalui sistem perbanyakan vegetatif seperti pada cara menanam jintan hitam.  Yakni dengan metode okulasi, cangkok, serta susuan. Tidak dianjurkan melakukan pembibitan dari biji, sebab hasilnya akan mempunyai keturunan yang berbeda dari sifat induknya. Namun, persiapan bibit melalui biji hanya akan dipakai sebagai batang bawah saja. Sedangkan, untuk bibit yang akan dipakai dalam menanam merupakan bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif.

Ada beberapa langkah dalam menanam belimbing madu yakni dengan menanam langsung bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif. Atau kalian pun bisa mempersiapkan bibit sendiri. Akan tetapi Hal tersebut memerlukan waktu yang telatif lebih lama. Dimana kalian harus menyemai serta mempersiapkan batang bawah terlebih dahulu. Baru kemudian melakukan perbanyakan vegatati pada bata bawah serta setelahnya baru bisa melakukan menanam. Meskipun begitu kalian akan bisa mempunyai keuntungan yakni bisa memproduksi bibit dalam jumlah besar serta dengan modal yang terbatas.


  • Pemilihan Bibit Belimbing Madu

Untuk mempermudah proses maka dalam menanam ini kalian bisa membeli bibit okulasi atau cangkok yang telah banyak di jual di pasaran. Untuk benih unggul kalian harus memilih tanaman dengan kriteria berikut ini :

  1. Tinggi tanaman harus mencapai 50-100 cm saat akan di tanam.
  2. Bibit mempunyai asal usul.yang jelas yakni dimana jenis belimbing untuk bayang atas serta bawa benar-benar belimbing madu.
  3. Tanaman dalam kondisi sehat serta tidak terkena hama serta penyakit.
  4. Selain itu, tanaman pun utuh serta tidak dalam kondisi cacat.
  5. Daun berwarna hijau mengkilap serta batang berwarna cokelat.
  6. Akar tanaman tidak keluar dari polibag.
  7. Itulah cara menanam belimbing madu.

  • Persiapan Lahan Tanam

Setelah bibit siap maka kalian bisa langsung mempersiapkan lahan tanam sebagaimana cara menanam madu klanceng . Idealnya lahan tanam telah diolah satu sampai dengan dua minggu sebelum benih di tanam. Tahapan dalam menyiapkan lahan tanam antara lain sebagai berikut :

  1. Gemburkan lokasi lahan yang akan ditanaman bibit belimbing madu.
  2. Cangkul seluruh bagiam lokasi lahan.
  3. Kemudian buat lubang tanam sedalam 50 cm dengan panjang serta lebar 50×50 cm.
  4. Tambahkan pupuk kandang organik 5 kg untuk setiap lubang tanam.
  5. Jarak antar tanaman atau lubang tanam antara 50 cm sampai dengan 1 meter.
  6. Tergantung dengan luas lahan yang kalian miliki, Bila lahan sempit maka jarak tanaman dirapatkan di lahan luas maka lahan tanam lebih luas.
  7. Setelah itu, biarkan hingga lubang selama seminggu, baru kemudian siap dii tanami.

  • Penanaman Bibit Ke Lahan Tanam

Setelah bibit serta lahan tanam siap maka langkah selanjutnya ialah melakukan penanaman bibit ke lahan seperti cara menanam rambutan . Sebaiknya pilih waktu tanam yakni pada pagi jari dimana saat cuaca tidak begitu terik atau panas. Penanaman dilakukam dengan cara berikut :

  1. Sebelum ditanam bibit sebaiknya disiram.terlebih dahulu.
  2. Kemudian bawalah binit kelahan tanam serta pilih binit yang benar-benar siap ditanam
  3. Pertama pisahkan plastik polibag dari bagian dasar atau akan tanaman.
  4. Biarkan akar serta tanah ikut di tanam.
  5. Buang plastik dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman.
  6. Setelah itu, tanamkan bibit kedalam lubang tanam.
  7. Posisikan tanaman tegak.lurus pada lubang tanam.
  8. Setelah itu, tutup kembali lubang tanam dengan memakai tanah hingga padat serta rata.
  9. Berikan ajir serta ikatkan pada bagian batang bibit agar tanaman kokoh serta tidak mudah rebah.
  10. Tahap selanjutnya dilanjutkan dengan perawatan serta pemeliharaan hingga belimbing madu bisa menghasilkan buah untuk dipanen.

  • Pemeliharaan serta Perawatan Tanaman

Dalam tahapan ini merupakan tahapan yang krusial sebab akan menentukan keberhasilan dalam menanam sebagiaman dalam cara menanam mangga apel dalam pot. Pemeliharaan serta perawatan pada tanaman belimbing madu meliputi beberapa aspek yakni :

  1. Pengairan

Pengairan atau penyiraman dilakukan setiap hari. Terutama pada saat masa awal tanam. Penyiraman dilakukan menggunala air bersih serta diberikan minimal sebanyak satu kali dalam sehari. Ketika tanaman mulai dewasa maka kalian tidak perlu melakukan penyiraman kecuali saat kondisi cuaca benar-benar kering. kalian cukup melakukan penyiraman maksimal setiap satu minggu sekali.


