Jenis Ikan Oscar Yang Paling Banyak Dicari Kolektor Ikan

Jenis Ikan Oscar

ikan oscar

Jenis Ikan Oscar Yang Paling Banyak Dicari Kolektor Ikan –  jenis dari ikan oscar ini, berikut merupakan daftar deretan nama – nama ikan oscar yang lengkap dengan penjelasannya.

  1. Ikan Oscar Gold

Jenis ikan oscar yang pertama merupakan ikan oscar gold. Ikan jenis ini juga biasa dikenal dengan sebutan gold oscar atau golden oscar. Pemberian nama gold ini dikarenakan ikan ini mempunyai tubuh yang berwarna kuning emas.

Ciri – ciri ikan oscar gold merupakan mempunyai kepala yang berwarna abu – abu, sirip ekor dan perut berwarna hitam gelap, ujung sirip punggung berwarna putih atau bening, dan tubuh ikan berwarna kuning dengan bintik – bintik hitam.


  1. Ikan Oscar Albino

Ikan Oscar selanjutnya merupakan ikan oscar albino atau albino Oscar. Pemberian nama albino ini disesuaikan dengan warna tubuh ikan ini, yaitu putih polos. Ciri – ciri ikan oscar albino merupakan mempunyai tubuh yang berwarna putih susu dari kepala hingga ujung sirip ekornya. Dengan ciri –  ciri ini, jenis ikan oscar albino bisa mudah dikenali oleh masyarakat umum.


  1. Ikan Oscar Albino Red

Jenis ikan Oscar yang ketiga merupakan ikan oscar albino red atau biasa juga disebut dengan albino red Oscar atau Chilli Red Oscar Fish. Dimana ikan ini hasil kawin silang dari jenis ikan oscar albino dengan ikan Oscar red atau merah.

Ciri – ciri ikan oscar albino red merupakan mempunyai mata yang berwarna merah jika tekena cahaya putih dari atas, mempunyai warna tubuh merah dominan, kepala berwarna putih dengan corak merah, dan di ujung setiap siripnya ter bisa warna putih.


  1. Ikan Oscar Albino Tiger

Jenis ikan Oscar selanjutnya merupakan ikan oscar albino tiger atau dikenal juga dengan albino tiger oscar. Ikan oscar yang satu ini mempunyai warna yang khas sekali. Dan ini membuat ikan ini mudah dikenali dengan ciri – cirinya.

Ciri –ciri ikan oscar albino tiger merupakan mempunyai warna tubuh yang dominan putih dengan bercak – bercak merah di sepanjang tubuhnya dan mempunyai sirip yang berwarna abu – abu di ujung siripnya (kecuali sirip ingsang).


  1. Ikan Oscar Red / Merah

Ikan oscar red atau terkenal dengan sebutan red oscar fish. Sama seperti namanya, red yang berarti merah ini merupakan ciri umum dari ikan oscar ini. Ciri – ciri ikan oscar red merupakan mempunyai warna dasar merah atau orange, bagian atas kepala berwarna abu – abu hingga hitam, dan bagian sirip punggung, ekor, dan perut juga berwarna abu –abu hingga hitam.


  1. Ikan Oscar Super Red

Ikan yang satu ini merupakan ikan yang sangat cantik sekali. Warnanya yang cerah membuat ikan ini cocok sekali untuk mengisi akuarium anda di rumah. Ciri – ciri ikan oscar super red merupakan mempunyai tubuh yang berwarna merah cerah di seluruh tubuhnya, hanya saja di ujung sirip ekor, punggung, dan perutnya mempunyai warna yang sedikit putih.


  1. Ikan Oscar Red Tail Bahia

Ikan Oscar yang selanjutnya merupakan ikan oscar red tail bahia, atau dikenal juga dengan Red Tail Bahia Oscar Fish. Jika anda pernah melihat ikan mujair, mungkin sekilas ikan oscar ini mempunyai warna yang hamper sama. Hanya saja ikan ini mempunyai variasi warna yang berbeda.

Ciri – ciri ikan oscar red tail bahia merupakan mempunyai lingkaran merah di luar matanya yang hitam, mempunyai tubuh yang berwarna dasar hijau keabu – abuan, mempunyai bintik – bintik merah atau orange di tubuh dan ujung belakang sirip ekor dan punggungnya, mempunyai bintik – bintik hitam di tubuhnya, dan ter bisa beberapa garis putih yang melintang dari atas tubuh hingga ke perut ikan.


  1. Ikan Oscar Tiger / Harimau

Ikan oscar tiger inilah yang merupakan jenis oscar yang dianggap sebagai ikan oscar asli. Ikan oscar tiger ini terkenal dengan kemampuan berkembang biaknya yang baik. Ciri – ciri ikan oscar tiger merupakan merupakan mempunyai warna dasar tubuh coklat atau abu – abu dengan kombinasi warna merah atau orange dan hampir semua siripnya berwana hitam gelap.


  1. Ikan Oscar Red Tiger / Harimau Merah

Ikan oscar red tiger atau yang terkenal dengan nama red tiger oscar fish. Ikan ini merupakan hasil silang dari ikan oscar red dengan ikan oscar tiger. Sehingga menghasilkan jenis oscar baru, yaitu ikan oscar red tiger.

Ciri – ciri ikan oscar red tiger merupakan mempunyai warna dasar coklat atau abu – abu, ter bisa bintik – bintik merah atau orange di badannya, mempunyai sirip ekor, punggung, dan perut yang berwarna hitam gelap, serta pada ujung sirip ekor dan punggung ter bisa sedikit warna putih bening.