  1. Pemupukan

Pemupukan awal dilakukan saat tanaman berumur tiga bulan setelah tanam. Pupuk yang diberikan adalah pupuk dengan unsur N P serta K ( Nitrogen, Posfir serta Kalsium) . Untuk dosisnya sendiri adalah 100 gram urea, 100 gram SP-36 serta 100 gram KCL untuk tanaman yanh berumur satu tahun. Saat tanaman memasuki usia dua tahun maka dosis pupuk ditingkatkan menjadi 150 gram urea, 100 gram SP-36 serta 150 gram KCL. Pada tahun ketiga serta keempat dosis pupuk pun meningkat 50 gram untuk setiap tahunnya. Setelah lewat tahun keempat serta diatas tahun kelima maka dosis pemberian sedikit betkurang menjadi 75 gram urea serta 150 gram SP-36. Dosis berlakuk untuk satu tanaman serta pemberian dilakukan dengan cara ditebar pada jarak 10-100 cm jarak dari batang.


  1. Penyiangan

Penyiangan dilakukan dengan cara membersihkan rumput diantara tanaman. Caranya adalah dengan mencabut rumput atau membersihkannya dengan memakai alat. Penyiangan dilakukan minimal setiap 1-2 minggu sekali. Jangan membuarkan lahan dipenuhi gulma atau rumput. Selain menganggu pertumbuhan tanaman maka hal tersebut akan memicu serangan hama serta penyakit.


  1. Penanggulangan Hama serta Penyakit (HPT)

Untuk mencegah hama dan penyakit kalian bisa melakukannya dengan pencegahan yaitu menuemprotkan larutan pestosida atau fungisida dengan dosia yang disesuaikan.penemprotan sebaiknya dilakukan setiap 3 bulan sekali. Atau Bila kalian menemukan tanaman yang telah terinfeksi hama atau penyakit maka sebaiknya langsung disingkirkan saja.


  1. Penjarangan Buah

Untuk penjarangan buah kalian bisa lakuakan pada waktu tanam sudah mulai menghasilkan buah. Hal ini dilakukan agar buah yang dihasilkan lebih berkualitas. Yakni buah mempunyai ukuran yang besar serta pastinya merupakam standar ukuran dipasaran. Penjarangan buah pun berfungsi membuang buah yang berukuran tidak sempurna serta tidak sehat. Sisakam minimal 3-4 buah dalam satu tandan.


  • Panen Belimbing Madu

Panen pertaman akan dimulai pada saat tanaman memasukin umur 4-5 tahun. Hal.ini bergantung pada varietas serta kondisi daerah serta tanah seperti pada cara menanam jambu bol dari biji . Panen pun dipastikan bisa dilakukan pada hari ke 65-90 hari setelah tanaman berbunga serta mekar. Atau pun 35-60 hari setelah pembungkusan buah.

Ciri buah yang siap dipanen adalah buah yang telah mempunyai ukuran maksimal serta mempunyai warna kekuningan. Petik buah yang telah mempunyai kriterua tersebut, jangan lepasakn pembungkusnya serta simpan ditempat yang sejuk utuk menjaga kesegarannya.


Manfaat Buah Belilbing

  • Mencegah Kanker

Kandungan flavonoid polifenol yang ada dibelimbing sudah teruji bisa mencegah penyakit kanker. Kandungan ini akan melawan serta membuang efek mutagenik yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sebuah penelitian mengungkapkan, buah belimbing bisa membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan flavonoid polifenol yang ditemukan di dalam buah ini mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas serta membuangnya dari tubuh, sehingga terhindar dari risiko penyakit kronis. Selain itu, belimbing pun kaya serat, yang bisa membantu membersihkan racun di dalam usus besar.


  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Setiap hari tubuh kalian memerlukan vitamin C dengan kadar tertentu. Ternyata belimbing bisa mencukupi keperluan vitamin C tersebut. Satu buah belimbing bisa menyumbang 50 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh.


  • Menjaga Stabilitas Tekanan Darah

Untuk yang mempunyai tekanan darah tinggi, tenang, buah belimbing aman dikonsumsi. Justru malah sangat baik untuk penderita hipertensi, sebab bisa menurunkan tekanan darah tinggi Bila dikonsumsi rutin dalam bentuk jus. Namun, untuk penderita penyakit ginjal tidak disarankan mengonsumsi buah ini sebab bisa memberikan dampak buruk.


  • Menurunkan Berat Badan

kalian yang sedang diet, cocok banget mengonsumsi buah belimbing. sebab buah belimbing minim kalori, serta mempunyai kandungan serat yang banyak. Selain itu, Bila bisa mengonsumsi belimbing secara rutin, kalian pun bisa mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh, sehingga bisa mempercepat penurunan berat badan.


  • Melancarkan Pencernaan

Buah belimbing dikenal mempunyai banyak serat. Serat inilah yang bisa merangsang pergerakan sisa makanan di dalam perut sehingga bisa mudah dikeluarkan. Serat pun bisa mengeluarkan racun dari usus besar. Ditambah lagi, serat belimbing dipercaya bisa memudahkan usus menyerap nutrisi makanan.


  • Menyembuhkan Masalah Kulit

Bila kalian mempunyai masalah peradangan kulit, buah belimbing ini bisa menjadi solusi. Kandungan antioksidan flavonoid selain bisa menangkal radikal bebas, pun bisa mengurangi risiko peradangan pada kulit. Selain itu, vitamin C di dalam belimbing pun bisa mengeluarkan racun dari tubuh, serta menjaga kulit agar tetap sehat serta lembab.


  • Menjaga Stabilitas Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Buah belimbing aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan, buah ini bagus untuk orang yang mempunyai riwayat diabetes sebab bisa mengontrol kadar gula darah serta mengurangi kolesterol.


  • Menjaga Kulit serta Rambut Tetap Sehat

Vitamin C memang berguna banyak. Selain bisa menjaga kesehatan kulit, vitamin C yang cukup di dalam tubuh pun bisa memelihara kolagen serta protein penting yang ada pada rambut. Memakan buah belimbing rutin untuk memperoleh manfaat tersebut.


  • Memelihara Jantung

Mengkomsumsi buah belimbing baik untuk kesehatan jantung, sebab kandungan yang ada padabelimbing bisa menyingkirkan plak dalam pembuluh darah sehingga bisa melancarkan peredaran darah pada organ tubuh, termasuk jantung.


  • Merangsang Produksi Asi

Mungkin hanya beberapa orang yang tahu tentang manfaat belimbing pada ibu yang menyusui. Ternyata kandungan buah belimbing bisa merangsang produksi ASI serta melancarkan kelenjar susu yang tersumbat pada ibu muda. Jadi untuk ibu-ibu yang lagi menyusui, tidak hanya daun katuk, bisa memakan buah belimbing pun bisa merangsang produksi asih.


  • Meningkatkan Kepadatan Tulang serta Gigi

Kandungan zat besi, magnesium, fosfor, seng, serta pun kalsium yang ada di buah belimbing bisa menambah kepadatan tulang serta gigi. Sehingga buah ini cocok untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis serta radang sendi.


  • Efek Penurun Kolesterol

Pernahkah kalian mengecek kolesterol di dalam tubuh? Bila kalian mendapati banyak kolesterol di dalam tubuhmu, ada baiknya kalian mengonsumsi buah belimbing secara rutin. sebab buah ini bisa meningkatkan pembuangan kolesterol, asam empedu serta lipid melalui kotoran. Sehingga kadar kolesterol dalam tubuh pun bisa terkurangi.


  • Mengobati Sariawan

Tidak perlu ditanyakan lagi, selain serat, buah belimbing pun mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Pastinya kalian semua sudah tahu bahwa vitamin C tersebut sangat berguna untuk mengobati sariawan. Jadi, jangan lupa untuk memakan buat belimbing waktu mengalami sariawan muncul.


  • Membantu Proses Penyembuhan

Untuk kalian yang tengah sakit serta membutuhkan proses penyembuhan, belimbing mungkin bisa menjadi salah satu solusi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun, akar, serta buah belimbing bisa dijadikan sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk proses penyembuhan.


  • Anti Ulkus

Bila mempunyai riwayat penyakit maag, kalian bisa coba buah belimbing sebagai obat penyembuh. Ekstrak daun serta buah belimbing mempunyai kandungan terpenoid, flavonoid serta lendir. Lendir dalam buah belimbing inilah yang bisa melindungi lapisan lambung, sehingga membantu menghindari kerusakan akibat gastritis.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Buah Belimbing Madu dan Manfaat Buah Belimbing Dengan Benar semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang:

Pohon Bidara Arab: Cara Menanam, Manfaat, Kegunaan, Bahaya!

Cara Menanam Buah Ciplukan Serta Menanam Ciplukan Dalam Pot Dengan Benar

Cara Menanam Buah Delima Dengan Stek Batang Agar Berbuah Lebat

11 Cara Menanam Alpukat Agar Cepat Berbuah Lebat

Cara Menanam Bunga Mawar Yang Telah Dipetik Dengan Mudah dan Benar