  1. Ikan Oscar Wild

Jenis ikan oscar selanjutnya merupakan ikan oscar wild. Ikan ini terkenal dengan sebutan wild oscar fish. Ikan ini juga mempunyai nama ilmiah, yaitu Astronotus Ocellatus.

Untuk ciri – ciri ikan oscar wild merupakan mempunyai warna dasar hitam atau gelap, ter bisa beberapa garis warna kuning keabu – abuan yang melintang dari atas ke bawah, mempunyai lingkaran kecil di pangkal ekor, di ujung sirip ekor dan sirip punggung mempunyai warna orange atau merah, dan di bawah rahang ikan mempunyai warna kuning cerah.


  1. Ikan Oscar Wild Amazon

Ikan oscar wild amazon ini banyak ditemui disungai amazon. Oleh karena itu ikan ini dijuluki ikan oscar wild amazon.

Ciri – ciri ikan oscar wild amazon ini merupakan mempunyai warna dasar gelap atau abu – abu, di bawah rahang hingga perut ter bisa warna putih cerah, mempunyai garis kuning kecoklatan di badan ikan, mempunyai bulatan hitam kombinasi merah di pangkal ekor, dan mempunyai bercak merah di bagaian belakang badan.


  1. Ikan Oscar Wild Argentina

Jenis ikan oscar yang selanjutnya ada ikan oscar wild argentina atau di dunia internasional biasa dikenal dengan sebutan Wild Argentinian Oscar Fish. Ciri – ciri ikan oscar wild argentina merupakan mempunyai warna dasar kuning kecoklatan, di tubuh ikan ter bisa corak hitam, dan sirip ikan berwarna kuning bening.


  1. Ikan Oscar Wild Brazil

Karena ikan jenis ini banyak dijumpai di negarab, oleh karena itu ikan ini disebut sebagai ikan oscar wild brazil. Untuk ciri – ciri ikan oscar wild brazil ini yaitu mempunyai warna dasar coklat ke abu – abuan, memiliibintik bintik merah dan hitam di bagian tubuhnya, dan sirip ikan berwarna abu – abu atau coklat bening.


  1. Ikan Oscar Wild Crassipinni

Nama lain dari ikan oscar wild crassipinni ini merupakan Wild Crassipinni Oscar Fish. Untuk jenis ikan oscar yang satu ini mirip sekali dengan jenis ikan oscar wild. Hanya saja ikan oscar wild crassipinni ini mempunyai tubuh yang sedikit corak merah di atas tubuhnya.


  1. Ikan Oscar Wild Florida

Yang selanjutnya ada ikan oscar wild florida. Ikan ini terkenal dengan sebutan wild florida oscar fish. Untuk ciri – ciri ikan oscar wild florida merupakan mempunyai warna dasar tubuh hitam gelap, mempunyai garis – garis kuning cerah, ter bisa bulatan merah di pangkal ekor ikan, dan di ujung sirip punggung dan ekor ikan ter bisa warna kuning sedikit.


  1. Ikan Oscar Wild Orbicularis

Ikan oscar wild orbicularis atau terkenal dengan sebutan wild orbicularis oscar fish. Ikan ini motifnya mirip dengan ikan oscar wild crassipinni, hanya saja mempunyai warna dasar yang berbeda.

Ciri – ciri ikan oscar wild orbicularis merupakan mempunyai warna dasar abu – abu, mempunyai garis putih di tubuhnya, mempunyai bercak hitam di bagian punggung belakang, mempunyai sirip yang berwarna abu – abu dengan ujung sirip punggung dan ekor ter bisa warna sedikit merah, dan ter bisa bulatan hitam di pangkal ekor ikan.


  1. Ikan Oscar Wild Venezuela

Ikan yang berikutnya merupakan ikan oscar wild Venezuela. Ikan ini terkenal dengan nama wild venezuela oscar fish. Ciri – ciri ikan oscar wild Venezuela merupakan mempunyai warna dasar hitam pekat, ter bisa garis coklat di tubuhnya, ter bisa lingkaran berwarna orange atau kuning di pangkal ekornya, mempunyai bintik – bintik warna orange di bagiann belakang badan ikan, dan di ujung sirip ekor dan punggung ter bisa warna putih.


  1. Ikan Oscar Lemon

ikan oscar lemon berwarna kuning cerah. Memang kecerahan dari ikan ini mirip sekali dengan warna buah melon. Ciri – ciri dari ikan oscar lemon ini merupakan mempunyai warna kuning cerah dan polos. Serta di ujung sirip berwarna putih bening atau sedikit hitam.


  1. Ikan Oscar Lutino Red

Ikan ini biasa disebut juga dengan sebutan ikan salmon lutino merah atau Red Lutino Oscar Fish. Ciri – ciri ikan oscar lutino red merupakan mempunyai warna dasar cerah atau putih dengan kombinasi warna orange solid atau merah.


  1. Ikan Oscar Veil Tail

Jenis ikan oscar yang satu ini banyak dijumpai pada saat pameran. Karena ikan oscar veil tail ini mempunyai sirip yang panjang mirip seperti sutra. Sangat cantik sekali. Tetapi dibalik indahnya sirip tersebut, sirip ini menjadi rawan rusak. Untuk ciri – ciri ikan oscar veil tail ini merupakan mempunyai sirip yang panjang.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Jenis Ikan Oscar Yang Paling Banyak Dicari Kolektor Ikan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: